HotCopas.net

Inilah 4 bentuk pelanggaran pilkada yang perlu kamu tahu



Hallo agan agan aganwati.
Pilkada serentak tinggal hitungan hari loh. Sebagai warga negara yang baik kita juga perlu buat terus ngawasin pelaksanaan pilkada ya. Coba deh amati di lingkungan agan misalnya, ada ga bentuk pelanggaran pilkada yang dilakuin? Karena ternyata gan, sepanjang pelaksanaan Pilkada sejauh ini udah banyak laporan laporan terkait pelanggaran pelaksanaan tahapan Pilkada. Di daerah Jawa Timur aja deh. Bawaslunya udah mencatat ada 117 kasus dugaan pelanggaran. Gimana dengan daerah lainnya. 

 Emang yang disebut pelanggaran pilkada itu yang kayak begimana sih gan?




adi ada beberapa bentuk yang bisa disebut sebagai pelanggaran Pilkada gan. Yuk simak di bawah ini

Pelanggaran pidana pemilihan atau kejahatan terhadap ketentuan pemilihan
 

Jadi pelanggaran pidana pemilu ini adalah pelanggaran terhadap ketentuan pidana pemilu yang sudah diatur dalam UU pemilu. Biasanya jika terbukti bersalah sanksi yang diberikan bisa berupa hukuman penjara dan atau denda. Contohnya money politik gan. Ini yang perlu diwaspadai. Biasanya modus yang digunakan dengan mengajak masyarakat untuk memberikan suara kepada pasangan tertentu atau mengarahkan masyarakat untuk tidak menggunakan hak pilih dengan embel embel uang. Kalau nemu yang begini langsung lapor ya gan.


Pelanggaran Kode Etik


Pelanggaran tidak berarti yang harus diawasi hanya pesertanya aja Gan. Pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu misalnya yaitu pelanggaran terhadap kode etik penyelenggara pemilu yang dilakuin sama jajaran KPU ataupun Bawaslu. Kasus-kasus pelanggaran kode etik oleh penyelenggara pemilu nantinya akan ditangani oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu yang bisa memberikan sanksi berupa teguran hingga pemecatan. Pelanggaran kode etik yang sudah memasuki masa sidang misalnya yang ada di KPU Sidoarjo dan Panwas Lamongan. Karena itu awasi juga kinerja para penyelenggara pemilu ya



Pelanggaran Administratif Pemilihan


apa yang dimaksud pelanggaran administratif?
Quote:Pelanggaran Administrasi Pemilihan berkaitan dengan setiap tahapan penyelenggaraan Pemilihan di luar Tindak Pidana Pemilihan dan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilihan - sumber

Nah ini termasuk satu jenis pelanggaran yang paling sering dilakukan nih. Pelanggaran administratif itu misalnya seperti pelanggaran daftar pemilih tetap,kampanye tidak boleh melibatkan anak-anak, pemasangan alat peraga kampanye, pelanggaran kelengkapan persyaratan dan keabsahan syarat dari para calon. 




Pelanggaran Sengeketa Pemilihan



Ngawasin pelanggaran jangan cuma sampe selese menentukan suara dong. Karena setelah pemilihan pun pelanggaran masih rawan terjadi. Misalnya saja pelanggaran soal sengketa pemilihan. Sengeketa pemilihan yang bagaimana? Jadi ini perselisihan atau sengketa yang muncul karena parpol peserta pemilu atau pasangan calon yang maju merasa dirugikan oleh hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh KPU. Misalnya seperti keputusan KPU digugat oleh peserta pemilihan.



Itu dia gan beberapa bentuk pelanggaran dalam pilkada. Udah tau bentuk-bentuknya kan, tinggal siap apa nggaknya aja nih ngawasinnya. Kalau misalnya kamu memang menemukan adanya pelanggaran dalam tahapan Pilkada Serentak 2015 bisa kok langsung lapor ke Bawaslu loh. Pilkada nggak cuma soal nyalurin suara Gan, tapi juga soal ngawasin seluruh prosesnya sampai akhir.




Sumber : kaskus / black stone

0 Response to "Inilah 4 bentuk pelanggaran pilkada yang perlu kamu tahu"