HotCopas.net

Inilah 8 Kecelakaan Terparah di Bidang Perminyakan Dunia

1.Amoco Cadiz
Tanggal :16 March 1978
Lokasi : Portsall Rocks, Perancis
Korban : -
Total Tumpahan:
1,604,500 barrels
Burung menjadi bagian korban dari tumpahnya minyak bumi yang diperkirakan hampir 20.000 unggas yang mati ditemukan. Pada tiram saja tumpahan mencapai 9000 ton. Nelayan mengalami kerugian karena banyaknya kulit ikan yang tercemar dan mengalami tumor sehingga tidak layak untuk dimakan.




2.CASTILO DE BELLVER
Tanggal
: 6 Agustus 1983
Lokasi :Saldanha Bay , Afrika Selatan
Korban
:
Total Tumpahan: 1,870.000 barrel
Untuk beberapa orang yang pernah ke Mallorca spanyol . Agan pasti tau Castilo de Bellver (Kastil Bellver). Ya tapi ini bukan kastilnya melainkan kapal tanker milik spanyol yang terbakar di Saldanha Bay 70 mil Barat Laut dari pesisir pantai cape Town.


Korban Bahe na Minyak:




3.Sungai Kolva
Tanggal : 8 September 1994
Lokasi :Usinsk, Republik Komi, Federasi Rusia
Korban : (tidak ada)
Total Tumpahan: 2.000.000 barrels
Kebocoran terjadi pada pipa berkarat di sekitar kota Rusia bagian utara Usinsk selama delapan bulan, dan membangun tanggul untuk menanggulangi di sekitar lokasi kebocoran. Kondisi cuaca buruk menyebabkan bendungan ini runtuh, mengakibatkan jutaan barrel minyak tumpah dan terakumulasi di tundra Siberia dan ke Sungai Kolva, anak sungai dari Sungai Pechora yang mengalir ke Laut Barents. 23 spesies flora dan fauna yang terkena dampak bencana yang tercemar dengan luas hingga 186 km².




4. Atlantic Empress and the Aegean
Tanggal
: 19 Juli 1979
Lokasi : Laut Trinidad and Tobago
Korban : 26 Meninggal
Total Tumpahan: 2.140.000 barrels
Dua VLCCs, Kapal Atlantik Empress dan Aegean Captain bertabrakan saat badai tropis di Laut Karibia. Dua kapal meledak disertai api yang besar di tengah laut akibat dampak dari minyak yang tumpah dan terbakar, api kapal Aegean Captain itu sempat dijinakkan oleh awak, tapi si jago merah dari Atlantic Empress mengamuk tak terkendali. Kapal tersebut ditarik dari lokasi tabrakan, namun tumpahan minyak mentah sampai serangkaian dapat dinetralisir hingga pada 3 Agustus 1979 (hampir 2 minggu setelahnya).
 



5.Ixtoc
Tanggal
: 3 Juni 1979
Lokasi : Teluk Mexico
Korban : -
Total Tumpahan: 3.330.000 barrels
Hanya 46 hari sebelum tabrakan Atlantic Empres/Aegan di karibia, ledakan terjadi di Rig pengeboran milik Pemex meledak dan runtuh (kerugian ini tuh ibarat rekrut Cr7 seumur hidup dan tidak bisa dimaenkan seumur hidup) . 63 orang diselamatkan dalam tragedi mengerikan ini. Namun minyak terus menyembur keluar dari sumur yang telah dibuat PEMEX ini. Kerugian per hari saja mencapai 10.000-30.000 barell per hari.




6. Deepwater Horizon Oil Spill (Tumpahan Pengeboran Horizon Laut Dalam)
Tanggal
: 22 April 2010
Lokasi : Teluk Mexico
Korban : -
Total Tumpahan: 4.900.000 barrels
Kembali diberitakan sebuah ledakan wellhead dan ledakan berikutnya pada pengeboran Rig laut dalam dan masuk menjadi bencana minyak terburuk dalam sejarah Teluk Meksiko. Ledakan pada 5.000 kaki didalam Macondo dengan tekanan dan suhu tinggi 252 yang menyebabkan 60.000 barel minyak per hari terpompa ke permukaan laut di Teluk mexico.Setelah beberapa kali gagal untuk memperbaiki rig tersebut, akhirnya mereka berhasil menutup pemboran tersebut pada tanggal 15 Juli 2010.




7. Lakeview Gusher
Tanggal : 14 Maret 1910
Lokasi : Midway-Sunset ,Kern County, California.Amerika Serikat
Korban : -
Total Tumpahan: 9.400.000 barrels
Satu abad sebelum insiden Deepwater Horizon, USA membuat tumpahan minyak yang disengaja terbesar dalam sejarah manusia. Sebuah ledakan terjadi dari wellhead di Lakeview Gusher yang terdapat minyak dan tidak mampu menahan aliran minyak yang terus menyembur sebanyak 18.000 barel per hari selama 18 bulan ( Ini mirip ama Lapindo gan cuma yang ini keluarnya minyak bukan lumpur).

Dengan semburan awal diperkirakan 125.000 barel per hari, Minyak berhenti pada 10September, 1911 setelah 544 hari tidak berhenti. Meskipun menyusun tanggul karung pasir dan tanggul sungai kemudian minyak yang disalurkan berhasil menjadi danau penyimpanan, kurang dari setengah dari jumlah minyak ini diselamatkan dan bisa di manfaatkan penduduk sekitar walaupun mayoritas menguap dan merembes kembali ke dalam tanah.




8.The Gulf War Oilspill (Tumpahan minyak pada Perang Teluk)
Tanggal
: 19 Januari 1991
Lokasi : Teluk Persia, Kuwait
Korban : tidak diketahui
Total Tumpahan: 9.400.000 – 12.400.000 barrels
Lagi lagi TS harus bilang kalau konflik di timur tengah menjadi pemicu dari tumpahan minyak terbanyak dalam sejarah hingga sekarang. Kalau tadi no 2 agan melihat konflik Iran dan Irak kini Saddam Husein melakukan serangan ke Kuwait selama Perang Teluk, hal pertama yang dilakukan pasukan Irak yaitu membuka katup sumur minyak Kuwait dan pipa serta melakukan Sabotase yang dilakukan dalam upaya untuk memperlambat kemajuan pasukan Amerika dalam membuat pengamanan cadangan minyak bermasalah ini (Maklum gan, cadangan minyak besar telah ditemukan antara kuwait dan irak). Tumpahan minyak akibat dari serangan irak ini membuat Teluk Persia memiliki pencemaran tumpahan minyak hingga ketebalan 10 sentimeter dan membentang luas lebih dari 28.000 km2, pera penelti memperkirakan luasnya setara dengan Negara Albania saat ini gan.



Untuk Video dan dampaknya nya silahkan tonton disini gan lengkapnya








Sumber : kaskus / superhendar

0 Response to "Inilah 8 Kecelakaan Terparah di Bidang Perminyakan Dunia"