HotCopas.net

Inilah Sejarah dan Arti Bendera-Bendera Negara Skandinavia

Halo semuanya, kali ini ane mau berbagi ilmu tentang sejarah. Ane akan membahasa sejarah dan arti dari bendera-bendera yang ada di Eropa Utara. Kenapa ane bahas Eropa Utara? Karena semua motif benderanya sama, yang membedakan hanyalah dari warnanya dan artinya. Maka dari itu ane akan ulas kenapa mereka bisa punya motif yang sama. Semua yang ane ulas murni sejarah ya, no SARA. Langsung aja cekidot ya!

 Pertama yuk kita ketahui sejarahnya dulu



Eropa Utara adalah adalah sebutan untuk beberapa negara dengan letak geografis yang berada di sisi paling utara benua eropa. Eropa Utara yang biasa dikenal dengan Negara Skandinavia atau ada juga yang menyebutnya Nordic Country terdiri dari 5 negara merdeka yaitu Denmark, Finlandia, Swedia, Norwegia, Islandia, dan 2 daerah milik Denmark dengan kemandirian memerintah yang cukup luas yaitu Kepulauan Faroe dan Greenland.

Negara Eropa Utara termasuk negara yang makmur karena memiliki SDA yang melimpah dan pengelolaan negara yang efisien. Mereka memiliki latar belakang sejarah yang panjang.
Adalah Denmark yang pertama kali menggunakan bendera dengan motif ini. Bendera tersebut pertama kali digunakan pada masa pemerintahan Raja Valdemar III di awal abad ke-13. Menurut cerita rakyat, ketika pasukan perang Denmark yang beragama Kristen melakukan peperangan dengan Estonia pada tahun 1219, tiba-tiba jatuhlah dari langit bendera merah dengan motif salib putih horizontal yang dipercaya sebuah pertanda jika Tuhan mendukung perjuangan mereka, sehingga membuat mereka semangat dan berhasil memenangkan peperangan.
Kemudian Denmark berhasil memperluas pengaruhnya ke wilayah Eropa Utara melalui jalur militer dan persekutuan diplomatik, sehingga motif tersebut diadopsi oleh wilayah-wilayah lain dan dibedakan secara warna dan artinya saja.
Pada abad ke-14 Denmark, Norwegia, dan Swedia membentuk suatu persekutuan bernama Kalmar Union. Sebagai catatan, Finlandia masih tergabung dalam Swedia. Sementara Islandia, Greenland, Kepulauan Faroe tergabung dalam Norwegia.
 


Pada kelompok tersebut dipimpin oleh Denmark. Namun berselang 2 abad tepatnya awal abad ke-16, Swedia melepaskan diri dan membentuk kerajaan sendiri. Tahun 1814 Denmark terpaksa melepaskan Norwegia ke tangan Swedia karena kalah perang, tetapi Islandia, Greenland dan Kepulauan Faroe masih ikut dalam Denmark.
Swedia menjelma menjadi salah satu negara dengan wilayah terbesar di Eropa, namun pada abad ke-17 perlahan mulai kehilangan wilayahnya. Finlandia jatuh ke tangan Kerajaan Rusia, dan Norwegia memisahkan diri karena ketidakpuasan dengan Swedia. Finlandia akhirnya berhasil merdeka setelah terjadi Revolusi Rusia pada tahun 1917 dan Islandia berhasil memperoleh kemerdekaan dari Denmark selepas Perang Dunia II. Pada tahun 1952 lahirlah Nordic Council atas kemunculan negara-negara yang berhasil merdeka dan independen. Sementara tanda salib merupakan simbol atas agama mayoritas yang mereka anut yaitu Kristen.
Sekilas itu tadi sejarah singkatnya kenapa negara-negara tersebut memiliki motif bendera yang sama. Nah untuk arti masing-masing bendera, lanjut dibawah ya.





Denmark

Sebutan untuk bendera ini adalah Danneborg. Warna merah mengartikan pertempuran, sementara warna putih mengartikan misi suci dalam menyebarkan agama Kristen.



Finlandia

Warna putih dalam bendera ini menyimbolkan salju dimana negara ini setiap tahunnya hampir selalu terkena salju, dan warna biru mengartikan danau karena Finlandia memiliki banyak danau kecil. Bener-bener alam banget ya artinya 



Islandia


Negara pulau dengan banyak gunung api aktif ini memiliki 3 corak warna. Merah mengartikan masa lalu mereka pernah menjadi bagian Denmark dan juga lava gunung berapi Islandia. Sementara warna putih dan biru adalah warna yang lazim digunakan dalam pakaian tradisional mereka.



Swedia:


Memiliki warna yang tidak ada diantara negara Skandinavia lain. Warna ini diambil dari logo kerajaan yang sudah ada sejak abad ke-14 dimana logonya adalah sebuah perisai biru dan gambar singa berwarna kuning.



Norwegia:


Sama dengan Islandia memiliki 3 warna dalam benderanya, tetapi memiliki arti yang berbeda. Warna merah dan putih diambil dari bendera Denmark, sementara warna biru diambil dari bendera Swedia. Simple ya?



Kepulauan Faroe:


Terletak di sebelah utara negara Skotlandia. Kepulauan Faroe masih masuk dalam Denmark. Arti warna merah dan biru dalam benderanya adalah sebuah warna khas rakyat karena digunakan dalam topi tradisional Kepulauan Faroe. Warna putih mengartikan langit yang bersih dan buih yang terbentuk ketika ombak menerpa pantai Kepulauan Faroe. 



kalo di animasiin, kayak gini mereka berdasarkan usia





Sumber : kaskus / greenlizzard

0 Response to "Inilah Sejarah dan Arti Bendera-Bendera Negara Skandinavia"