HotCopas.net

Jangan Membahagiakan Semua Orang, Bray !


Dari sekian banyak kunci sukses yang ada didunia, ada satu kunci kegagalan yang dijamin pasti berhasil yaitu: Membahagiakan semua orang (make everyone happy).

Faktanya adalah:
- Agan tidak bisa membuat semua orang setuju dengan opini agan
- Agan tidak bisa membuat semua orang melihat melalui sudut pandang agan
- Agan tidak bisa menyama-ratakan kondisi/keadaan semua orang sesuai yang agan inginkan
- Agan tidak bisa memenuhi keinginan/selera setiap orang
- Dan agan tidak bisa membuat semua orang merasakan apa yang agan rasakan

Yang artinya adalah agan tidak akan pernah bisa membahagiakan semua orang.

Lalu? Terus kenapa?

Secara tidak langsung fakta diatas mengatakan bahwa jika tidak ada satu orangpun yang membenci atau tidak menyukai agan (haters or anything), maka kemungkinan besar agan tidak melakukan sesuatu yang besar/penting. Bukan berarti agan harus membuat seseorang jengkel atau semacamnya, tetapi perhatikanlah semua orang-orang besar, orang-orang berkedudukan dan berpangkat tinggi, artis/public figure dan mereka yang membawa perubahan, setidaknya mereka pasti memiliki haters (pembenci) dan orang-orang yang selalu mengkritik apapun yang mereka lakukan.

The fact is you can’t make everybody agree with every viewpoint. That’s why arguments are pointless.

Akan selalu ada troller, haters, dan orang-orang yang tidak menyukai apapun yang agan lakukan, dan berdebat dengan mereka tidak akan ada gunanya. Jika agan sedang dalam posisi tersebut ingatlah:
  Never wrestle with a pig. You get dirty, and besides, the pig likes it.
Berdebat dengan troller/haters sama seperti bertengkar dengan babi di lumpur. Anda berdua menjadi kotor, tetapi babi menyukainya. Dengan kata lain jangan berdebat dengan orang idiot, Anda berdua terlihat bodoh, tapi si “idiot” menikmatinya.

Terus kalau dia terus-terusan mengganggu bagaimana? Selama itu tidak melukai secara fisik dan moral (masih dalam taraf argumen) maka biarkanlah. Mengapa? Karena
  It’s hard to win an argument with a smart person, but it’s damn near impossible to win an argument with a stupid person.
Lalu kenapa selalu saja ada haters/troller dan orang-orang seperti itu di dunia ini? Mengapa oh mengapa? 

Sekarang mari kita pelajari dua fakta simpel berikut. Mungkin tidak sepenuhnya menjawab tetapi bisa sedikit menjelaskan mengapa didunia ini akan selalu ada orang-orang seperti itu sampai kapanpun…



1. Setiap dampak positif kemungkinan juga membawa dampak negatif

Terlebih jika dampak tersebut mempengaruhi banyak orang (masyarakat luas), semakin banyak orang yang terkena dampak yang agan berikan, maka semakin sedikit orang yang akan mengerti agan. Setiap orang memiliki keadaan, pandangan, kondisi, dan situasi yang berbeda-beda.

Contoh: Agan membawa perubahan besar pada dunia dengan menciptakan sistem komunikasi/interaksi dimana setiap orang didunia dapat terhubung melalui komputer/gadget dan menjadi satu penduduk global yang kita sebut dunia internet. Terlihat bahwa hal tersebut sangat baik dan membawa banyak manfaat untuk kehidupan manusia, tetapi ingat hampir setiap dampak positif juga membawa dampak negatif, dengan meningkatnya penetrasi internet, maka bisnis telekomunikasi seperti operator telefon, wartel, sampai televisi menjadi surut, dan keberadaan internet menjadi ancaman untuk sektor bisnis mereka. Ditambah lagi hal tersebut membawa dampak negatif massal seperti cyber bulying, pencurian data, eksploitasi, pemalsuan identitas, dan kejahatan dunia maya lainnya.

Dari sudut pandang A mungkin internet adalah hal yang sangat baik, hal ini membawa perubahan yang sangat besar karena dengan internet setiap orang dapat menciptakan peluang mereka sendiri dan memiliki kesempatan untuk mengubah nasib mereka.

Tetapi dari sudut pandang B, generasi internet adalah generasi yang paling buruk dibanding generasi-generasi sebelumnya, interaksi sosial semakin suram, orang-orang menjadi gila gadget, pembajakan dimana-mana dan smartphone dumb people.

Semuanya tergantung dari cara orang memandang sesuatu. Contoh yang sangat simpel adalah seperti orang yang menciptakan pisau. Ditangan orang yang benar pisau dapat menjadi alat yang berguna untuk memasak, memotong sayur/buah dan kebutuhan dapur lainnya. Tetapi ditangan orang yang salah pisau dapat menjadi alat untuk tindakan kriminal/kejahatan. Hal yang sama juga terjadi saat agan melakukan sesuatu (apapun itu), hampir apapun yang agan lakukan kemungkinan akan membawa dampak positif dan negatif untuk orang lain.


  2. Setiap orang memiliki argumennya masing-masing

Itulah hidup, setiap orang memiliki argumen masing-masing tentang apa yang benar dan apa yang salah, tentang apa yang baik dan apa yang buruk, dan ada beberapa hal yang perlu agan perhatikan mengapa argumen tidaklah penting.

– Argumen/opini dapat menjebak seseorang

Saat seseorang beropini maka mereka harus mempertahankan opini yang telah mereka kemukakan, pernahkah agan melihat orang yang telah jelas-jelas salah tetapi tetap mempertahankan pendapatnya? Mempertahankan integritas mereka, membuktikan bahwa mereka benar, dan orang lain salah. Bahkan disaat orang tersebut mengetahui bahwa opininya salah dia tetap akan mempertahankannya, mengapa? Karena itu sifat dasar manusia, mempertahankan diri, dan keinginannya untuk selalu benar. Bagaimana rasanya jika seseorang membuktikan bahwa kita salah?

– Alasan akan selalu ada dan alasan sangat mudah diciptakan

you can rationalise everything, and it’s easy. Saat seseorang berargumen baik itu positif atau negatif, maka mereka akan menggunakan alasan yang sesuai dengan pandangan mereka dan hampir segala hal dalam hidup ini dapat dirasionalkan secara logika dengan mudah. Kita sudah sering melihat debat dan argumen tentang presiden Jokowi, mengapa pak Jokowi adalah pembawa perubahan untuk kemajuan Indonesia atau pembawa kehancuran untuk Indonesia, dan lucunya adalah kedua sisi (baik positif atau negatif) dapat dijelaskan secara logika. Bagi sebagian orang mungkin opini dan sedikit alasan (untuk memback-up opini tersebut) sudah cukup untuk diterima sebagai fakta.

– People aren’t against you, they are for themselves

Saat seseorang merasa tersinggung (offended) karena apa yang agan lakukan, bukan berarti mereka benar dan agan salah. Kembali lagi pada poin diawal bahwa agan tidak bisa membuat semua orang setuju dengan sudut pandang agan. Setiap orang memiliki kondisi/keadaannya masing-masing yang pastinya berbeda dengan kondisi agan saat ini, dan setiap orang berjuang untuk dirinya masing-masing. Jika apa yang agan lakukan secara tidak langsung dapat mengganggu atau mengancam keadaan/kondisi mereka maka pasti mereka akan membenci/melawan agan. Begitu pula dengan agan, ketika kita merasa terancam (insecure) pasti kita secara tidak langsung akan melawan ancaman tersebut. Just remember, people aren’t against you, they are for themselves, mungkin apa yang agan lakukan secara tidak langsung membawa dampak/gangguan untuk orang lain.


Apa yang dapat kita pelajari dari fakta diatas adalah:

- Apapun yang agan lakukan akan selalu ada orang yang tidak menyukainya (jangan membahagiakan semua orang)
- Jangan menghabiskan waktu agan untuk berdebat, ingatlah bahwa banyak hal yang lebih penting selain memenangkan argumen (memenangkan argumen tidaklah penting)
- Argumen dimenangkan melalui tindakan bukan kata-kata (talk less, do more)

Berdebat melalui argumen bahkan logika tidak akan pernah menyelesaikan perdebatan. Untuk menyelesaikan perdebatan hanya “action”lah jalan keluarnya.

Contoh sederhana, dulu orang-orang tidak yakin apakah bisnis online shop bisa berjalan di Indonesia, apakah bisnis ini bisa berkembang, dengan banyaknya penipuan dan sebagainya. Tetapi lihatlah kenyataannya sekarang, dengan banyaknya e-commerce yang sudah ada, tidak ada lagi perdebatan apakah online shop ini dapat berjalan atau tidak. Tindakan menyelesaikan segalanya. Begitu pula dengan berbagai perdebatan lainnya. Memenangkan argumen tidak ada gunanya, saat argumen telah mencapai titik tertentu, maka diskusi/debat sudah tidak ada gunanya.

Saat agan terjebak dalam argumen, jangan membuktikan bahwa agan benar dan orang lain salah, segeralah bertindak. Saat orang-orang ragu bahwa agan tidak akan sukses memulai usaha agan sendiri, jangan menghabiskan waktu untuk meyakinkan orang lain bahwa agan bisa, segeralah bertindak dan mulai usaha agan sendiri.

Mungkin Anda benar, mungkin Anda salah. Yang terpenting adalah debat telah berakhir. Now, move!! Segeralah bertindak.



Sumber : kaskus / anonymbus

0 Response to "Jangan Membahagiakan Semua Orang, Bray !"