HotCopas.net

Jangan Takut, Anda Masih Bisa Hidup Tanpa 10 Organ Ini

Organ Tubuh adalah salah satu hal terpenting bagi manusia, tanpa organ tubuh, manusia tidak bisa hidup. Uniknya, beberapa manusia masih bisa hidup tanpa organ tubuh. Berikut adalah daftar organ tersebut.
 

1 .Paru-Paru 

Kalian mungkin sesak untuk bernafas, tapi hidup dengan 1 paru-paru sangatlah mungkin. Paus Fransiskus yang baru terpilih punya punya 1 bagian paru-paru, dan para ahli mengatakan itu bukan menjadi masalah kesehatan yang signifikan.


Paus Fransiskus hidup dengan hanya 1 bagian paru-paru !

Orang-orang bisa selamat bahkan jika tidak punya paru-paru. Ketika 1 bagian paru-paru dilepas, paru-paru yang satunya lagi jadi lebih mengembang. Hidup dengan satu paru-paru biasanya tidak akan memberikan efek terhadap kehidupan sehari-hari, hanya saja tidak boleh olahraga berlebihan, kata Dr. Len Horovitz, seorang ahli paru-paru di Rumah Sakit Lenox Hill, New York City.




2. Ginjal


Seperti yang sudah kalian ketahui, manusia punya 2 ginjal, tapi 1 ginjal juga cukup untuk bertahan hidup. Sebagian orang mungkin dilahirkan dengan 1 ginjal saja, atau di cabut akibat suatu cedera / untuk sumbangan.


Dialisis, salah satu pengobatan untuk ginjal yang rusak.


Langkah- Langkah Dialisis – dari bbc.co.uk

Secara umum, Orang yang mempunyai 1 gunjal memiliki sedikit atau bahkan tidak punya masalah kesehatan sama sekali, dan punya harapan hidup yang normal, menurut National Kidney Foundation. Secara teknis, orang masih bisa hidup tanpa ginjal, tapi perlu proses dialisis (Dialisis ginjal adalah perawatan pendukung kehidupan yang menggunakan mesin khusus untuk menyaring limbah berbahaya, garam, dan kelebihan cairan.)




3. Lambung 



Salah satu orang yang menjalani prosedur Gastrektomi Total



Bagi yang mengalami kanker lambung, perut kalian di buka lalu lambung kalian di operasi, ini dinamakan dengan prosedur Gastrektomi Total (Total Gastectomy). Orang yang sudah pernah melakukan prosedur ini menerima nutrisi lewat pembuluh darah selama beberapa minggu sampai mereka sembuh. Setelah itu, mereka makan makanan seperti biasa, mengambil suplemen makanan jika mereka punya masalah menyerap vitamin, menurut National Health Service of England.



4. Limpa


Limpa adalah kelenjar yang berhubungan erat dengan sistem sirkulasi dan berfungsi menghancurkan sel darah merah tua. Limpa menyaring darah dan menolong tubuh melawan infeksi, tetapi itu tidak terlalu penting untuk kelangsungan hidup. Limpa bisa di cabut jika rusak atau tidak bisa berfungsi lagi. Namun, orang yang hidup tanpa limpa cenderung lebih rentan terhadap infeksi penyakit.
 



5. Kantong Empedu (Gallbladder)


Kantung empedu atau kandung empedu adalah organ berbentuk buah pir yang dapat menyimpan sekitar 50 ml empedu yang dibutuhkan tubuh untuk proses pencernaan. Sebagian banyak spesies binatang di dunia tidak memiliki kantong empedu.

Katong empedu terletak dibawah hati, berfungsi untuk menyimpan empedu (Empedu adalah cairan yang membantu Anda mencerna makanan berlemak). Kantong Empedu yang dengan koresterol tinggi harus melakukan operasi pencabutan kantong empedu.

 


6. Usus


Ada sekitar 7.5m usus kecil & usus besar membungkus daerah perut kalian, dan masih bisa bertahan hidup tanpa usus tersebut – hanya ada satu masalah : penyerapan nutrien. Nutrien-nutrien yang dibutuhkan bagi tubuh sangat amat penting untuk kehidupan manusia.

Wanita ini hidup dengan kantong kolostomi


Alternatifnya yaitu hidup dengan kantung kolostomi, yaitu suatu kantung yang terhubung dengan tabung yang terletak di sisi tubuh anda, gunanya untuk mengumpulkan kotoran kalian. Dan kalian juga harus sering menggantinya !; Selain itu, udara di sekitar kalian sangat bau.


7. Usus Buntu (Appendix)

Usus buntu adalah organ berbentuk tabung kecil dan tipis berukuran 5-10 cm yang terhubung di usus besar (tempat tinja terbentuk). Tidak ada yang tahu kenapa kita memiliki usus buntu dan pengangkatannya pun tidak memengaruhi kesehatan. Tetapi kalau mengalami pembengkakan usus buntu, bisa menyebabkan masalah serius. Bisa dicabut jika usus buntu mengalami pembengkakan / peradangan.
 


8. Organ Reproduksi 

Wanita bisa hidup tanpa rahim. Histerektomi merupakan suatu prosedur pencabutan rahim untuk perawatan kanker rahim, nyeri pinggul kronis, atau alasan lainnya. 1 dari 3 wanita di Amerika memiliki prosedur pada usia 60, menurut National Institutes of Health. Testis pria mungkin dicabut untuk sebagai pengobatan untuk kankter testis.
 



9. Mata


Kalian masih bisa hidup tanpa mata, tapi hidup ini bakal lebih sulit tanpa pengelihatan – tetapi banyak orang yang dilahirkan tanpa pengelihatan, atau pengelihatan tidak sempurna, contohnya buta warna.


10. Pankreas

Organ ini punya 2 fungsi utama : sebagai pengeluaran insulin (mengontrol tingkat gula darah), dan tempat pengeluaran enzim dan hormon. Meskipun bukan solusi sempurna, alternatif untuk hidup tanpa pankreas adalah dengan penyuntikan insulin dan enzim. Operasi pencabutan pankreas sangatlah jarang, jadi sedikit orang yang punya organ tanpa pankreas. Enzim pankreas yang rendah dapat mengakibatkan kekurangan vitamin.




Sumber : kaskus / I.Am.Sam

0 Response to "Jangan Takut, Anda Masih Bisa Hidup Tanpa 10 Organ Ini"