HotCopas.net

Kenali Berbagai Jenis Virus Berbahaya yang Menyerang Smartphone

Kali ini ane mau share tentang jenis jenis virus Android yang berbahaya. Semoga thread ini bisa bantu kalian yang lagi nyari tentang virus ponsel yang bikin jengkel.

Langsung Ajah Cek It Out !!!

 1.Trojan Obad


Virus Android yang ini bisa dibilang yang paling ganas, karena Kaspersky sebagai Antivirus terbaik dibuat kesusahan oleh virus android yang satu ini.
Trojan Obad bisa masuk ke sistem dan menggunakan simbol yang rumit sehingga susah dideteksi. Mesikpun virus yang satu ini bisa dikurangi oleh Kaspersky tapi belum mampu menghilangkan hingga ke akarnya. (Sebaiknya update antivirus Anda secara berkala. Baca juga Tips Menggunakan Antivirus Secara Efektif)

Akibat dari virus Trojan Obad ini pengguna anak kehilangan pulsa dan membuat handphone Hang untuk beberapa saat. Cara kerja Trojan Android tersebut pertama-tama virus ini akan mengarahkan Anda ke situs yang memberikan aplikasi download, setelah file atau aplikasi tersebut terdownload, maka trojan akan beraksi menyerang sistem Anda.




2.Hipposms Virus


Malware atau virus Hipposms yang satu ini beraksi dengan menyedot pulsa Anda, cara kerjanya yaitu mengambil alih SMS pada handphone Anda dan mengikuti layanan SMS berbayar. Jika Anda merasa tidak pernah mendaftar layanan SMS terentu dan tiba-tiba menerima SMS berbayar, pelakunya bisa jadi Hipposms ini. Sama seperti sms berbayar lainnya, Anda akan selalu dikirimi SMS berbayar yang akan selalu memotong pulsa Anda.

Meskipun Virus Hipposms ini sudah hilang dari handphone Android Anda tetapi SMS berbayar tersebut selalu datang pada nomor Anda, salah satu caranya mengatasinya ialah dengan membersihkannya dengan antivirus dan mengganti nomor baru.




3.Andr/DrSheep-A.


Malware ini juga termasuk dalam golongan Trojan. Malware ini mempunyai kemampuan untuk mengbajak (hack) akun Facebook, Twitter dan LinkedIn yang aktif pada perangkat Android yang diserangnya. Malware ini juga mempunyai nama lain HackTool.AndroidOS.DroidSheep A



4.Andr/BBridge-A.


Andr/BBridge-A, virus ini termasuk kedalam golongan Trojan. Bisa Juga dikenal dengan BaseBridge. Virus ini menggunakan previlege escalation untuk masuk kedalam sistem dan setelah itu menginstall aplikasi berbahaya masuk kedalam perangkat Android.
Malware ini mengunakan protokol HTTP untuk berhubungan dengan pusat server dan setelah itu mengirimkan informasi berharga yang terdapat pada perangkat Android yang diserangnya.

Bahayanya lagi saat malware ini bisa mengirim dan membaca SMS. Malware ini akan membersihkan SMS yang masuk dan menghilangkan informasi bahwa kita telah dikenakan biaya pengunaan SMS premium.

Jadi kita gatau kalau kita berlangganan sms premium




5.Andr/BatteryD-A.


Malware ini juga termasuk Trojan yang mempunyai nama lain Trojan. AndroidOS.FakeDoc.b.

Malware ini akan membuat aplikasi “Battery Doctor” yang memberitahukan bahwa aplikasi ini akan menghemat pemakaian baterai pada perangkat Android yang diserangnya.
Sebaliknya aplikasi ini akan mengirimkan informasi mengenai perangkat Android yang diserangnya dan akan mengirimnya ke server pusat memakai HTTP. Malware ini juga menyebabkan munculnya banyak iklan saat Anda membuka aplikasinya.




6.Ransomware


Malware canggih ini sedang trend dan cara kerjanya juga sadis yaitu dengan mengunci layar smartphone kamu dan juga file-file di dalamnya sampai kamu membayar sejumlah uang yang diminta. Malware ini bisa terdownload saat kamu membuka website dewasa, website hacking, dan website lain yang berbahaya.
Kamu akan dituduh melakukan kejahatan sesuatu dan harus membayar tebusan.




7.Android PowerOffHijack


Siapa yang menyangka jika ada malware yang mampu membuat smartphone kamu seperti mati tapi tetap bekerja normal dan kemudian memanfaatkan smartphone kamu tersebut untuk membuat panggilan telepon, mengambil foto dan juga banyak perintah lain tanpa setahu kamu. Malware ini berbahaya karena mencuri data-data pribadi pengguna.



8.Virus Injection.


Virus satu ini sangat banyak di sebarkan di web web dan disisipkan di aplikasi dari google play.

1. PjappsM = Termasuk kategori malware yang menyedot pulsa, kalau menurut Symantec sih tujuan dari virus ini untuk mencuri data personal user yang setiap perangkatnya sudah terinfeksi.

2. FakePlayer = Sebuah Program yang cukup jahat, karena do'i mampu menyamar sebagai aplikasi musik media player. Jika berhasil diinstall, waahh..bahaya tuuhh.. karena secara tersembunyi akan mengirim premium sms ke nomor yag disediakan di Rusia.

3. GEMINI = virus yang dapat korupsi ( bukan hanya pejabat yah yang korupsi..hehe) virus ini mampu mengkorupsi data pribadi dalam waktu tertentu doi membuka aplikasi baru yang sebenarnya adalah Virus Trojan Geinimi .

4. DroidDream = Virus Malwer yang lebih gila lagi nih brow..karena mampu meng-infeksi kira-kira 60 aplikasi berbeda yang ada di Android Market, prosesnya adalah dengan merubaha perangkat yang terinfeksi menjadi format botnet, mampu melewati sekuritas Android, menginstall software ilegal dan juga dapat mencuri data.

5. RuFraud = Bentuknya seperti Aplikasi tapi didalamnya mengandung virus yang mampu melihat kode negara dari SIM card handphone si korban, Nah jika code yang di maksud itu cocok dengan salah satu dari negara bagian Eropa Barat atau eropa timur, maka sasaran empuk banget brow..biaya SMS menjadi lebih tinggi loh gara-gara virus ini..

6. Counterclank & Tonclank = Virus ini Mampu mendownload file khusus tanpa diketahui tujuan dari aplikasi virus itu untuk apa..(gak jelas lah apaan tuh)

7. GGTracker = Dengan GGTracker Ini Penjahat cyber yang lagi-lagi mampu mengelabui user dengan membuat halaman web yang menyerupai Android Market, Banyak yang terjebak didalamnya, biasanya dengan download aplikasi penghemat baterai palsu semata. Jika sukses diinstall, waahh...bahaya brow..

8. DroidKungFu = Widiihh..namanya keren yah.. padahal aplikasi ini sah terdapat di android market asli, Cara kerjanya oke juga brow.. do'i menunggu banyak user mendownload dan menggunakan aplikasi ini, tujuannya menginjeksinya dengan malware ketika user melakukan update over.




Sumber : kaskus / malware.trojan

0 Response to "Kenali Berbagai Jenis Virus Berbahaya yang Menyerang Smartphone"