HotCopas.net

Top 10 Proyek Besar Dubai yang Bakal Direalisasikan pada 2020

Kota Dubai sepertinya tidak pernah berhenti membangun sesuatu yang membuat anda takjub. Dengan beberapa bangungan yang sangat ikonik, seperti Burj Khalifa, Palm Jumeirah, dan Burj Al Arab, kota ini merupakan salah satu negara yang sangat maju dalam bidang arsitektur dan pembangunan, dan sudah banyak sekali proyek besar yang dierencanakan untuk beberapa tahun kedepan. Berikut adalah 10 Proyek Besar Dubai yang dierencanakan selesai untuk tahun 2020
  1. Museum Masa Depan (Museum Of The Future)


Museum of The Future


Pembangunan Museum ini diumumkan pada bulan Maret 2015, dan direncanakan selesai pada tahun 2017. Shiek Mohammed bin Rashid al Maktoum, pemimpin kota ini men-tweet bahwa Museum Masa Depan akan menjadi "Museum masa depan yang paling inovatif di dunia, dan pengunjung bisa mengalami masa depan melalui simulasi interaktif yang mutakhir". Bangunan 136 Juta Dollar AS (sekitar 1,8 Triliun Rupiah) ini terletak di distrik keuangan Dubai, tepatnya di Shiekh Zayed Road, hanya tujuh menit dari gedung pencakar langit Burj Khalifa.



Museum ini akan menyelenggarakan konferensi ilmiah dan menawarkan kursus tingkat lanjut dan lokakarya khusus dalam bidang teknologi masa depan, desain dan inovasi.
 



 2. Pulau Air Biru (Bluewaters Island

Pulau Bluewaters


Proyek ini diumumkan pada bulan Febuari 2013 oleh Muhammad bin Rashid al Maktoum, penguasa negara Dubai. Proyek ini akan memakan dana sekitar 1.6 Milyar Dollar AS, atau 21 Trilliun Rupiah. Salah satu keunikan dari proyek ini adalah "Mata Dubai", yaitu wahana bermain kincir angin tertinggi di dunia. Wahana ini bukan sembarang wahana, karena mempunyai tinggi sekitar 210 meter (2/3 tinggi menara eiffel)!


Selain wahana kincir angin, proyek ini juga akan membangun perumahan, perhotelan, serta zona hiburan lainnya. Pulai Air Biru ini juga akan menyertakan Hotel Butik Bintang Lima dan menawarkan pilihan perumahan-perumahan yang unik. Pulau ini diantisipasi untuk menarik lebih dari 3 juta pengunjung per tahun.

Pulau Bluewaters ditetapkan untuk menjadi salah satu wisata terbesar di dunia dan saat ini sedang dalam konstruksi di lokasi dekat Jumeirah Beach Residence. Meraas Holdings adalah pengembang proyek ini.

 
   3. Bingkai Dubai (Dubai Frame)


Bingkai Dubai


Pengembang proyek ini, Dubai Municipality, bertujuan untuk membuat Bingkai Dubai menjadi atraksi turis nomor 1 di dunia. Lokasi dari Bingkai raksasa ini berada di Taman Zabeel. Penempatan dari bingkai ini bukan sembarangan loh, karena bingkai ini ditempatkan secara perhitungan dan hari-hati untuk memberikan tampilan terbaik antara Dubai Lama dan Dubai Baru.


Bingkai raksasa ini mempunyai tinggi 150 Meter, dan Lebar 93 Meter, dimana Landmark-landmark seperti Burj Khalifa dan Menara Emirates (Dubai Baru) dilihat dari satu sisi, dan Bangunan kota tua seperti Deira, Umm Harare, dan Karama (Dubai Lama) dilihat dari sisi lain. Proyek ini mengkonsumsi dana sebesar 120 Juta Dirham, atau sekitar 400 Milyar Rupiah.



4. Pelabuhan Dubai (Dubai Creek Harbour) 

Dubai Creek Harbour


Proyek ini diselenggarakan oleh Emaar Properties dan Dubai Holding, Dubai Creek Harbour akan menyediakan menara kembar tertinggi di dunia. Pelabuhan ini akan memiliki luas 3x dari pusat kota Dubai dengan lokasi di Dubai Creek dan berdekatan dengan Ras Al Khor.



Proyek ini akan terdiri dari 3.644 unit kantor, 8 juta kaki persegi ruangan ritel, 39.000 unit perumahan, dan 22 hotel dengan 4.400 kamar. Para pengembang proyek ini sudah meluncurkan tahap pertama. Proyek ini memakan dana sebesar 3 Milyar Dirham atau 11 Triliun Rupiah.
 



5. Kanal Air Dubai (Dubai Water Canal)

 Dubai Kanal


Proyek ini bertujuan untuk menghubungkan Dubai Creek dengan Teluk Arab melalui Sheikh Zayed Road, Taman Al Safa Jumeirah 2. Proyek ini diprediksikan akan selesai pada pertengahan 2016, dan mulai aktif pada awal 2017. Ada beberapa tahapan dalam proyek ini.



 Tahap 1 berisi sebuah jembatan 16 jalur di atas Sheikh Zayed Road, dimana kanal tersebut akan mengalir. Tahap dua meliputi jembatan 6 jalur di jalan Al Wasl dan Jumeirah, memungkinkan kapal pesiar untuk lewat. Kanal Air Dubai mempunyai 4.500 Apartemen, 44 perumahan elit, 19 villa, 65.000 meter persegi perkantoran, 37.000 meter persegi ritel, pusat olahraga, taman umum, dan hotel. Biaya untuk proyek ini adalah sekitar 2 Milyar Dirham[b], atau sekitar [b]7 Triliun Rupiah.




6. Kepulauan Deira 
Kepulaudan Deira


Proyek ini terdiri dari empat pulau. Pulau-pulau tersebut akan menawarkan kesempatan untuk pembangunan pantai dengan pengunaan yang beragam, semua dirancang dan dikembangkan oleh Nakheel. Kepulauan ini akan berisi Hotel, Perumahan, Komersial, dan Ritel. Pulau ini akan dibuat sampai lebih dari 40km dari tepi pantai Dubai. Proyek ini juga akan mencakup hotel dengan 250 kamar, dengan kapasitas 30.000 orang dan fasilitas marina.


Nakheel akan membangun resort bintang empat dengan 750 kamar di tepi pantai. Mall Deira juga merupakan bagian dari kepulauan ini. Mall ini akan dikelilingi oleh 16 menara Deira Islands Tower Community, dan terdiri lebih dari 2.400 apartemen dan perumahan elit. Biaya proyek ini diperkirakan sekitar 550 Juta Dirham, atau sekitar 2 Triliun Rupiah.

 
 7. Muhammed Bin Rashid City (MBR City) , District One 

MBR City


Dubai Holding dan Emaar Properties bekerjasama pada thun 2012 untuk membuat proyek hiburan dengan biaya 10 Milyar Dollar AS (134 Triliun Rupiah). Proyek ini akan menampilkan pusat hiburan keluarga terbesar di wilayah tersebut (bekerja sama dengan Universal Studios). Proyek ini berisi 100 Hotel, Taman Umum dengan luas 30% lebih besar dari London Hyde Park, Mall of the World (Mall terbesar di dunia), Kolam renang 16 Hektar dan Galeri Seni terbesar dari seluruh Timur Tengah dan Afrika Utara.


Meydan dan Sobha (pengembang proyek ini) menandatangi joint venture untuk mengembangkan District One, yaitu distrik yang menawarkan Laguna Buatan Terbesar di Seluruh Dunia. Selain itu, terdapat juga 8,8 kilometer area untuk bersepeda dan jogging. Proyek ini sedang dalam proses konstruksi dan pengembangan dengan lebih dari 4.000 pekerja, direncanakan selesai dalam tahun 2020.
 


 8. Kota Aladdin (Aladdin City)


Kota Aladdin


Dirancang dan dikembangkan oleh Dubai Minicipality, Kota Aladdin ter inspirasi oleh kisah dari Aladdin dan Sindbad. Proyek ini diumumkan pada bulan April 2014, akan memiliki 3 menara yang terdiri dari ruang komersial dan hotel, dengan jarak masing-masing menara 450 meter di lokasi Dubai Creek. Untuk total biaya masih belum diketahui.


"Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan menara dengan ikon legenda masa lalu dengan sentuhan keindahan dan kesempurnaan" kata Lootah

Kota ini akan memiliki jembatan udara dengan lantai bergerak untuk menghubungkan menara, jalan, dan tempat parkir. Bentuk dari jembatan tersebut akan menggambarkan kehidupan laut yang eksotis, seperti naga dan ular.


3 Menara Kota Aladin akan memiliki area seluas 100.000 meter persegi dengan menara tertinggi 34 lantai. Dua menara lainnya akan memiliki 26 dan 25 lantai, dan masing-masing akan ada ruang parkir untuk 900 mobil.



9. Pantai Al Mamzar (Al Mamzar Beachfront)

Pantai Al-Mamzar

Emaar Properties dan Dubai Municipality akan membuat proyek tepi pantai ini dengan biaya sebesar 10 Milyar Dirham atau sekitar 36 Triliun Rupiah. Proyek ini membentang lebih dari 9.000.000 kaki persegi, dengan 4.000 unit perumahan, 300 kamar hotel, dan 250.000 meter persegi fasilitas ritel dan 3.5 km trek jogging yang ditutupi dengan perkebunan.


 
  10. Dubai opera


Dubai Opera

Ingin menyaingi Sydney Opera House, Kota Dubai membuat proyek opera dengan konsep multifungsi, bisa untuk Opera, Teater, Konser, Pamera, Seni, Film, dan Acara Olahraga dengan lebih dari 2000 tempat duduk. Diprediksi selesai pada tahun 2016, Opera ini dirancang untuk memili tiga format dasar untuk mendukung teater, konser, dan lantai datar untuk acara dan pameran.

Lokasi di sekitar Dubai Opera juga akan menyediakan Museum Seni Modern, Dua Hotel Seni, Studio Desain dan Galeri, dan akan memiliki fitur perumahan 66 tingkat, Opera Grand, dengan lebih dari 200 apartemen elit. Biaya proyek ini diperkirakan lebih dari 2 Milyar Dirham, atau lebih dari 7 Trilliun Rupiah.
 



Sumber : kaskus / I.Am.Sam

0 Response to "Top 10 Proyek Besar Dubai yang Bakal Direalisasikan pada 2020"