HotCopas.net

Wasiat Hidup ini Cuma Buat Kamu

Hidup penuh dengan ketidakpastian, penuh dengan tekateki, misteri, yang kadang buat kita bingung harus dihadapin gimana. Disaat kita coba untuk berpikir positif, akan selalu ada orang yang berpikir negatif. Disaat kita berbuat baik, akan selalu ada orang yang berbuat jahat. Disaat kita udah usaha maksimal, pasti selalu ada aja kegagalan, yang kita gak tau datangnya kegagalan itu darimana. iya gan, hidup gak selalu seperti yang kita inginkan.
Momen-momen diatas pasti dan selalu akan terjadi. Kita sebagai individu harus punya modal yang kuat buat dijadiin tameng, modalnya dateng dari mana? Dari pengetahuan, dari baca buku, dari nasihat orang tua dari pergaulan dan lingkungan, dll banyak media untuk belajar dan "nyari modal" untuk menaklukan kehidupan. Sekarang ane bakal share "wasiat hidup" versi ane yang mungkin bisa jadi "modal" buat ngejalanin hidup yang penuh ilusi dan ketidakpastian ini. Namanya juga "wasiat", bentuknya cuma strategi-strategi yang bisa ngebantu kita buat hidup mendekati kesempurnaan dan mencapai tujuan hidup. Mudah-mudahan membantu yah 


 Punya Keinginan yang kuat dan menggebu


"Wasiat hidup" yang pertama; kita harus punya keinginan yang kuat untuk mencapai tujuan hidup. Simak percakapan antara Jack dan dosennya tentang keinginan yang menggebu gan:

Bu dosen: Baik, ada yang mau ditanyakan? 
Jack: *mengacungkan tangan*
Bu dosen: iya Jaka, silahkan (jack cuma panggilan gan ) .
Jack: Bu dosen apa yang kurang dari saya untuk bisa jadi penulis yang handal kayak ibu?  (dosennya penulis buku )
Bu dosen: Kamu bisa jadi apapun yang kamu mau ketika kamu punya keinginan yang menggebu untuk mewujudkannya. 
Jack: Maksudnya keinginan menggebu bu? 
Bu dosen: Maksudnya adalah ketika kamu berpikir untuk menulis sebelum tidur, ketika yang kamu lakukan pertama kali pada pagi hari adalah berpikir untuk menulis, ketika kegiatan menulis menguasai pikiran dan mengalir dalam darah kamu, itulah keinginan yang yang menggebu. 


Ini juga mungkin yang bikin Walt Disney kuat melawan ejekan dan cemoohan untuk mendirikan Disneyland. Keinginan yang menggebu kayak bahan bakar yang menggerakkan perasaan dan ngasih kekuatan ke agan. Tandanya lain udah punya keingginan yang menggebu? Agan mulai bisa berpikir kalau yang mungkin menghalangi agan untuk menghalangi mimpi cuma kematian. 




Tanggung Jawab Penuh Terhadap Keputusan



Jack yang sebelumnya pengen jadi penulis, udah memutuskan untuk punya keinginan menggebu buat ngewujudkan mimpinya, lulus kuliah jack pindah ke jakarta buat nyari pelatih nulis. Si pelatih nerapin metode latihan yang berat, tapi Jack dengan keinginan yang menggebu dan "tanggung jawab penuh atas pilihan"nya ngejalanin semua latihan demi mencapai tujuan hidupnya.
Akhirnya ada lomba nulis, dan jack ikut. Saat mengikuti kejuaraan ternyata jack dapet peringkat terakhir  Tapi jack gak putus asa, bisa ikut kejuaraan aja bisa bikin dia seneng. Jack tetap berlatih dan akhirnya beberapa tahun kemudian dia bisa jadi penulis handal.

Secara singkatnya mungkin itu yang bisa ts jelasin tentang kekuatan tanggung jawab, ini wasiat kedua yah. Intinya, apapun pilihan agan, punya keinginan menggebu dan tanggung jawab terhadap pilihan itu wajib. Masih bingung mau milih apa dan mau jadi apa dihidup ini gan? ane punya ulasannya disini. Silahkan dibaca 




Selalu tambah pengetahuan dan perbanyak skill


Wasiat yang ketiga adalah selalu tambah pengetahuan dan perbanyak skill, skill apapun gan. Agan dokter bukan berarti gak boleh tau soal kerja mesin motor. Gitu juga sebaliknya seorang montir juga harus tau soal kesehatan. gunakan potensi, kemampuan, dan kekuatan imajinasi agan sebaik-baiknya. Banyak buku yang bisa dibaca, banyak video di youtube, banyak seminar dan pelatihan yang bisa diikutin. Tapi jangan lupa, Halhal ini harus dikerjakan secara RUTIN. Kan ada rumor tuh kalau otak manusia dimaksimalin ilmu pengetahuan apapun bisa dipelajari Pokoknya manfaatkan waktu dengan yang positif. Hal negatif apa aja yang harus dihindarin emang? nih disini ada ulasannya, silahkan mampir yah jangan malu malu



Luangkan waktu buat merenung, Gan!


Wasit ke-empat ini tentang "merenung". Coba agan liat sekitar agan, banyak banget kegaduhan. kegaduhan suara televisi, handphone, mobil, pesawat, dipikiran kita gak ada kegaduhan? ada! banyak! tiap hari katanya manusia nerimaa 600.000 lebih pikiran dan fakta terburuknya adalah lebih dari 80% itu pikiran negatif. Tanpa kita sadari gan, kegaduhan ini buat kita tegang dan saraf terus aktif walaupun gak diperlukan.
Padahal alam banyak ngajarin kita tentang ketenangan; matahari, bulan, dan terbit dan tenggelam dengan tenang, laba laba bikin rumah dengan tenang, pokoknya masih banyak yang lain. Masukin jadwal harian buat merenung minimal 10 menit aja gan sebelum tidur. caranya gimana? sebelum tidur syukuri apa aja nikmat yang agan dapet hari ini, nikmat bernafas, nikmat menyebar senyum dan kebaikan dll. abis itu lemasin tubuh, pejamkan mata, tarik nafas yang dalam terus dikeluari. ulangi minimal 10 menit aja efeknya dahsyat




Berliburlah, Gan!


Ini wasiat terakhir, "Liburan".

"ah liburan cuma buat anak-anak"
"kerjaan aja gak beres gimana mau liburan"
"liburan cuma buang waktu aja"

persepsi kayak gini harus diubah. bukan persepsi ini aja sih, persepsi kalau liburan itu mahal dan bentuknya cuma travel aja itu juga salah. ada orang yang bentuk liburannya berupa kesempatan buat mainin alat musik kesayangan, ada yang merasa "libur" dengan memelihara burung, kucing, dll. yang jelas orang yang gak pernah liburan bisa rentan sama penyakit jantung
Pekerjaan dan liburan kayak dua sisi mata uang. Dengan bekerja agan merasa mencapai sesuatu, dengan liburan agan merasaka ketenangan, kedamaian jiwa yang bisa membantu mecapai prestasi yang lebih baik. Dengan liburan "pikiran lebih sehat deh kayaknya. 



Sumber : kaskus / rendyprasetyyo

0 Response to "Wasiat Hidup ini Cuma Buat Kamu "