HotCopas.net

10 Mitos Populer Yang Dipercaya Orang Tentang Dinosaurus



Dinosaurus tidak diragukan lagi adalah salah satu makhluk yang sangat hebat dan mengesankan yang pernah berjalan di atas planet bumi ini. Kebanyakan orang percaya kalau hewan purbakala ini besar, pemakan daging, mengerikan dan ganas. Tentunya kebanyakan orang percaya dinosaurus adalah hewan yang ganas dari film terkenal Jurassic Park, film yang bagus tapi, ada banyak sekali ketidaksamaan yang terjadi dalam film tersebut dan berakhir menjadi sebuah mitos yang hingga kini banyak dipercaya masyarakat. Untuk merubah kepercayaan tersebut tentang dinosaurus, di sini ada beberapa mitos tentang reptil purbakala ini yang masih tersebar di zaman modern.


 Dinosaurus pernah hidup dengan manusia


Mitos yang umum dan sering kita dengar tentang dinosaurus adalah orang-orang masih percaya kalau dinosaurus dan manusia pernah hidup dalam satu zaman di waktu yang bersamaan. Ternyata pernyataan ini adalah salah. Dinosaurus punah sekitar 62 juta tahun yang lalu bahkan sebelum manusia pertama pernah muncul di planet bumi. 



Dinosaurus bisa dikloning


Meskipun dalam dunia Jurassic Park manusia bisa melakukan banyak manipulasi seperti mengkloning dinosaurus, namun kenyataannya DNA dinosaurus sangatlah rapuh dan tidak mampu menyimpan data untuk membuat dinosaurus hidup kembali seperti dalam film. 



Arkeolog mempelajari dinosaurus


Banyak orang masih percaya kalau ilmu arkeologi itu mempelajari dinosaurus, namun pada kenyataannya tidak. Para professional arkeolog adalah orang yang mempelajari manusia dan terkadang hewan dan hubungannya dengan manusia di masa lampau. Ilmu yang ada hubungannya dengan dinosaurus adalah Paleontolog dan ilmu fosil yang mana juga termasuk mempelajari dinosaurus. Berarti kalau ingin jadi seperti Dr. Alan Grant harus jadi Paleontolog ya. 



Dinosaurus bisa terbang


Salah satu mitos yang sangat sering kita dengar tentang dinosaurus. Percaya atau tidak, tidak ada dinosaurus yang bisa terbang. Orang-orang hanya menyebut pterodactyl sebagai dinosaurus terbang, namun pada kenyataannya mereka bukanlah dinosaurus! Mereka hanyalah hewan bersayap yang sebenarnya adalah reptil. 



Dinosaurus hidup dalam satu zaman sekaligus


Ini adalah mitos paling ngaco yang biasanya sering kamu dengar tentang dinosaurus. Kebanyakan orang percaya kalau semua dinosaurus itu hidup dalam satu periode bersama-sama, namun ini salah besar! Para dinosaurus memiliki zamannya masing-masing yang mana memiliki habitat dan spesies yang berbeda satu sama lain. Jadi gak bakal ada sejarahnya yang namanya T-Rex makan raptor seperti dalam film, karena zaman mereka sebenarnya berbeda. Fakta mengejutkan lain, ternyata Tyrannosaurus Rex (T-Rex) hidup lebih dekat dengan kita (manusia) dibandingkan Stegosaurus. 



Hewan raksasa


Dinosaurus dipercaya sebagai hewan yang berbadan besar-besar (raksasa) yang diidentikan sebagai hewan pemakan daging yang buas. Namun kenyataannya ukuran dinosaurus yang paling besar sekalipun tidaklah terlalu besar. Setidaknya tidak benar-benar besar seperti seekor raksasa. 



Dinosaurus tidak bisa berenang


Dinosaurus selalu disebut sebagai hewan yang payah dalam air atau tidak bisa berenang dan kebanyakan dari mereka hanya berada di daratan. Bagaimanapun juga ada sebuah penelitian yang menemukan kalau dinosaurus berkaki dua pernah hidup di sekitar sungai di China.



Lengan T-Rex tidak berguna


Karena ukuran badan Tyrannosaurus Rex yang besar, kebanyakan orang berpikir kalau lengan kecil yang dimilikinya tidak berguna. Faktanya, dinosaurus besar ini dapat mengangkat objek atau hewan dengan lengannya yang mempunyai berat ratusan pound dengan mudahnya.
 

Jurassic Park = Periode Jurassic


Jurassic Park adalah film tentang dinosaurus paling populer sepanjang masa. Mereka membawa banyak dinosaurus yang berasal dari zaman Jurassic ke dalam film itu hingga orang berpikir kalau Jurassic Park adalah film tentang dinosaurus yang hidup pada zaman Jurassic saja, namun sebenernya ini juga salah. Faktanya, ada banyak dinosaurus dalam Jurassic Park yang ternyata berasal dari zaman Cretaceous (kretasius) seperti T-Rex.









Dinosaurus adalah kadal 
 Ini juga adalah mitos yang suka kita dengar tentang dinosaurus. Faktanya, dinosaurus itu bukan kadal. “Terrible Lizard” atau kadal mengerikan adalah suatu istilah yang sering merepresentasikan hewan purbakala ini. Namun sejak kita tahu yang sebenarnya kalau dinosaurus itu bukan kadal, seharusnya kata “Terrible lizard” pun jadi sudah tidak bergun



Sumber : kaskus / akatsukiunivers

0 Response to "10 Mitos Populer Yang Dipercaya Orang Tentang Dinosaurus"