HotCopas.net

10 Tips Mengeringkan Baju Buat Anak Kos yang Perlu Kamu Coba

Jika ada bencana di musim penghujan yang nggak kalah mengerikan dibanding banjir dan tanah longsor, itu adalah bencana “CUCIAN TAK KUNJUNG KERING." Ane pernah ngalamin repotnya ngadepin bencana ini sewaktu jadi anak kos. Problem cucian ini semakin menambah derita anak kos di tengah keterbatasan sarana, dana, dan kebersihan lingkungan yang sering kurang terawat (terutama kos-kosan cowok)

Padahal pakaian bersih adalah kebutuhan primer manusia. Kecuali kita sudah hilang akal, memakai pakaian bersih adalah keharusan. Thread ini khusus ane dedikasikan buat anak-anak kos yang sering kelimpungan ketika musim hujan datang, terutama dalam mengatasi masalah ‘mengeringkan cucian.’ Tentu saja kita tidak ingin terkena gatal-gatal, bisul, atau penyakit macam-macam karena memakai pakaian yang lusuh nan kotor. Berikut ini ane kasih 10 tips mengeringkan baju buat anak kos, yang semoga nggak mainstream.

 1. JURUS “GERCEP” (Cerah Jemur, Mendung Angkat)
Di musim penghujan, intensitas sinar matahari yang sampai ke permukaan bumi berkurang karena sering terhalang awan mendung. Karena itu, agan harus pinter-pinter manfaatin kesempatan. Setiap kali cuaca cerah, agan harus segera menjemur cucian. Sesibuk apapun agan, selama hayat masih di kamar kos-kosan, luangin waktu buat jemur cucian. Tapi agan juga harus waspada ketika awan pekat sudah bergelayut di atas kos-kosan agan. Agan harus segera make gerak cepat (GERCEP) jutsu buat ngangkutin jemuran agan ke tempat yang lebih aman. As quick as possible!





2. Utamakan Daleman
Jika harus memilih, maka akan lebih aman jika agan mengutamakan nyuci daleman daripada pakaian lainnya. Kebersihan daleman itu penting banget gan, bahkan kalo boleh dibilang paling penting. Daleman agan selalu lebih cepat kotor karena bersinggungan langsung dengan kulit dan keringat di tubuh, Beda halnya dengan jenis pakaian yang lain seperti kemeja, celana, denim, atau rok. Kemeja atau celana masih mungkin dipakai beberapa kali tanpa dicuci dengan tetap nyaman. Beda halnya dengan daleman yang riskan jika dipakai berhari-hari tanpa ganti/dicuci. Sayangi ‘masa depan’ organ-organ vital agan. 




3. Manfaatin Kipas Angin
Sefakir-fakirnya anak kos, kipas angin akan tetap tersedia di kamar kosnya. Karena itu, daripada nganggur manfaatin kipas angin buat ngebantu pengeringan cucian agan. Biasanya ane pake trik ini buat ngeringin daleman ane (seperti yang dikatakan di poin 2, kebersihan daleman itu penting lho). Kalo kipas udah siap, taruh cucian agan di depan kipas. Dalam semalam, cucian-cucian agan setidaknya sudah jauh lebih kering. Cuma sayangnya, trik ini hanya bisa untuk cucian skala kecil. Kalo cuciannya banyak ya hasilnya gak bisa optimal. Tapi tetep tips ini paling ampuh kalo cuma buat ngeringin daleman (ini TS otaknya daleman melulu) (!!?)




4. Manfaatin Magiccom/MagicJar
Seperti halnya kipas angin, mesin penanak nasi seperti magiccom/magicjar bisa dipakai untuk membantu pengeringan cucian agan. Caranya simpel kok. Tinggal taruh cucian agan di atas magiccom/magicjar. Biasanya ane makai trik ini buat ngeringin dompet/uang yang basah ketika ane kehujanan. Sama seperti kipas angin, cara ini cuma efektif buat ngeringin cucian berukuran kecil seperti daleman (njirr…daleman lagi) 




5. Hanger Games
Kalo stok hanger agan terbatas, agan harus pinter-pinter manfaatin hanger buat jemur beberapa pakaian sekaligus. Cara ini juga bisa dipakai ketika menghadapi lahan jemuran yang sempit, entah karena kurangnya kawat jemuran atau karena emang lagi banyak anak kos yang jemur baju. Dengan menggunakan 1 hanger untuk beberapa pakaian sekaligus agan bisa menjemur lebih efektif dan efisien di tengah dinginnya musim penghujan dan kerasnya perebutan lahan jemuran dengan penghuni kos yang lain.




6. Bikin Kawat Jemuran Baru di Tempat Strategis
Terkait sama nomor 5, kalo agan emang udah bener-bener kehabisan lahan buat jemur cucian, agan harus berani bikin kawat jemuran baru di tempat yang lebih strategis tentunya.agan bisa manfaatin teras di lantai dua, emperan rumah, loteng, bahkan atap genteng. Gunain kreativitas dan daya cipta agan buat bikin tempat jemuran baru yang strategis dan mudah agan akses. Yakinlah, tetangga kos agan pasti terbantu dengan adanya tempat jemuran baru bikinan agan. Itung-itung sedekah. 



==== TIPS-TIPS DALAM KONDISI DARURAT #KEPEPET ====  7. IRON-MAN (Not Recommended)
Dalam kondisi darurat, agan bisa make setrika buat ngeringin pakaian agan. Tentu saja yang disetrika bukan cucian yang masih segar dari ember, melainkan cucian yang sudah lumayan kering, seenggaknya kondisinya cuma lembap (tidak basah lagi). Tapi ane nggak nyaranin agan buat make tips ini terlalu sering karena berpotensi merusak logam setrika agan. Ada kemungkinan perubahan panas-dingin mendadak di logam setrika menyebabkan gejala pemuaian-penyusutan yang drastis di lempeng logam setrika. Intinya kalo setrika agan rusak, jangan salahin ane ya. Namanya juga kondisi darurat.
 





8. Manfaatin Panas Tubuh
Tips ini juga cuma bisa dipakai untuk pakaian yang sudah dalam kondisi lembab/hampir kering. Agan bisa langsung memakai pakaian lembab itu dan memanfaatkan panas tubuh agan buat ngeringin pakaian agan yang basah. Meski berdingin-dingin ria, selang beberapa jam baju agan akan kering dengan sendirinya. Resikonya paling-paling cuma masuk angin/flu 





9. Laundry/Cuci Kering
Nggak usah ditanya, laundry adalah jalan terakhir yang bisa agan tempuh kalo agan lagi kepepet harus nyuci secepatnya. Udah kantong tipis, malah harus ngelaundry  Karena itu, guna menghadapi kondisi kepepet, ada baiknya mulai menyisihkan uang buat cadangan ongkos ke laundry sebokek-bokeknya keuangan agan.



==== ADDITIONAL TIPS ==== 10. Jangan Lupa Pewangi
Pewangi ini berfungsi ngurangin bau apek cucian agan yang nggak kunjung kering. Kalo agan cuma pake detergen, cucian yang belum kering biasanya akan berbau apek. Sekalipun agan make parfum, biasanya bau apek ini tetep aja ngikutin. Repot kan urusannya kalo agan lagi mau ke kampus tapi cucian apek semua. Solusinya ya pake pewangi.


Oke, itu tadi 10 tips mengeringkan baju ala anak kos yang semoga nggak mainstream. Kalo thread ini berguna silahkan dirate, dicendol, atau dikomeng. Atau kalau ada yang mau nambahin atau mau share pengalaman, silahkan, bisa ane taruh di pejwan, insya Allah.

  "Berhenti mengutuk hujan, karena biar bagaimanapun hujan adalah rahmat dari Sang Pencipta."

Sumber : kaskus / benjoel36

0 Response to "10 Tips Mengeringkan Baju Buat Anak Kos yang Perlu Kamu Coba"