HotCopas.net

17 Teknologi Canggih yang Mewarnai Tahun 2015


Waktu bergulir begitu cepat, tanpa terasa ternyata kita sudah sampai di penghujung tahun 2015. Selama tahun 2015 berbagai macam hal terjadi, salah satunya yang menarik untuk disimak adalah perkembangan teknologi. Tahun 2015 dihiasi oleh kemunculan berbagai teknologi yang sebelumnya kita kira hanya ada di televisi atau film saja. Nyatanya teknologi-teknologi tersebut sudah ada.
Mungkini ada beberapa yang sudah tahu, ane cuma merangkumnya lagi.
Yuk kita simak beberapa contoh teknologi canggih yang mewarnai tahun 2015.


 1. Memasak pake hologram


Kalau kamu biasanya ngeliat teknologi hologram (yang kayak nyata abis) di film-film, sekarang udah beneran bisa digunain di dunia nyata guys. Bahkan, mau masak pun bisa kita lakuin pake spatula hologram! Gokil.



2. Kursi roda yang bisa naik tangga

Mahasiswa Teknik Mesin di Swiss Federal Institute of Technology in Zurich (ETH Zurich) lah yang punya ide awal dari penemuan keren ini. Setelah ngelakuin berbagai percobaan dari tahun 2013, akhirnya 27 Mei 2015 lahirlah teknologi kursi roda yang bisa menaiki tangga dengan sistem robotik yang dikenal sebagai Scalevo Project.



3. Ponsel yang bisa ditekuk ke segala sisi


Dan di tahun ini juga, produsen-produsen smartphone dari mulai iPhone, Samsung, sampe Google mulai memperkenalkan teknologi baru mereka, yaitu ponsel yang bisa ditekuk. Jadi, dadah-dadah deh sama HP yang gampang patah!


4. Project Loon

Internet bisa dibilang menjadi teknologi favorit kita semua. Dengan internet, kegiatan-kegiatan terkait pencarian informasi dan komunikasi jadi lebih mudah. Sayangnya tidak semua orang bisa menikmati hal tersebut. Maka dari itu Google, melalui perusahaan barunya, Alphabet, mencoba membuat semua orang di dunia ini bisa menikmati internet dengan Project Loon.



Project Loon adalah sebuah balon udara yang memancarkan sinyal nirkabel berteknologi LTE untuk kebutuhan internet masyarakat. Balon udara tersebut terbang di area stratosfer bumi. Ketika berada di udara, balon udara tersebut akan memancarkan jaringan internet dalam radius 80 kilometer di sekitar balon udaranya. Kalau saja benda ini ada di Indonesia pasti akan sangat bermanfaat.



5. 3D Printer

Teknologi lainnya yang patut kita simak adalah 3D Printer. Seperti namanya, printer ini bisa mencetak berbagai macam benda dalam bentuk 3 dimensi. Benda-benda yang dibuat oleh 3D Printer berbahan plastik acrylonitrile butadiene styrene (ABS) dan polylactic acid (PLA). Pengaplikasiannya bisa bermacam-macam, entah untuk membuat sisir custom, jepitan baju, suku cadang, mur atau baut, serta berbagai hal lainnya.



Teknologi printer tiga dimensi ini tidak hanya bisa mencetak benda-benda kecil, tapi juga mobil! Salah satunya ada Local Motors yang membuat mobil hanya bermodalkan 3D Printer saja. Dikatakan tahun depan mobil ini mungkin akan dijual ke pasaran.



6. Puplen 3D


Siapa yang ngiler banget pengen punya pulpen yang satu ini? Teknologi 3D emang makin berkembang pesat, dan bukan cuma printer 3D aja yang udah berhasil diciptain, tapi juga pulpen. Dijamin kamu jadi semangat banget buat ngegambar pake pulpen ini.



7. ShiftWear

Beberapa dari kamu mungkin mendambakan sepatu dengan corak atau gambar yang unik dan keren. Kalau di Indonesia, hal tersebut bisa kamu nikmati dengan membeli sepatu lukis, atau sepatu canvas polos yang dilukis sendiri. Tetapi ternyata sudah ada juga lho sepatu canggih dengan gambar dan corak yang berubah-ubah.



Shiftwear tahan air, jadi kamu tidak perlu khawatir perangkat listrik dan gambar pada sepatumu rusak. Bahkan ia bisa dicuci menggunakan mesin cuci. ShiftWear saat ini masih dalam proses crowdfunding. Pada stretch-goal tertentu, ShiftWear akan mendapatkan fitur walk to charge



8. Printer otomatis


Pernah nonton film sci-fi atau fantasi dimana ada tulisan yang tiba-tiba bisa muncul sendiri di atas kertas kosong? Nah printer yang satu ini mirip-mirip kayak gitu, canggih banget ya!


9. Spesial efek di film-film


Guys, hampir semua adegan-adegan epik yang kamu liat di film-film itu dilakuin dari dalam studio loh! Kalau gak ada spesial efek, bisa dibayangin kan gimana nasib film-film kesayangan kita kayak Marvel, sampe Star Wars?



10. Ojek Online

Perkembangan teknologi yang sangat pesat tidak hanya terjadi di negara-negara dunia pertama saja. Indonesia juga merasakan perkembangan tersebut. Salah satu contohnya ada ojek online yang merebak akhir-akhir ini. Tidak perlu lagi deh ditembak dengan harga yang bikin sakit jantung ketika pesan ojek pangkalan.



Layanan ojek online sangat memudahkan keseharian kaum urban. Kita jadi bisa memesan ojek dari manapun dengan harga yang terstandarisasi. Bahkan saat ini layanan yang disediakan tidak cuma ojek. Kamu bisa memesan makanan, mengirim barang, dan mengirim berbagai hal.



11. Augmented sandbox




Di tahun 2015 juga ngetrend yang namanya augmented reality sanbox. Ini adalah replika buat pelajara ilmu bumi dan topografi gitu, yang dibuat lewat kotak pasir interaktif dengan sistem 3D. Bingung gak? Sama dong. Haha.



12. Robot yang bisa mecahin rubiks


KZL gara-gara gak bisa-bisa nyelesain rubik? Tenang, serahin aja sama robot pinter yang (kayaknya) lebih pinter dari kamu. Sob, doi aja bisa, masa kamu gak?



13. Drone

Meski sebetulnya teknologi ini sudah sering digunakan untuk keperluan militer, namun baru akhir-akhir ini drone banyak digunakan masyarakat awam. Kebanyakan orang-orang menggunakannya untuk foto-foto atau merekam video. Namun di balik itu, drone juga bisa digunakan berbagai hal yang lebih bermanfaat.



Sebagai contoh, drone bisa digunakan untuk kepentingan jurnalisme, kepentingan pengawasan, membantu tugas kepolisian, dan berbagai pekerjaan pengawasan lainnya. Saat ini drone dijual cukup bebas di Indonesia; bahkan di toko online sekalipun.



14. Hoverboard bener-bener nyata!

Bersyukurlah kalau kamu masih dikasih kesehatan dan umur buat ngelewatin 2015, karena di tahun ini, hoverboard bener-bener berhasil diproduksi! So gak lama lagi, kita bakalan ngeliat orang-orang naik hoverboard berkeliaran di jalanan.

 16. Smartwatch

Setelah teknologi smartphone yang menghiasi keseharian kita. Perkembangan berikutnya adalah teknologi-teknologi wearable, salah satunya smarwatch. Meski saat ini teknologi smartwatch masih sangat terbatas (seolah hanya sekadar memindahkan notification dari smartphone ke dalamnya), namun teknologi yang satu ini memiliki potensi besar untuk terus berkembang.



Salah satu contohnya adalah smartwatch Blocks yang memiliki banyak fungsi. Di masa depan, smartwatch mungkin akan menjadi alternatif smartphone kita. Jadi jika sedang tidak butuh, kita tidak perlu membawa smartphone. Cukup menggunakan smartwatch, kamu sudah bisa menelpon, chatting dan melakukan berbagai hal seperti pada smartphone-mu.


15. Memory card udah berkembang pesat

Dari mulai jamannya disket, CD, sampe sekarang memory card, memori yang bisa ditampung udah jauh beda banget. Tuh liat, 128MB vs 128GB!

 17. Microsoft Holo Lens


Penggemar film superhero Marvel mungkin sudah tidak begitu asing dengan teknologi yang satu ini. Teknologi ini selalu digunakan oleh Tony Stark untuk berbagai macam hal, entah itu mendesain baju besinya, rekonstruksi tempat kejadian perkara, dan berbagai hal lainnya. Ternyata teknologi ini telah dikembangkan oleh Microsoft. Teknologi virtual reality computing ini sudah tidak mustahil lagi.

Oleh Microsoft, teknologi holographic computing ini dinamakan Holo Lens. Cara kerjanya kurang lebih sama persis seperti pada film Iron Man. Saat ini Microsoft Holo Lens belum dijual secara bebas. Microsoft Holo Lens baru diproduksi masal untuk AS dan Kanada pada tahun 2016 mendatang.




tulah beberapa teknologi canggih yang mewarnai tahun 2015, secanggih apapun teknologi yang ada, kita harus menggunakan nya untuk tujuan yang baik bukan sebaliknya. Karena teknologi yang dibuat pada masa kini dipergunakan untuk mempermudah manusia, Jadi gunakanlah dengan sebijak mungkin.


Sumber : kaskus / lokerboy

0 Response to "17 Teknologi Canggih yang Mewarnai Tahun 2015"