HotCopas.net

5 Orang yang Sengaja Namanya di Hilangkan Dari Catatan Sejarah


Ngulik Sejarah lagi kita Gan, Kali aja ada yang belum pada tau Info tentang Judul di Atas, Cekidot Gan !


Sejak zaman dahulu, manusia berusaha menulis catatan sejarah atau peristiwa yang telah berlalu secara akurat. Berawal dari tuturan mulut ke mulut hingga akhirnya berbentuk tulisan, kisah-kisah manusia di masa lalu hingga kini bisa kita telaah dan kenang sebagai satu-satunya jembatan penghubung ke dunia yang telah hilang.

Tetapi sayangnya karena kepentingan dari pihak-pihak tertentu, sebuah peristiwa atau bahkan keberadaan seseorang sengaja dihapus dari catatan sejarah meskipun tidak semuanya berjalan sukses. Dan seiring berjalannya waktu, tokoh-tokoh sejarah yang namanya sempat ‘dihilangkan’ ini mulai muncul kembali sehingga kebenaran perlahan tapi pasti mulai terungkap.

Setelah berita tentang eksekusi Jang Song- thaek yang merupakan paman sekaligus penasihat dekatnya Kim Jong - un sendiri dan pada bulan Desember 2014 yg lalu media pemerintah Korea Utara telah menghapus seluruh catatan sejarah beliau, seperti arsip-arsip dan foto-foto penting bahkan yang bersifat tersimpan secara online.  



Menurut Guardian "Tindakan ekstrim ini merupakan penghapusan terbesar yang pernah dilakukan oleh kantor berita KCNA resmi dan surat kabar Rodong Sinmun"

Tapi itu bukan untuk pertama kalinya seorang pemimpin politik berusaha untuk menghapus orang yang punya andil dalam sejarah kemajuan sebuah bangsa demi kepentingan sebuah kelompok yang ingin menguasai bangsa itu sendiri, Nah menurut laman Business Insider ternyata ada lima orang lain yang sengaja di hapus dari catatan sejarahnya juga Gan.

Ingin tahu siapa saja tokoh sejarah yang mungkin tidak pernah Agan dengar sebelumnya serta mengapa mereka dihapus dari sejarah? Berikut daftarnya Gan, Cekidot!



1. Joseph Goebbels, penasihat Hitler

Pertama kali kita langsung bertemu Goebbels, yang mana Hitler langsung tertarik dengan antusiasme serta ide-idenya yang brilian dan kebenciannya kepada Yahudi, karena itu Hitler langsung memberinya jabatan sebagai penasihat pribadinya dan dikirim ke seluruh penjuru Jerman sebagai mesin propaganda Nazi yang sangat efektif. Tak lama kemudian, Goebbels pun menjadi salah satu orang kepercayaan Hitler.

Ketika pasukan Nazi di ambang kekalahan, Goebbels menyarankan Hitler untuk mempertimbangkan perundingan perdamaian. Tetapi saran itu ditolak mentah-mentah, Hitler bahkan memerintahkan untuk melawan hingga titik darah penghabisan. Diduga karena tidak suka dengan nasihat Goebbels yang dianggapnya pengecut ini, Hitler kemudian memerintahkan untuk menghapus Goebbels dari sejarah Jerman termasuk foto-foto dimana terdapat dirinya bersama Goebbels di atas. Segitunya ?




2. Nikolai Yezhov, kepala agen rahasia Stalin



Nikolai Yezhov hingga kini dijuluki sebagai “The Vanishing Commissar” oleh para sejarawan karena semua foto-fotonya bersama Stalin dihapus setelah dia dieksekusi pada tahun 1940. Meskipun Yezhov adalah seorang yang setia kepada Stalin dan bekerja untuknya sebagai kepala agen rahasia, tetapi hal itu tidak menghentikan kekejaman Stalin.
Diduga karena menyalahgunakan kekuasaannya sebagai kepala agen rahasia, Stalin mencopot jabatan Yezhov dan memasukkannya ke dalam penjara. Pada tanggal 4 Pebruari 1940 Yezhov dieksekusi di tempat yang ironisnya sering digunakannya untuk mengeksekusi tawanan tanpa melalui pengadilan yang semestinya. Oh my God 




3. Leon Trotsky, revolusioner Rusia


Sebagai salah seorang penggagas revolusi Bolshevik di Rusia, nama Trotsky pernah berusaha dihilangkan dari buku sejarah oleh Stalin karena keputusannya untuk meninggalkan partai komunis. Sebelumnya Trotsky bersama Lenin, Stalin, Zinoviev, Kamenev, Sokolnikov dan Bubnov mendirikan Partai Buruh Sosial Demokratik Rusia yang berhaluan komunis.
Ketika keputusannya untuk menyeberang ke partai oposisi berbuah kegagalan seiring dimulainya kekuasaan Stalin, Trotsky kemudian diasingkan pada tahun 1929. Di pengasingan, Trotsky tidak berhenti menyuarakan perlawanan atas Stalin hingga pada tahun 1940 Stalin memerintahkan seorang pembunuh bayaran menembak mati Trotsky di Mexico. Kok gitu Ya Gan ?




4. Bo Gu, pemimpin senior Partai Komunis China


Bernama asli Qin Bangxian tetapi lebih dikenal sebagai Bo Gu, orang ini adalah salah satu pendiri Partai Komunis China sehingga mempunyai kekuasaan lumayan tinggi di pemerintahan Mao Zedong. Tetapi karena beberapa blunder yang serius tentang taktik militer dan pertahanan, Bo Gu kemudian dipecat dari jabatannya sebelum meninggal dunia akibat kecelakaan pesawat pada tahun 1946 bersama beberapa petinggi partai.
Sedangkan alasan mengapa Mao Zedong berusaha menghapus nama Bo Gu dari sejarah China adalah karena Bo Gu dianggap bertindak terlalu lunak dan tidak efisien ketika menghadapi pemberontakan. Sikap Bo Gu ini dikhawatirkan akan memberikan kesan lemah pada pemerintahan Mao Zedong.




5. Grigoriy Nelyubov, kosmonot Rusia


Terpilih sebagai salah satu kosmonot Rusia pada awal program angkasa luar Rusia tahun 1960, Nelyubov tampil sebagai bintang dalam program tersebut karena kepiawaiannya. Tetapi meskipun piawai dalam pekerjaannya hingga menjadi salah satu orang Rusia pertama yang terbang ke angkasa luar, sayangnya Nelyubov tidak mampu mengatasi masalah pribadi dalam keluarganya hingga akhirnya mengalami depresi dan terjerumus dalam alkohol.
Nelyubov akhirnya dikeluarkan dari program angkasa luar Rusia karena tidak mampu menghentikan kebiasaannya mengkonsumsi alkohol. Pada tanggal 18 Pebruari 1966, Nelyubov bunuh diri saat dalam kondisi mabuk. Untuk menjaga image program angkasa luar Rusia secara keseluruhan, nama Nelyubov kemudian berusaha dihilangkan termasuk foto-fotonya dalam “Sochi Six” (kosmonot awal program angkasa luar Rusia) di atas. Hingga kini Nelyubov dikenal sebagai “The Lost Cosmonauts”.




Sumber : kaskus / jeansobek

0 Response to "5 Orang yang Sengaja Namanya di Hilangkan Dari Catatan Sejarah"