HotCopas.net

5 Tips Ngontrak Bareng Teman di Perantauan

Agan mahasiswa? Perantau dan mencari ilmu ditanah orang? Pastinya agan udah enggak asing dong sama yang namanya kontrakan dan kost-kostan? Secara pasti pengalaman dibidang itu udah banyak banget. Nah, thread ini lebih untuk ke mahasiswa baru (maba) atau yang baru kenal sama dunia rantau, pengen coba-coba ngontrak bareng temen. Biasanya kan kalo ngontrak sama temen ada aja masalah yang bikin satu kontrakan pecah.

Makanya, 5 tips ini bakalan bikin kamu dan temen-temen kamu lebih awet deh dan gak bakal ada masalah. Yuk, ke pembahasannya langsung! 




1. Cari Temen yang Satu Pemikiran

Ini yang penting banget, dan harus kamu lakuin kalo kamu punya niatan buat ngontrak diperantauan. Soalnya, temen yang punya satu pemikiran sama kita akan lebih mudah untuk menyatu. Misalnya, kamu punya pemikiran kalo enggak perlu ngebersihin kontrakan setiap hari, cukup seminggu sekali. Tapi temen kamu yang satunya pengen tiap hari harus bersihin kontrakan biar bersih, soalnya dia perfeksionis. Nah, kan bisa bahaya?

Makanya cari temen yang pemikirannya sama kaya kamu! Biar lebih asik dan nyambung juga kalo diajak ngomong.




2. Buat Jadwal Piket


Poin ini juga enggak kalah penting, misalkan kamu tinggal dikontrakan 5 kamar dan otomatis pasti kamu punya 4 orang temen lainnya yang juga tinggal disatu rumah dong? Iritologi, biasa anak rantau.

Biar kalian enggak pada makan hati setiap hari, mending kalian buat jadwal piket setiap harinya. Jadi semua yang tinggal dikontrakan bakalan dapet jatah kerja deh, dan enggak cuma jadi bos aja didalem kontrakan. Poin ini juga bisa dibuat jadwal ngebersihin rumah bareng-bareng. Ya, sistem gotong royong. Misalkan seminggu sekali, kalian punya kesepakatan untuk sama-sama ngebersihin halaman rumah, kamar, ruang istirahat, kamar mandi, dan lain-lain. Jadi kebersamaannya tuh dapet banget deh.




3. Ada yang Ga Suka? Omongin Secara Langsung!


Hal ini yang biasanya bikin suatu pertemanan didalem kontrakan bisa pecah! Misalkan kamu ada rasa enggak suka sama salah satu temen kamu, mungkin karna dia enggak pernah ikut kerja bakti kontrakan, atau mungkin karna dia suka ngupil. Pokoknya kebiasaan yang bikin kamu gedek banget deh.

Nah, jangan suka dipendem didalam hati ataupun diomongin ke temen kamu yang lainnya dari belakang. Seharusnya kamu langsung memberanikan diri buat ngomong langsung didepan temen yang enggak kamu suka, kamu nasehatin dia biar enggak bikin ulah yang dibenci sama temen kontrakan lain.

Pasti semua udah dewasa dong? Dan dengan cara itu, seseorang bisa berubah kok.




4. Buat Iuran (Kas) Kontrakan


Ini juga enggak kalah penting loh. Usahakan setiap hari kalian selalu ngisi uang kas untuk kontrakan, yang nantinya bakal digunain untuk bayar sesuatu kaya listrik, air, wi-fi (kalo dikontrakan pasang wi-fi), atau kalo kalian pengen masak sendiri kan uang iurannya bisa dibeliin bahan-bahan dapur. Dengan cara ini kalian juga bisa lebih irit loh, karena dirantau pasti kalian sering banget kan makan diluar? Kalo makan dirumah, pasti lebih irit.

Coba dimulai dari 10 Ribu perhari, gak berat banget kok. Kasih duit iuran ke temen kamu yang bisa dipercaya, seolah-olah dia adalah bendahara di kontrakan kamu.




5. Sering Berinteraksi Antar Sesama Penghuni Kontrakan


Poin paling penting, meskipun 4 poin diatas juga enggak kalah penting. Ini yang sering banget bikin perpercahan diantara temen kontrakan. Biasanya sih, orang yang kaya gini nih yang bikin gedek banget. Makanya, usahakan setiap hari kalian selalu berinteraksi. Jangan cuma sekedar basa-basi enggak jelas nanya kabar (kan kalian satu kontrakan?).

Banyakin juga ngumpul bareng diruang keluarga ataupun diluar rumah biar kalian makin kompak, dan ngebuat orang yang belum satu pemikiran sama kamu bakal berubah. Dengan cara ini dijamin kalian bakal klop banget deh!

Oke, setelah kamu baca 5 tips ngontrak bareng temen biar awet diatas semoga bisa memberikan kamu pelajaran ya. Apalagi buat kamu yang lagi punya rencana pengen ngontrak, gunain tuh tips-tips diatas, dijamin pertemanan kamu bakalan langgeng deh!




Nah, poin-poin diatas tadi gan semoga bisa agan praktekin ya kalo agan punya rencana pengen ngontrak bareng temen. Ane yakin, gak sedikit dari kaskuser yang juga lagi menjalani hari-harinya sebagai mahasiswa. Ada yang mahasiswa baru (maba), ada juga yang mahasiswa lama (tua), *ups*


Sumber : kaskus / adeknyaeinsten

0 Response to "5 Tips Ngontrak Bareng Teman di Perantauan"