HotCopas.net

6 Kesalahan Besar yang Pernah Terjadi dalam Dunia Militer

SELAMAT DATANG AGAN-AGAN SEMUA
APA KABARNYA SEMUA ? SEMOGA SEMUA DALAM LINDUNGAN SERTA RAHMAT TUHAN YME


 Perang sudah ada sejak awal peradaban manusia ada dan manusia juga sudah membuat banyak kesalahan bahkan lebih lama dari perang itu sendiri. Ketika kedua hal yang paling alami dari kebiasaan manusia (membuat kesalahan dan berperang) digabungkan hasilnya adalah tragedi. Ketika sebuah kesalahan militer terjadi, tidak hanya nyawa tapi nasib seluruh bangsa bisa berubah.





Perjanjian Munich:


Siapa: Inggris, Perancis, Italia dan Jerman
Kapan: September 30, 1938
Dimana: Munich

Perjanjian Munich adalah perjanjian yang dilakukan untuk memutuskan nasib Cekoslovakia. Perjanjian ini dihadiri oleh Adolf Hitler, Neville Chamberlain, Edouard Daladier dan Benito Mussolini pada tahun 1938. Jerman menginginkan agar Cekoslovakia dipecah sehingga Sudetenland yang mayoritas penduduknya adalah Jerman bisa digabungkan dengan Jerman Raya. 


Demi upaya untuk mencegah perang dunia kedua, perdana menteri Nevile Chamberlain, bersama dengan Benito Mussolini, dan Édouard Daladier menandatangani perjanjian peredaan di Munich. Pada dasarnya Chamberlain mengatakan Hitler bahwa dia bisa memiliki Sudetenland selama itu semua yang ia inginkan.Tetapi sebaliknya, Jerman menaklukan seluruh Ceko, dan malah semakin menguatkan angkatan perangnya dan menjadi kuat dengan menguasai Ceko.



Perang Vietnam



Siapa: Republik Vietnam, Australia, Selandia Baru, Korea Selatan dan Amerika Serikat vs Vietnam Utara, Cina, Uni Soviet dan Viet Cong.
Kapan: 1959-1975
Dimana: Vietnam
 


Keterlibatan militer A.S di Vietnam telah dikatakan salah satu kesalahan terburuk dalam sejarah AS. Dukungan AS untuk Republik Vietnam melawan Korut yang komunis adalah bagian dari penahanan pemerintah strategis komunisme dan perang dingin. Setelah perjuangan panjang AS dan sekutunya itu gagal menekan komunisme ke Utara dan menderita kerugian sekitar 60.000 personel militer dalam proses. Ini, tentu saja, fatal jika dibandingkan dengan kerugian yang diderita oleh warga sipil Vietnam Selatan, diperkirakan sekitar satu setengah juta. Keunggulan tentara dan teknologi AS gagal memerangi taktik perang gerilya pemberontak Viet Cong dan Tentara Vietnam Utara.



Serangan Sia-sia Di Dieppe:


Siapa: Kanada dan Inggris vs Nazi
Kapan: 19 Agustus 1942
Dimana: Dieppe

Pada tanggal 19 Agustus 1942, 5.000 tentara infanteri Kanada, bersama dengan seribu pasukan Inggris (banyak dari mereka adalah anggota pasukan khusus) menyerang pelabuhan Perancis Dieppe di Selatan Pantai Inggris. Hal itu seharusnya upaya untuk menempati lahan Nazi yang diduduki di Eropa, tetapi berakhir dengan bencana. Setelah sembilan jam pertempuran sengit melawan musuh, lebih dari 1.000 tentara tewas dan 2.000 ditawan.  

 

Beberapa sejarawan berspekulasi bahwa itu merupakan upaya untuk menunjukkan kepada Amerika Serikat betapa sulitnya serangan di tanah Eropa. Sejarawan David O'Keefe mengklaim hal itu benar-benar serangan besar pasukan khusus yang sebenarnya tidak perlu sama sekali.



Luftwaffe Tidak Membantai Habis RAF:

Siapa: Jerman vs Inggris
Dimana: Inggris
Kapan: 1940

Germany Luftwaffe (Angkatan Udara Jerman) mampu untuk menghancurkan RAF (Royal Air Force / Angkatan Udara Inggris) sepenuhnya pada 1940. Luftwaffe yang memenangkan pertempuran penting untuk dominasi udara di bagian Eropa mereka berhasil membuat Inggris gentar. Secara luas diyakini mereka mampu untuk menghabisi RAF, dengan kelebihan mereka yang memiliki kontrol hampir penuh dari langit di atas Eropa Utara.

Namun, Hitler memutuskan untuk memberitahu Luftwaffe untuk menyerang kota-kota Inggris dan target darat lain, daripada memprioritaskan menyerang RAFdan pangkalan udara. Karena mereka mengalihkan perhatian mereka jauh dari pangkalan udara RAF dan ke tempat-tempat seperti London, ini memungkinkan AU Inggris untuk mendapatkan diri mereka kembali ke kondisi pertempuran.
 

Banyak warga sipil tewas dalam serangan bom di kota-kota besar seperti London, tetapi karena Luftwaffe meninggalkan fasilitas RAF yang relatif tak tersentuh sama sekali dalam periode ini, Inggris mampu kembali menghidupkan AU-nya dan bergabung bersama pasukan udara dari sekutu. Yang berarti bahwa Jerman harus membatalkan invasi mereka ke Inggris.



Menyerang Rusia Ketika Musim Dingin:

Siapa: Jerman
Dimana: Rusia
Kapan: Juli-Agustus 1943

Ada hal unik yang diajarkan Napoeleon, bahwa menyerang Rusia selama musim dingin adalah sama seperti berjalan telanjang melalui salju dengan sepotong daging mentah yang terikat pada alat kelamin. Pemimpin Jerman dengan kumis modis membuat sejumlah kesalahan dalam usahanya untuk mengambil Rusia.

 

Pertempuran Kursk dianggap sebagai salah satu pertempuran paling mematikan sepanjang masa. Hampir 3.500.000 laki-laki dan lebih dari 10.000 tank terlibat. Hal ini sering disebut sebagai titik balik yang membuat Jerman mundur dan akhirnya kalah.



Penyerangan Pearl Harbour:


Siapa: Jepang
Dimana: Amerika Serikat
Kapan: 7 Desember 1941

Mudah untuk mengatakan bahwa serangan terhadap Pearl Harbour adalah keputusan terburuk yang dibuat oleh orang Jepang sampai akhirnya ada ide yang mungkin lebih konyol di Jepang, seperti Pepsi dengan rasa yoghurt.
 



Serangan ini mungkin dimaksudkan untuk mencegah AS masuk ke Asia Pasifik. Serangan bom di Pearl Harbour menghancurkan beberapa bagian dari armada Amerika tetapi beberapa kapal yang paling penting sedang berada di laut lepas dan karena itu selamat dari serangan mendadak tersebut. Pada akhirnya, semua serangan yang Jepang lakukan adalah menarik AS masuk ke dalam perang. Jika Jepang tidak menyerang Pearl Harbour maka setidaknya kita tidak akan bisa menyaksikan salah satu film perang yang dibintangi Ben Affleck.



Sumber : kaskus / mr.sirait

0 Response to "6 Kesalahan Besar yang Pernah Terjadi dalam Dunia Militer"