HotCopas.net

Di Jaman Modern Ini, Masihkah Orang Tua Menemani Anak Belajar?


Hari sabtu kemaren ane naik commuter line, biasa dah mau ketemu temen sekalian ngomongin bisnis hehe. Nah, hari sabtu itu banyak bener bapak yg ngajakin jalan anaknya yg masih bocah. Jadi keinget almarhum bapak ane gan, dulu sering naik kereta terus diajak ke jakarta kota buat ngeliat museum.
Ada satu anak yg ngeliat ke luar jendela mulu sambil nanya ke bapaknya, "ini apa?", "itu apa?". Dan bapaknya sabar bener ngeladenin anaknya yg penasaran, ane juga jadi ikut ngedengerin terus dapet ilmu baru juga gan hehe. Nah di situ ane mikir, berapa banyak ye orang tua yg masih ngajarin anaknya kaya si bapak itu. Setau ane bapak2 sama ibu2 jaman sekarang kaya udah sepenuhnya ngasih kepercayaan sama sekolah buat ngajarin anaknya sampe pinter, terus lepas tangan gitu aja dan ga merhatiin pendidikan anaknya di rumah.

Contoh aja nih gan, ane udah punya anak dan ngerasa nyesel karena pas anak libur, ane harus kerja juga demi ngasih makan sama nyekolahin anak. Dan saat itu, ane sadar kalo ane udah lama banget ga ngajarin anak belajar di rumah, ataupun ngajak jalan sambil belajar gitu. Padahal tanggung jawab orang tua kan bukan cuma nyediain duit banyak, tapi juga ngasih pendidikan di rumah yg banyak manfaatnya.




Bikin Anak Semangat


Seinget ane, pas diajarin sama almarhum bapak sih jadi semangat banget belajar dan seneng aja bareng sama bapak ane soalnya dikasih hadiah juga buat motivasi kali ye gan. Akhirnya jadi rajin belajar, rajin sekolah dah hehe.



Bisa Bikin Anak Lebih Kreatif


Iye bener ini gan, kalo di sekolah kan terbatas buat nanya tapi pas belajar sama orang tua itu bebas dan ga perlu takut nanya hal yg ga ngerti pas di sekolah. Kadang anak suka takut kan sama guru karena beberapa alesan. Karena bebas itulah yg bikin imajinasi anak jadi berkembang apalagi kalo belajarnya sambil jalan2 gitu ngambil contoh dari lingkungan sekitar.



Jadi Makin Akrab Sama Anak


Nah ini sih yg paling penting, ane ngerasa deket sama bapak ane karena sering diajarin pelajaran sekolah di rumah, atau ga jalan2 ke museum. Ga cuma itu, di sela2 belajar bisa curhat juga jadi ane udah ga sungkan lagi buat cerita apa aja.



Jadi Makin Pinter


Ya iyalah gan namanya juga bejalar jadi makin pinter lah. Kan belajar ga perlu di sekolah juga, tapi di rumah juga bisa. Kan kita juga tetep harus ngontrol pendidikan anak di rumah, jangan sampe anak punya masalah di sekolah tapi kita ga tau. Kita juga harus bantu supaya anak kita bisa paham pelajaran biar masa depan anak lebih terjamin.



Jadi Makin Berani Nanya


Anak yg ditemenin belajar sama orang tuanya menurut ane cenderung lebih berani buat nanya karena udah dibiasain. Banyak nanya itu bagus juga buat perkembangan anak loh gan, ga nutup kemungkinan juga kita bisa tau dia lebih interest ke arah mana. Kan kita jadi bisa ngarahin dia sesuai bakat sama ketertarikannya. Nanya itu bukan berarti dia bodoh, tapi karena dia mau belajar.
  Selain itu, sepenglihatan ane ada beberapa dampak buruk yg muncul karena kurang adanya pengawasan orang tua di rumah. Misalnya banyak anak kecil yg ngomongnya kasar bener bahkan ga sopan sama orang tuanya sendiri, mulai nonton tontonan yg ga sesuai sama umurnya, nganggep kalo sekolah ga penting buat masa depannya. Makanya orang tua juga punya peran yg besar banget buat ngedampingin anak biar ga melenceng dan dapet penjelasan yg bener dari ortunya. Masih banyak sih manfaat lainnya, kalo agan punya ide ya bisa gan komen dimari hehe. Satu lagi gan, ada lagi nih beberapa hal yg harus agan perhatiin pas mau nemenin anak belajar biar lebih ngefek ke anak:

- Cari tau apa yg anak pelajarin di sekolah
- Sesuain metode belajar sama karakter anak
- Sambungin sama hobi anak bisa juga gan, misalnya main game
- Sambungin pelajaran sama hal atau peristiwa yg ada di sekitar anak sesuai umurnya
- Ajak dan kasih penjelasan ke anak buat bertanggung jawab sama pendidikan demi masa depannya sendiri
- Jangan ngajak anak belajar lama2, maksimal sejam juga cukup gan
- Agan harus belajar banyak hal baru supaya bisa jelasin ke anak
- Pilih bahan ajar yg bagus, tepat, dan cocok buat anak2

  Pesan ane:
Jadi orang tua itu ga sekedar nyari duit, tapi harus pinter juga karena kalo orang tuanya pinter, anaknya bisa jauh lebih pinter. Ini bukan pinter akademis doang gan, tapi orang tua harus jadi contoh yg baik dalam banyak hal, termasuk perbuatan. Anak itu unik, coba dah ajarin sesuai sama karakter anak. Jangan pernah ngebandingin anak agan dengan anak orang lain karena itu bisa ngancurin rasa percaya dirinya. Sebagai orang tua, kita wajib nemenin anak belajar walaupun ga tiap hari tapi ya berusaha dah luangin waktu. Oiya, belajar bukan cuma yg berhubungan sama akademis yak, tapi segala hal yg ada di dunia ini bisa dijadiin bahan belajar buat anak.

Nah kapan nih terakhir kali agan nemenin anak belajar? Kalo ane sih baru mau mulai lagi gan hehe, terakhir pas anak masih TK. Maklum gan, ane sibuk karena buka usaha sendiri. Kalo yg belom punya buntut, kapan terakhir kali agan belajar bareng orang tua? Ane mau tau masih ada ga yg ngelakuin hal kaya begini hehe.



Sumber : kaskus / bobbylux

0 Response to "Di Jaman Modern Ini, Masihkah Orang Tua Menemani Anak Belajar?"