HotCopas.net

Inilah Bahaya Penggunaan Headphone Secara Berlebihan

Pada waktu kita merasa jenuh dan bosan karena tidak ada kegiatan, kita seringkali mengalihkan perhatian kita dari dunia dan memfokuskan untuk menenangkan diri mendengar musik favorit kita. Dengan cara yang beragam untuk mendengarkan musik, penggunaan headphone adalah yang paling favorit. Tanpa sadar kita telah menurunkan kemampuan pendengaran kita dengan penggunaan hedphone secara berlebihan.

Beberapa orang bahkan tidak memikirkan lebih jauh bagaimana efek samping dari penggunaan headphone ini. Untuk itu saya akan coba membahas tentang beberapa efek samping dan saran penanggulangan bahaya penggunaan headphone secara berlebihan.


 Mana yang Lebih Buruk Dampaknya, Earphone atau Headphone?


Sangat jelas pastilah earphone yang lebih buruk dampaknya. Karena earphone yang bentuknya kecil ini akan lebih rapat menutup telinga kamu ketimbang headphone yang hanya menutup telinga di bagian luarnya saja. Sebelum saya membahas apa saja berbagai efek sampingnya, akan saya beri penjelasan terlebih dahulu ya. Kebiasaan kita yang satu ini tanpa kita sadari dapat menjadikan telinga cedera. Hal ini dapat terjadi jika kita menggunakan headphone dengan volume yang tinggi. Berdasarkan penelitian, efek buruk datang jika menggunakan earphone selama lima jam dalam seminggu. Dampaknya adalah kerusakan permanen pada telinga, kemungkinan terbesar hal itu terjadi pada usia muda.




“Saat ini mungkin dampaknya belum terlihat, namun kelak akan terasa. Mendengarkan pemutar musik personal secara reguler dalam volume tinggi ketika muda sering kali tidak berdampak pada pendengaran. Namun, kelak kemampuan mendengar bisa menghilang", jelas salah seorang peneliti pada International Herald Tribune.


dampak negatif penggunaan earphone/headphone Secara Berlebihan


1. Kerusakan permanen pada telinga

Kamu bisa mengalami hal ini jika telinga kamu sudah tidak kuat lagi menahan tingginya tingkat volume pada headphone kamu. Terlebih jika kamu menggunakan earphone (yang kecil). Akan berdampak lebih buruk tentunya karna tipe earphone lebih menutup telinga sehingga telinga kamu akan sangat rapat dan kedap terhadap suara di luar.

2. Kehilangan pendengaran di usia 20-an

Berdasarkan penelitian, efek penggunaan earphone atau headset yang berlebih ini memang tidak akan langsung terasa akibatnya. Kerusakan pendengaran jika menggunakan headset atau earphone yang berlebihan ini akan muncul secara perlahan. Biasanya efek akan mulai terasa di usia 20-an. Di usia itu si penderita akan mulai kehilangan pendengarannya.

3. Kerusakan otak

Gelombang elektromagnetik akibat earphone atau headset ini diduga berpengaruh terhadap listrik otak. Terbukti gelombang elektromagnetik ini berpengaruh pada listrik otak seekor tikus. Namun, hingga saat ini belum diketahui seberapa besar efek dari gelombang elektromagnetik itu pada otak manusia. Tapi yang jelas kamu harus tetap waspada ya.

4. Pengaruh ke ambang pendengaran

Paparan musik dengan earphone atau headset dapat mempengaruhi ambang pendengaran manusia. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penurunan pendengaran akan berlangsung secara perlahan jika kamu menggunakan headphone ataupun earphone dengan volume yang tinggi dan dalam waktu yang lama. Untuk itu kamu harus menggunakan earphone atau headset ini sesuai kebutuhan saja, jangan berlebih. Mengenai tingkat suara, suara tingkat ringan untuk dewasa berada antara 25 hingga 40 desibel, sedangkan anak-anak 20 hingga 40 desibel. Bertingkat semakin tinggi hingga suara terberat berkualitas 90 desibel atau lebih yang masih dapat didengar.

5. Menyebabkan jerawat pada area sekitar telinga

Pada beberapa kasus, banyak orang yang mengaku berjerawat di area sekitar telinga. Memang sepertinya bukan jerawat tapi mirip seperti jerawat karna akan terasa sakit bila ditekan.




Lalu Bagaimana Pencegahannya?



PERTAMA

Hindari penggunaan headphone di tempat yang ramai karena otomatis kamu akan meningkatkan volume melebihi ambang batas karena suara bising di luar.



KEDUA


Batasi penggunaan earphone ataupun headphone. Pastinya kamu sering nggak sadar berapa lama kamu mendengar musik lewat headphone kan? Untuk itu mulai sekarang harus lebih dibatasi ya.



KETIGA


Lebih baik jika kamu beralih menggunakan headphone (yang besar) ketimbang kamu menggunakan earphone (yang kecil). Karna jika kamu menggunakan earphone telinga kamu akan lebih tertutup rapat.



KEEMPAT


Jangan menggunakan earphone ataupun headphone pada saat tidur karena secara tidak sadar kamu akan terus mendengarkan musik pada saat kamu tertidur. Hal ini sering dialami oleh kebanyakan orang dan dalam suatu kasus penggunaan earphone pada saat tidur telah merenggut nyawa.

Itulah beberapa bahaya penggunaan headphone dan earphone. Semoga setelah membaca ini kamu bisa lebih mempertimbangan dalam penggunaan earphone ataupun headphone ya. Akan lebih baik lagi jika kamu mendengarkan musik menggunakan speaker supaya intensitas suara yang kamu dapatkan lebih kecil daripada menggunakan headset ataupun headphone. Sekian tips dari saya semoga bermanfaat


Sumber : kaskus /  androbotcop

0 Response to "Inilah Bahaya Penggunaan Headphone Secara Berlebihan"