HotCopas.net

Mengintip " Desa Hantu " di Kaki Gunung Sinabung

Para juragan masih ingatkah musibah 5 tahun lalu? Dimana salah satu dari 120 gunung berapi aktif yang ada di Indonesia tiba2 meletus .
Yak betul agan agan, gunung yang meletus itu adalah gunung sinabung. Sinabung mengejutkan para ilmuwan dan banyak orang karena setelah meletus tahun 2010 gunung berapi setinggi 2.460 meter itu masih meletus secara sporadis (artinya tidak tentu gan, sewaktu-waktu bisa meletus lagi).
Letusan awal saat itu menewaskan 17 orang dan mengubur desa-desa di Bekerah pada 2013 dan Suka Meriah pada 2014. Warga enam desa lainnya juga terpaksa meninggalkan rumah mereka. Banyak desa dan rumah-rumah serta perabotannya yang hancur ditinggalkan penduduk.

Penampakan desa2 mati yang ditinggalkan itu lah gan yang sekarang Nampak seperti “desa hantu” dan menyimpan histori betapa ganas dan bahayanya letusan gunung sinabung waktu itu.



Langsung aje gan ini dia beberapa penampakannya 

  
01:


Kendati tidak hancur oleh abu vulkanik, desa Sukanalu juga terpaksa dikosongkan gan karena tingginya potensi erupsi. Gunung Sinabung bisa meletus setiap saat tanpa peringatan.


 
02:  


Puncak Sinabung menjulang dari balik jendela rumah penduduk di desa Simacem. Kondisi di desa-desa sekitar gunung api ini merekam detik-detik terakhir ketika kehidupan penduduk terhenti secara tiba-tiba menyusul letusan tahun 2010 silam gan.



03

tak ada yang tersisa gan



04


Penduduk tidak punya waktu untuk mengosongkan seisi rumah ketika evakuasi gan. Kebanyakan cuma membawa benda-benda berharga yg mudah dibawa saja yang ditinggalkan juga penampakanya jadi ngeri gan 



05:


karena proses evakuasi yang berlangsung cepat para petugas evakuasi tidak mengizinkan pemilik rumah membawa serta perlengkapan elektronik di rumahnya gan. Salah satunya adalah tape recorder yang hangus dilumat abu panas ini. tertinggal dan terlupakan



06


rongsokan mobil di desa Simacem ini menjadi saksi bisu keganasan letusan gunung pada saat itu gan 



07


jadi lebih antik dan berkarat gan



08


saksi bisu keganasan abu vulkanik gan, jadi tertimbun dan usang



 09:


rumah warga yang terpaksa ditinggalkan



10



masih nampak bekas abu vulkaniknya gan



11:  


tak ada sisa gan terlahap semua oleh letusan gunung sinabung


12


Rumah-rumah penduduk di desa Sibintun yang kini ditinggalkan mulai ditumbuhi tanaman liar gan. alam merebut kembali haknya 


itu dia gan beberapa foto penampakan keadaan wilayah yang terkena letusan maupun dampak dari meletusnya gunung sinabung lima tahun silam. Lebih dari 30.000 orang harus mengungsi setelah wilayah seluas 7 kilometer sekitar Sinabung dinyatakan terlalu berbahaya dihuni gan
Dan saat ini, 6.200 orang masih tinggal di tempat penampungan sementara yang didirikan oleh pemda atau tinggal dengan kerabat sambil menunggu direlokasikan ke permukiman baru. Mari kita doakan gan semoga semua para pengungsi ini bisa segera mendapatkan tempat relokasi yang baru 

Sekian gan trit ane kali ini, semoga foto2 diatas dapat memberikan hikmah kepada kita gan. Memang betapapun canggihnya alat2 teknologi sekarang tetap saja gerak gerik alam tidak bisa diprediksi secara tepat, kita hanya bisa mengantisipasi dan menduga2 kejadian alam yang akan terjadi.



Betapa alam bisa sangat berbahaya bagi kita jika kita tak peduli dan hanya merusaknya, tetapi juga alam bisa bersahabat jika kita memperlakukannya dengan baik gan.



Sumber : kaskus /  m00n2718

0 Response to "Mengintip " Desa Hantu " di Kaki Gunung Sinabung"