HotCopas.net

Negara Baru yang Diprediksi Akan Muncul di Masa Depan

Sejak zaman dahulu, banyak sekali negara atau mungkin kerajaan yang muncul hingga akhirnya tenggelam. Di dalam negeri kita mengenal Majapahit, dan Sriwijaya sebagai kerajaan Nusantara yang hebat. Semuanya hancur karena adanya perang di masa lalu yang tak bisa dihindarkan lagi.

nah Kali ini giliran negara-negara baru yang bermunculan dan mulai menyatakan diri sebagai wilayah yang berdaulat. Meski kebanyakan dari mereka belum resmi namun bisa diprediksi di masa depan akan muncul negara baru yang banyaknegara yang memiliki kemungkinan besar akan muncul dalam beberapa tahun ke depan. Mari kita simak (calon) negara apa sajakah yang akan muncul yg udah ane rangkum.



Bougainville

Bouganville adalah wilayah konflik yang terletak di Papua Nugini. Sejak tahun 1988-1998 telah terjadi perang sipil hingga menyebabkan 20.000 orang tewas. Akhirnya Papua Nugini melakukan perbaikan wilayah di Bougainville dan membiarkan mereka melakukan pemerintahannya sendiri meski dalam pengawasan yang ketat. Orang di Bouganviller memutuskan untuk membuat sistem pemerintahannya sendiri yang resmi. Diperkirakan sekitar lima tahun ke depan masyarakat di Bougainville akan melakukan referendum untuk bisa bebas dan menjadi negara sendiri terlepas dari Papua Nugini.



Khalistan


Khalistan adalah calon negara yang dikumandangkan oleh penganut Sikh di India. Sekitar tahun 1947 kelompok agama minoritas ini mencoba untuk mengumandangkan negara independen. Namun Pemerintah India tidak mau memberikan kesempatan hingga akhirnya sering terjadi perang antara dua belah pihak. Lambat laun orang yang menginginkan Kalistan menjadi bisu mengenai isu negara. Mereka melakukannya karena alasan keamanan. Namun sekitar 10 November 2015 seorang pimpinan Sikh mempublikasikan sebuah resolusi baru dalam agama Sikh. Dan ide untuk menjadi negara baru belumlah hilang.



United States of Europe


Saat ini Eropa telah bersatu menjadi Uni Eropa dengan mata uang dan beberapa kebijakan yang sama. Meski demikian mereka tetap sekelompok negara berbeda dengan pemerintahan yang beraneka ragam. Keadaan Eropa yang sudah mulai sama satu sama lain membuat beberapa orang melemparkan ide untuk menyatukan semua negaranya. Nantinya jika memang terjadi, Eropa akan menjadi satu negara. Tidak ada lagi negara Prancis Swiss, hingga Spanyol. Semuanya menjadi satu wilayah dalam bendera United States of Europe. Ide ini nampaknya akan sulit, namun bukan tidak mungkin akan terjadi di Eropa berpuluh tahun lagi.



East Turkestan


East Turkestan adalah sebuah negara yang diharapkan akan berdiri di provinsi Xinjiang, China. Provinsi yang terletak di sebelah timur China ini memiliki penduduk yang mayoritas adalah seorang Muslim. Kita sering mengenalnya dengan nama Muslim Uighur. Penduduk di provinsi menemui banyak sekali kesulitan dalam menjalankan ibadahnya karena pemerintah China banyak sekali memberi larangan. Akhirnya untuk melindungi agama dan juga budaya, Muslim Uighur melakukan gerakan pemberontakan. Banyak sekali separatis yang terbentuk untuk berperang melawan Pemerintah China. Sampai saat ini sudah puluhan ribu Muslim Uighur meregang nyawa untuk membuat negara impiannya berdiri di wilayah negara komunis, China.



Ryukyu


Ryukyu adalah nama suku yang ada di Kepulauan Okinawa, Jepang. Saat perang dunia ke-II terjadi perang ini dijadikan pangkalan perang oleh Jepang sebelum akhirnya dikuasai oleh tentara Amerika. Setelah semua masalah selesai, Okinawa dikembalikan lagi ke Jepang dengan beberapa aturan yang antara lain pangkalan militer Amerika tetap ada di sana. Penduduk Okinawa sebenarnya menginginkan adanya kemerdekaan. Mereka tidak ingin berada di bawah Jepang yang terlalu banyak melakukan kejahatan perang di masa lalu. Akhirnya muncul banyak sekali separatis yang memprotes adanya kemerdekaan. Gerakan ini tetap ada hingga sekarang dan di masa depan merdeka adalah hal yang mungkin terjadi.



Catalonia


Catalonia adalah sebuah wilayah yang terletak di Spanyol. Sejak tahun 1975 wilayah ini mulai melakukan pemerintahannya sendiri dan menjadi semi independen. Catalonia memiliki bahasa, budaya, dan kebiasaan hidup yang berbeda dengan semua daerah di Spanyol. Bahkan di masa lalu mereka pernah merdeka dan menjadi sebuah wilayah mandiri. Wilayah Catalonia memiliki sekitar 16% penduduk dari total di Spanyol. Selain itu mereka juga menyumbang sekitar 19% GDP bagi pemerintah pusat. Jika Spanyol melepas mereka maka penghasilan negara akan menurun drastis. Pasal banyak sekali pajak yang dikeluarkan warga Catalonia dan menjadi aset bagi Spanyol. Ke depannya Catalonia akan terus memberi tekanan hingga menjadi wilayah yang merdeka.



Divided Belgium


Sejak tahun 1993 pemerintah Belgia telah memberikan otonomi untuk daerah yang terletak di Flander. Wilayah ini diberi kebebasan karena memiliki budaya yang berbeda dengan semua wilayah di Belgia. Selain itu bahasa yang digunakan pun juga berbeda. Di wilayah Flander orang-orang menggunakan Bahasa Flemish yang merupakan bentuk lain dari Bahasa Belanda. Sedangkan sisa wilayah di Belgia menggunakan Bahasa Prancis. Orang-orang di Flander menginginkan wilayahnya menjadi negara yang mandiri. Alasannya adalah untuk melindungi budaya yang terbentuk dengan unik. Jika wilayah ini tetap menjadi wilayah Belgia kemungkinan besar akan ada asimilasi. Well, namun sepertinya memisahkan diri bukan perkara mudah meski masih ada kemungkinan

 PENUTUP
Itulah beberapa negara yang diprediksi bisa muncul di masa depan. Apa pun yang terjadi kelak, entah jadi negara atau tidak, semoga kedamaian tetap ada di dunia ini. Jangan sampai perang justru membuat semua jadi rusak dan tecerai-berai.



Sumber : kaskus /  akunku.dibanned

0 Response to "Negara Baru yang Diprediksi Akan Muncul di Masa Depan"