HotCopas.net

Virus Meme Membuat Jati Diri Warga Indonesia Berubah


Meme.. uhh gak ada berhentinya kalo ngomongin virus yang satu ini mungkin udah lebih parah dari virus shorcut dikomputer, kenapa? karena fenomena Meme di Indonesia tampaknya membuat kalangan muda - mudi bahkan gak sedikit orang tua yang menyukainya. 


TS disini membuat judul "Virus Meme" Membuat Jati Diri Warga Indonesia Berubah adalah untuk mengungkap apa aja sih virus Meme yang buat warga Indonesia menjadi sebegitu tertariknya dengan meme?

Oke secara singkat Apa itu meme? Kamus Merriam-Webster mendefinisikannya sebagai “sebuah ide, kebiasaan atau gaya yang menyebar dari orang ke orang dalam suatu budaya”. Istilah meme sendiri pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli biologi asal Britania Raya, Richard Dawkins.

Akar katanya berasal dari bahasa Yunani, yakni mimesis, yang berarti tiruan. Dawkins memaknai meme sebagai suatu unit informasi budaya (berupa pemikiran, ide, gagasan, kebiasaan, lagu) yang membentuk pola-pola kebudayaan tertentu.
Ia menganalogikan meme dengan gen, gen seperti yang ada di tubuh manusia. Oleh karena meme dianalogikan sebagai gen, maka dapat kita ketahui bahwa meme memiliki ciri serupa dengan gen. Dalam bukunya yang berjudul The Selfish Gene dijelaskan jika gen berkembang biak dalam kolam gen dengan meloncat dari tubuh ke tubuh melalui sperma dan sel telur, maka meme berkembang biak dalam kolam meme dengan meloncat dari otak ke otak melalui suatu proses, yang dalam pengertian luas, disebut imitasi (Dawkins, 2006).

Untuk membuka thread ini, maka ane akan kasih tau sejarah karakter meme. bisa ente liat dimari gan


Cara Berkomentar dan Berperilaku Seperti "Herp":


Kebetulan di Pesbuk ane punya temen - temen yang agak menggilai kehidupan meme nih gan. Penampakannya :


Bisa diliat dari foto profile nya sampe postingannya pun mendeskripsikan kalo dia suka dengan karakter meme ini gan




Pencarian dikolom search pesbuk:



Berkembangnya Meme juga mengakibatkan banyak pages atau group mengatas namakan "meme" pada nama fans page nya


dan.. gak hanya itu gan !
Sampe - sampe meme yang tadinya berupa gambar pun ada juga lho yang niat bikin video meme, atau yang mereka sebut ViMe





Kesimpulan TS dithread ini :
Munculnya fenomena meme saat ini merupakan fenomena khas era internet sekarang ini. Informasi yang beredar tidak lagi one step flow of communication (komunikasi satu arah), tetapi two step flow of communication (dua arah) atau bahkan multi step flow of communication (banyak tahap). Komunikasi satu arah hanya dari komunikan ke komunikator. Sementara itu komunikasi dua arah menjadi ciri komunikasi masyarakat modern. Komunikan tidak saja selamanya menjadi komunikan, bahkan komunikan juga bisa menjadi komunikator.

Sebagai masyarakat yang hidup di era globalisasi, sudah selayaknya manusia selalu mengasah kepekaan terhadap kehidupan sosial di sekitarnya. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama. Internet meme merupakan media alternatif yang dapat digunakan untuk mengasah kepekaan terhadap sekitar. Banyak internet meme yang mengandung pesan moral yang kadang diabaikan masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan lebih selektif dan teliti dalam memanfaatkan media sosial.

Orang Indonesia lebih suka menyampaikan kritik melalui meme dikarenakan cara ini adalah cara yang fun atau cara yang menarik contoh nya TS ini gan. Namun dampak yang ditimbulkan cukup besar, Meme yang sering dicari orang Indonesia adalah meme-meme kategori lucu atau fun karena lebih menghibur.

Ilustrasi meme bermanfaat sebagai ilustrasi yang bertujuan untuk menghibur. Dalam dunia desain komunikasi visual, ilustrasi ini juga dapat digunakan untuk bercerita (komik) maupun menuangkan ekspresi seseorang terhadap suatu hal seperti kegiatan dalam kehidupan sehari-hari, sindiran untuk kalangan tertentu (sindiran politik, sosial, budaya, dan lain-lain) sebagai visual.

Cara berkomunikasi melalui ilustrasi meme memiliki manfaat (khususnya dalam dunia maya) seperti sebagai hiburan bagi banyak orang, mengembangkan imajinasi dengan membuat cerita lucu, mengetahui informasi baru secara tidak langsung mengenai fenomena sosial yang ada, dan lain sebagainya. Meme sebagai hiburan memiliki fungsi untuk menghilangkan kejenuhan maupun mengurangi beban pikiran. Karena melalui cerita-cerita lucu, orang akan terhibur dan suasana hatinya akan menjadi lebih baik.

Ane disini bisa tarik kesimpulan bahwa virus meme yang berkembang di Indonesia merupakan suatu penyampaian baik dalam hal cerita, comedy, atau masalah dan sindiran yang tentunya harus tepat dalam penyampaiannya !
Jangan sampe meme dibuat untuk ngebully temen, berkoar sana sini, mengadu domba, dan sebagainya yang merugikan orang lain. bisa bisa masuk penjara kan berabe



Sumber : kaskus / raavi

0 Response to "Virus Meme Membuat Jati Diri Warga Indonesia Berubah"