HotCopas.net

3 Tips Langkah Sederhana Membuka Hati & Pikiran


Mari kita biasakan untuk selalu berfikir disemua keadaan, namun berfikir saja tentu tidak akan membuat segala sesuatu berjalan dengan seharusnya, sehingga disini kita dituntut untuk selalu berimprovisasi disegala keadaan, jadi marilah kita membuka hati bersamaan dengan pikiran kita.



Mulailah dengan Membaca



Membaca salah satu cara mudah untuk memulai membuka hati dan pikiran kita. Contohnya, Saudara menyadari bahwa saudara masih membutuhkan ilmu, maka membaca pilihanya. itu salah satu Cara terbaik membuka hati dan pikiran. Selain itu, Manfaat membaca akan saudara Rasakan Bahwa begitu besar maknanya. Dengan membaca juga saudara akan menemukan hal-hal ilmu baru. Dan akan lebih tahu banyak informasi diseluruh dunia.

Selain menambah wawasan, membaca juga mampu membuat otak selalu aktif setiap waktu. Tidak peduli apapun jenis bacaan Anda, seperti buku, novel, surat kabar, majalah atau ensiklopedia. Manfaat membaca lainnya yaitu mampu memberikan hiburan dan sarana refreshing bagi sebagian orang.

Namun di jaman yang serba canggih ini, kebiasaan membaca sepertinya sudah mulai berkurang, terutama di masyarakat kita. Orang-orang mulai sibuk dengan gadget mereka sendiri.

 
 Nah, bagi Anda yang mungkin merasa malas-malasan untuk membaca, sebaiknya pikirkan lagi. Cobalah meluangkan waktu di tengah-tengah kesibukan Anda. Karena dengan membaca, akan memberikan Anda banyak sekali manfaat. Terutama untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan otak Anda.

 
Manfaat Membaca
 

Manfaat apa saja yang anda dapat dari membaca buku, terutama untuk otak Anda?

Menjaga Keremajaan Otak

Sebuah studi terbaru dari Rush University Medical Center mengungkapkan, bahwa ‘membenamkan’ diri di dalam buku-buku yang bagus dan berkualitas benar-benar dapat memperpanjang umur pikiran Anda.

Ditegaskan pula bahwa orang dewasa yang menghabiskan waktu luang mereka dengan melakukan kegiatan kreatif atau intelektual (seperti membaca) memiliki kemungkinan 32 % lebih lambat mengalami penurunan kognitif di kemudian hari daripada mereka yang tidak. Yang artinya bahwa mereka lebih rendah kemungkinannya mengalami pikun.

Memberikan Kekuatan Bagi Memori

Kebiasaan Anda membaca buku, dapat memacu otak Anda berpikir dan berkosentrasi. Membaca buku memberikan jenis latihan yang berbeda bagi otak Anda bila dibandingkan saat Anda menonton TV atau mendengarkan radio.

Karena pada saat membaca buku, memahami halaman per halamannya, akan mampu meningkatkan kemampuan otak lainnya. Seperti kemampuan berimajinasi, kemampuan bahasa dan pembelajaran asosiatif secara bersamaan.

Meningkatkan Kemampuan Analisa Anda

Bagi Anda yang menyukai buku-buku fiksi dan sering membacanya, mungkin pernah mengalami seperti ini. Di saat Anda membacanya, saat Anda mengikuti alur cerita dalam buku tersebut, Anda mulai menebak-nebak akhir ceritanya atau apa yang terjadi selanjutnya. Jika tebakkan Anda tepat, maka kemampuan analisa otak Anda telah benar-benar terasah.

Tidak hanya itu, saat Anda membaca novel fiksi, Anda secara tidak sadar sudah merangsang otak Anda untuk menganalisis masuk akal tidaknya plot atau alur certia di dalam novel yang Anda baca.

Memberikan Anda Tambahan Kosakata Baru

Orang-orang yang pandai berbicara dan memiliki banyak sekali kosakata yang dikeluarkan saat berbicara adalah orang-orang yang gemar membaca. Dengan rutin membaca buku, perlahan tapi pasti kosakata yang kita milikipun akan bertambah. Karena di dalam buku yang kita baca, buku apapun, selalu mengandung kosakata yang luas. Apalagi jika buku yang kita baca jumlahnya banyak dan beragam jenisnya.

Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Anda

Membaca buku bermanfaat pula dalam meningkatkan kosentrasi dan fokus Anda. Saat Anda membaca sebuah buku, semua perhatian akan terpusat pada cerita atau isi di dalam buku tersebut. Semua pikiran Anda akan terkonsentrasi pada setiap detail cerita atau isi yang sedang berusaha Anda pahami.

Bisa Anda coba untuk membaca buku selama 15-20 menit sebelum memulai pekerjaan Anda. Anda akan sedikit demi sedikit mulai merasakan Anda lebih fokus dan lebih mudah berkonsentrasi dari sebelumnya.

Menghilangkan stres

Ketenangan yang Anda dapatkan dari membaca buku dapat mengurangi tingkat stress atau depresi yang sedang Anda alami. Apalagi jika yang Anda baca adalah buku-buku fiksi, humor, atau buku favorti Anda. Selain itu, buku-buku spiritual dan motivasi juga mampu mengembalikkan semangat Anda.

Menjauhkan risiko penyakit

Aktivitas kognitif seperti membaca, merupakan latihan otak yang terbaik untuk mencegah degenerasi kognitif pada otak. Karena di saat membaca, otak akan dirangsang, dan stimulasi (rangsangan) secara teratur mampu membantu mencegah gangguan pada otak termasuk penyakit Alzheimer.






Biasakan untuk Santai 

Membiasakan diri kita tergesa-gesa, atau membiasakan Terlalu berlebihan, Akan membuat hati dan pikiran kita menurun. Jadi coba Tarik nafas dulu, Lalu pikirkan bahwa segala hal akan lancar. Atau pikirkan hl lain yang menurut saudara susah diselesaikan, kemudian. Bertindaklah.

Jika Anda tidak meluangkan waktu untuk bersantai dan rileks secara teratur, Anda mungkin tidak hanya menempatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda dalam risiko tetapi juga orang lain. Sebagai contoh yang sering terjadi, ketika pikiran dan hati Anda kacau ,tegang, lelah dan stres membuat detak jantung bergerak tidak teratur, dan saat itu Anda sedang mengendarai kendaraan, maka saat itu Anda dalam situasi yang mebahayakan diri anda sendiri, dan jelas juga membahayakan orang lain pula.


  Berkaitan dengan kesehatan kita sendiri dan kesejahteraan emosional, jika kita tidak menyediakan waktu untuk bersantai secara teratur kita menempatkan kesehatan kita dan kesehatan mental pada risiko kegagalan.

 
Manfaat Bersantai
 


Beberapa manfaat Santai Sejenak
  
Meningkatkan kemampuan Anda untuk berkonsentrasi. Santai akan membantu kemampuan Anda untuk menghilangkan gangguan dan memberikan kesadaran indra yang lebih baik.

Meningkatkan kesadaran tubuh, santai membuat Anda lebih tau sesungguhnya siapa diri Anda.

Mempercepat proses penyembuhan setelah cedera dan kelelahan, jika Anda perlu tampil pada tingkat yang optimal dalam waktu dekat dan keadaan Anda sedang sakit, maka cara terbaik untuk melakukan penyembuhan adalah dengan bersantai.

Meningkatkan daya belajar, santai akan menjadikan Anda jauh lebih mudah untuk mendapatkan pemikiran dan ide-ide baru. Kreatifitas akan lebih mudah Anda ciptakan ketika Anda berada dalam keadaan santai dan tidak adanya ketegangan.

Santai membantu Anda tidur lebih baik, meningkatkan energi, menjadikan waktu yang Anda jalani lebih efisien.

Santai menjadikan Anda fokus pada apa yang Anda hadapi dan mampu mengontrolnya.



Beberapa efek dari kurangnya Santai

Sakit kepala, sakit kepala yang umum adalah ketegangan dan migrain. Mengontrol ketegangan dan santai dapat membantu migrain.

Kelelahan kronis, tubuh Anda dalam kelelahan total. Ketika Anda kekurangan relaksasi Anda menderita kekurangan energi total dan kekurangan motivasi sepanjang waktu.

Gangguan Kardiovaskular, yaitu: tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan serangan jantung.

Masalah gastrointestinal, yaitu: diare, sembelit dan tukak lambung serta gangguan pencernaan dan mulas.

Sistem kekebalan tubuh yang buruk, menjadi rentan terhadap penyakit.


 
  Peringatan dini tanda-tanda bahwa kita perlu istirahat dan bersantai

Menguap / mendesah.

Kurangnya konsentrasi.

Merasakan ada dorongan, peregangan, gerakan pada otot-otot di bagian tubuh.

Penurunan kinerja.

Perasaan stres dan mudah tersinggung.

Sering melakukan kesalahan.

Kelelahan.

Jika Anda menyadari tanda-tanda bahwa Anda perlu istirahat dan memperhatikannya, Anda bisa menghindari banyak stres dan kelelahan, Anda akan lebih rasional dan fokus, dan lebih siap untuk menghadapi hari, dan jauh lebih sehat.




Mengendalikan Amarah / Emosi Berlebihan


Amarah / emosi berlebihan ada karena manusia diciptakan dengan amarah untuk menjaga diri dari hal-hal berbahaya di lingkungan sekitarnya. Kemampuan setiap orang untuk mengatasi amarah pun berbeda-beda, tergantung dari lingkungan sekitar anda. Tidak dipungkiri bahwa tingkat pendidikan seseorang juga berdampak besar kepada kemampuan mengatur amarah, namun jika anda belajar secara terus menerus untuk mengendalikan amarah, latar belakang tidak menjadi masalah untuk anda.

Setiap orang akan selalu mengharapkan jalan hidupnya untuk terus aman, damai dan tentram. Entah dalam lingkungan keluarga, di kampus atau dimanapun anda berada. Namun siapa sangka, jika suatu waktu anda dapat terlibat dalam suatu masalah yang meningkatkan sifat amarah anda muncul.


  Mulai sekarang, Mari kita biasakan menghindari amarah / emosi berlebihan ini, Contohnya marah-marah yang tidak jelas. Coba katakan, bahwa hidup ini indah. Hidup ini Unik. dengan begitu, Hati dan pikran kita akan semakin berkembang.
 
Maanfaat Mengendalikan Amarah / Emosi Berlebihan
 


Mengatasi Stres
Stres merupakan tekanan yang timbul akibat beban hidup dan dapat dialami oleh siapa saja. Toleransi terhadap stres merupakan kemampuan untuk bertahan terhadap peristiwa buruk dan situasi penuh tekanan. Orang yang cerdas secara emosional mampu menghadapi kesulitan hidup dengan kepala tegak, tegar dan tidak hanyut oleh emosi yang kuat.

Mengendalikan Dorongan Hati (Menahan Diri)
Merupakan karakteristik emosi untuk menunda kesenangan sesaat untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Mengendalikan dorongan hati merupakan salah satu seni bersabar dan menukar rasa sakit atau kesulitan saat ini dengan kesenangan yang jauh lebih besar dimasa yang akan datang.

Mengelola Suasana Hati
Merupakan kemampuan emosional yang meliputi kecakapan untuk tetap tenang dalam suasana apapun, menghilangkan gelisah yang timbul, mengatasi kesedihan atau berdamai dengan sesuatu yang menjengkelkan. Menurut Aristoteles, marah itu mudah akan tetapi untuk marah kepada orang yang tepat, tingkat yang tepat, waktu, tujuan dengan cara yang tepat hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang cerdas secara emosi.

Dapat Memotivasi Diri
Orang yang mampu memotivasi dirinya akan cenderung sangat produktif dan efektif dalam hal apapun yang dihadapi. Ada begitu banyak cara dalam memotivasi diri sendiri antara lain dengan banyak membaca buku atau artikel-artikel positif, tetap fokus pada impian, mengevaluasi diri, dan terus melakukan intropeksi diri.

Memiliki Kemampuan Sosial
Orang yang cerdas secara emosi mampu menjalin hubungan sosial dengan siapa saja. Seseorang yang memiliki kemampuan sosial dapat bergaul, menyenangkan dan tenggang rasa terhadap orang lain.

Mampu Memahami Orang Lain
Menyadari dan menghargai orang lain adalah hal terpenting dalam kecerdasan emosi. Hal ini disebut dengan empati. Keuntungan yang didapatkan dari memahami orang lain adalah kita lebih banyak pilihan tentang cara bersikap dan memiliki peluang lebih baik untuk berkomunikasi dan menjalin hubungan baik dengan orang lain.




Cerita ini diilhami dari kisah abu nawas tentang bagaimana cara orang melihat sesuatu dengan mata, pikiran, dan hati.
Alkisah ada seseorang anak yang bertanya kepada Abu Nawas, "Bagaimana bentuk bintang-bintang dilangit sebenarnya ? ".Saya bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban menurut tiga tingkatan cara berfikir.

Jawaban dari orang yang memandang dengan tingkatan mata ?
Bintang dilangit itu kecil dan sangat kecil

Jawaban dari orang yang memandang dengan tingkatan pikiran ?
Bintang dilangit sangat besar

Jawaban dari orang yang memandang dengan tingkatan pikiran dan hati ?
Pada dasarnya bintang-bintang itu berukuran jauh lebih besar dari pada planet di tata surya kita. Namun jika dilihat dari bumi, bintang akan tampak lebih kecil. Hal ini disebabkan oleh jarak bintang terhadap bumi yang terlampau jauh sehingga diameter sudutnya sangat kecil.




Setelah 3 tips diatas kita bahas, marilah kita bahas akan prakteknya secara langsung. Contohnya ketika kita mampir kerumah teman, lalu setelah kita sampai dirumahnya kita melihat sebuah gerbang rumah yang terbuka, namun rumahnya dikunci dan keadaannya sepi, apa yang akan anda pikirkan ?

Jawaban :

Orang yang membuka hati & pikiran selalu dalam tanggapan yang positif :
- Mungkin orangnya sedang tidur didalam.
- Mungkin orangnya sedang keluar rumah sebentar
- Mungkin orangnya sedang mandi dan sendirian dirumah, dll

Orang yang tidak membuka hati & pikiran belum tentu berpikir positif bahkan ke arah negatif :
- Pasti orangnya lagi menggoda pengamen
- Pasti orangnya sedang membiarkan maling untuk masuk dan memergokinya.
- Mungkin sedang mengerjai seorang tamu, dll

Apakah kira-kira yang anda pikirkan ? Tolong tinggalkan jejak dengan memberi jawaban...




Belajarlah untuk bisa membuka pikiran dan hati, karna manfaat yang didapatkan begitu banyak dari 3 tips diatas. Dimulai dengan belajarlah membaca Threat ini dengan santai dan berurutan tanpa nge-junk, dan kendalikan amarahmu karna ucapanku ini.



Sumber : kaskus / izun9

0 Response to "3 Tips Langkah Sederhana Membuka Hati & Pikiran"