HotCopas.net

5 Sosok Guru Para Bintang Sepakbola


Sejumlah berikut bukan nama beken di dunia sepakbola. Bahkan namanya tidak pernah terdengar di pemberitaan duni. Meski begitu, peran mereka sangat besar hingga kita bisa mengenal dan menikmati kehebatan bintang sepakbola seperti Gareth Bale, Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Neymar hingga Memphis Depay.

Sebagai seorang guru, mereka memang mengabdi dan mendidik anak asuhnya tanpa balas jasa. Mereka pahlawan tanpa tanda jasa. Saat sang anak didik sudah mendunia dan jadi bintang, mereka tetap beraktifitas kembali mengajar untuk 'menciptakan' bintang berikutnya.
Berikut 5 sosok guru para bintang sepakbola dunia yang di lansir dari indosport

 
 1. Gwyn Morris

Nama Gwyn Morris memang tidak ada yang tahu, setidaknya namanya hanya dikenal di Cardiff’s Whitchurch High School, sekolah setingkat SMP yang terletak di kota Cardiff, Wales. Gwyn Morris ialah guru dari bintang dan pemain termahal Wales, Gareth Bale kala masih sekolah di Cardiff’s Whitchurch High School. Seperti dilansir dari walesonline.co, Morris ingat betul tentang sosok Bale kala masih kecil dulu,
"Sejak kecil ia (Bale) sangat percaya diri, ia akan selalu tampil di depan kawan-kawannya. Ia selalu mencoba tantangan yang lebih besar dibanding sebelumnya," kata Morris.

Ditambahkan Morris di tiap akhir pekan seluruh sekolah akan selalu menanti aksi Bale akan membela tim sepakbola sekolahnya bermain, "Kami menikmati setiap menit kala ia bermain, saya yakin ia pun menikmati masa-masa itu," kata Morris.

Morris sendiri hingga detik ini masih mengabdi di Cardiff’s Whitchurch High School sebagai seorang guru olahraga. Dari situs uk.ratemyteachers.com disebutkan Morris merupakan guru yang dicintai murid-muridnya. Ia bahkan dianggap seorang legenda hidup untuk hasilkan bintang sepakbola.


Quote:2. Paulo Cardoso

Seorang Cristiano Ronaldo tidak akan pernah dikenal dan tidak akan disebut sebagai megabintang andaikata sosok ini tak pernah meliriknya sebagai bakat brilian sepakbola Portugal. Ia adalah Paulo Cardoso, pelatih tim muda Sporting Lisbon yang menemukan bangkat fantastis Ronaldo akan masih bermain untuk klub lokal, Nacional. Cardoso melihat Ronaldo bermain untuk Nacional dan langsung kagum pada bakar Ronaldo,

"Ketika ia (Ronaldo) mendapat bola, ia lewati dua sampai tiga pemain, di akhir pertandingan para pemain berkumpul di sekelilingnya, mereka tahun bahwa ia adalah sosok yang istimewa," kata Cardoso.


  3. Richard Grootscholten

Nama Richard Grootscholten bagi publik sepakbola Belanda mungkin cukup populer, perannya di tim muda sepakbola suskes hasilkan talenta berbakat Belanda. Richard Grootscholten ialah juga yang menemukan seorang Memphis Depay. Kala itu Richard Grootscholten masih jadi pelatih untuk tim muda Sparta. Selain Depay, Richard Grootscholten juga 'penemu' seorang gelandang berbakat, Kevin Stoortman,
"Dia (Depay) memiliki bakat yang luar biasa, terlepas latar belakang keluarganya yang tidak terlalu baik, Depay tetap seorang pesepakbola yang hebat," kata Richard Grootscholten.

Richard Grootscholten juga mengingat bahwa latar belakang keluarga Depay yang tidak baik membuatnya di awal berkarir di Sparta sempat kesulitan untuk berkembang. Meski sudah berstatus bintang, Richard Grootscholten tetap tak sungkan untuk mengkritik dan memberi masukan ke Depay, "Ia (Depay) adalah seseorang yang suka melawan namun ia tipikal orang yang tak mau menunjukan kelemahannya pada orang banyak," Richard Grootscholten

 
 4. Diana Ferrato

Diana Ferrato ialah orang yang mengetahui benar bahwa sosok megabintang Barcelona, Lionel Messi ialah sosok yang pemalu kala masih kecil. Mengapa Ferrato sampai tahu soal itu? siapa dia? Ferrato tak lain dan tak bukan ialah guru dari Messi kala megabintang ini menimba ilmu di sekolah. Meski seorang pemalu di kelas, Ferrato menggambarkan bahwa Messi akan berubah total kala ia bermain di lapangan hijau,
"Pada waktu bermain, Messi akan tunjukan kemampuan luar biasa. Dia akan jadi pemimpin kelompok dan akan merasa nyaman di lapangan daripada di kelas," kata Ferrato.

Namun meski tidak nyaman di kelas, Messi tidak lupa dengan jasa Ferrato dan sekolah tempat ia menimba ilmu. Messi disebut masih jadi donator utama untuk pengembangan infrastruktur sekolahnya. Pada 2009 lalu, Messi menyumbang uang dengan jumlah dua kali anggaran sekolah tersebut dalam dua tahun ajaran.


  5. Reginaldo Fino

Nama ini ialah nama dibalik mengapa seorang Neymar begitu mendunia. Reginaldo Fino ialah guru dari kala masih bersekolah di salah satu sekolah lokal yang terletak di kota Sao Paulo. Fino paham betul meski berasal dari latar belakang keluarga tidak mampu, Neymar memiliki bakat besar di sepakbola.

Fino pun berusaha untuk mendorong Neymar mendapat beasiswa dari sekolah swasta terkenal yakni Tio Gil. Tio Gil ialah salah satu sekolah swasta terbaik yang memberikan beasiswa untuk murid berbakat di bidang olahraga.

Berkat peran dari seorang bernama Fino, Neymar pun mendapat beasiswa dari Tio Gil. Fino saat ini masih aktif untuk menemukan bakat sepakbola lain di Brasil. Ia tercatat sebagai pemandu bakat untuk klub sepakbola SMA Portuguesa Santista.


Quote:Benar jika ada idiom yang mengatakan bahwa guru ialah pahlawan tanpa tanda jasa. Sejumlah pesepakbola bisa naik sampai ke level bintang sadar atau tidak dipengaruhi oleh peran seorang guru.



Sumber : kaskus / approve.cc

0 Response to "5 Sosok Guru Para Bintang Sepakbola"