HotCopas.net

8 Kemampuan Diri Kita Yang Hilang Akibat Kemajuan Teknologi!

Kemajuan teknologi memang sangat menguntungkan manusia, selain memudahkan berkat teknologi kehidupan manusia menjadi lebih cepat dan teratur, contohnya kita tidak lagi takut tersesat, apa yang kita cari bisa dibantu dengan kehadiran teknologi internet.

Tapi, ketergantungan terhadap teknologi juga tidak selalu menguntungkan bagi kehidupan manusia, bahkan ada beberapa hal dasar seperti kemampuan dasar kita yang mulai hilang gara-gara teknologi..



 1 Navigasi


Kehadiran GPS memang sangat membantu kita terlebih lagi dalam menghindari kerepotan saat berkendara. Tapi problematikanya banyak sekali orang yang justru terlalu bergantung pada teknologi ini, hal inilah yang membuat kita kehilangan insting kepekaan kita dalam keahlian membaca peta atau insting tentang arah, kita justru akan sulit kembali ke tempat semula dalam keadaan genting.



2 Mengingat Nomor Telepon


Ada berapa nomor telepon keluarga atau teman yang kamu ingat? Di era modern ini, kita bisa menyimpan ratusan atau bahkan ribuan nomor telepon tanpa perlu mengingatnya.


Tentu saja ini keren dan tidak merepotkan, tapi bagaimana jika suatu ketika smartphone mati sementara kita sangat perlu menghubungi seseorang? Tidak ada yang bisa dilakukan atau dihubungi karena kita tidak ingat nomor telepon teman atau keluarga kita.




3 Kemampuan Menghitung dengan membayangkan


Dulu kita sering menghitung sesuatu tanpa kalkulator dan hanya perlu membayangkan perhitungan tersebut di dalam pikiran. Tapi kini sudah ada beragam aplikasi yang bisa digunakan untuk memecahkan perhitungan yang sulit sekalipun. Memang sih teknologi ini memudahkan, tapi akan jauh lebih mudah dan hebat lagi jika kita bisa melakukan perhitungan sederhana di dalam kepala.



4 Menulis dengan Tangan


Zaman sekarang ini, kita sepertinya hanya menulis dengan tangan saat berada di sekolah atau menandatangai dokumen. Meski jarang, menulis tangan tetap akan dibutuhkan sekali waktu. Tapi, meski masih tetap diajarkan dan digunakan di sekolah, setelah beberapa lama tidak dipraktikan untuk menulis, tulisan tangan lama-kelamaan justru akan menjadi jelek dan bahkan sulit dibaca.



5 Fotografi


Dulu, fotografi paling dasar juga perlu mempelajari teknik fotografi sebelum bisa mengambil gambar dengan bagus. Kita perlu belajar tentang pencahayaan, kedalaman dan komposisi agar gambar analog dan digital terlihat bagus. Sekarang, yang diperlukan hanyalah menyentuh tombol dan semua secara otomatis akan menyesuaikan sendiri.




6 Berjalan


Secara fisik, kita memang masih bisa berjalan. Tapi kegiatan ini justru semakin tidak memberikan pengalaman menarik atau kadang malah berbahaya. Kecelakaan dengan mudah bisa terjadi ketika perhatian kita teralihkan oleh smartphone.




7 Memperluas Pengetahuan Dasar


Zaman sekarang, informasi bisa didapatkan dengan cepat dan dalam jumlah yang sangat besar. Dengan menggunakan internet, kita bisa mendapatkan akses informasi tentang apapun yang dicari hanya dalam waktu beberapa detik.

Tentu saja hal ini sangat berguna, tapi juga mengurangi kebutuhan kita untuk memiliki pengetahuan baru dan mempelajari hal-hal baru.




8 Bicara dengan Orang Asing


Kita dulu terbiasa berbicara dengan orang asing setiap waktu. Dengan cara inilah kita bisa mengenal tetangga atau orang-orang baru. Kita bertanya arah, membuat percakapan dengan mereka dan menjalin sebuah hubungan baru. Namun sekarang ini, tidak ada lagi kebutuhan untuk bersosialisasi di dunia nyata karena kita juga sudah punya sosial media untuk berinteraksi dengan orang lain.

 Kehadiran teknologi memang sangat menguntungkan tapi kalau delapan kemampuan dasar kita diatas semakin tumpul apakah masih disebut menguntungkan? Bagaimana menurutmu?



Sumber : kaskus / tokomapan

0 Response to "8 Kemampuan Diri Kita Yang Hilang Akibat Kemajuan Teknologi!"