HotCopas.net

Beberapa Trik Rahasia Menggunakan Mesin Pencari Google


Kalian sudah tahu kan apa itu Google ?!?! kalo belum tau silahkan tanya mba gugel ya.... Hehehehe... Disini kita cuma mau bahas dikit tentang trik menggunakan search egine Google, tepatnya dengan menggunakan beberapa tanda baca. Memang di berbagai artikel sudah sering dibongkar trick2 menggunakan google, tp kali ini yg di share cuma beberapa aja yg jarang diketehaui oleh kita.

Karena ane tdak bgitu pandai basa basi,,, mari langsung aja ke pokok bahasan ya gan...


  
Tanda Petik ( " )
Tanda petik dua ini digunakan untuk mencari rangkaian kata di internet yang persis sama dengan rangkaian kata yang Anda cari. Misalnya “Lebih besar pasak daripada tiang”. Dengan tanda petik dua ini, Anda memerintahkan Google untuk mencari halaman-halaman situs yang menulis kalimat tersebut secara persis sama, tidak ada kata atau tanda petik lain di antara kata-katanya. Ini bagus digunakan untuk mencari situs-situs brengsek yang mengkopi paste tulisan Anda.
 




Tanda Minus ( - )
Tanda minus digunakan untuk membuat pengecualian kata dalam hasil pencarian. Misalnya, Anda mengetikkan farhat abbas -pembohong. Itu berarti Anda memerintahkan Google untuk mencari semua halaman yang membahas Farhat Abbas tapi tidak mengandung kata pembohong (tentu saja hasil yang keluar akan sangat sedikit). Ini juga bisa digunakan untuk memfilter salah satu situs. Misalnya Anda mengetikkan definisi ablino -wikipedia.com. Berarti Anda memerintahkan Google menampilkan semua halaman situs yang membahas definisi albino kecuali halaman-halaman dari wikipedia.com.





Site
Tulisan "site" digunakan untuk memerintahkan Google menampilkan hasil pencarian dari salah satu situs saja. Misalnya, Anda mengetikkan cara membuat layang-layang site:segiempat.com. Artinya, Anda memerintahkan Google untuk menampilkan cara membuat layang-layang yang ada di situs segiempat.com saja.
 




Link
Tulisan "link" apat digunakan untuk melihat situs apa saja yang melink ke situs lain. Untuk orang awam, mungkin operator ini tidak akan banyak berguna. Tapi operator ini sering digunakan oleh pemilik-pemilik situs. Contoh penggunaannya seperti link:cararahasia.com. Dengan begitu akan tampil semua situs yang memiliki link yang mengarah ke cararahasia.com (yang jumlahnya pasti cuma secuil).





Link
Tulisan "link" apat digunakan untuk melihat situs apa saja yang melink ke situs lain. Untuk orang awam, mungkin operator ini tidak akan banyak berguna. Tapi operator ini sering digunakan oleh pemilik-pemilik situs. Contoh penggunaannya seperti link:cararahasia.com. Dengan begitu akan tampil semua situs yang memiliki link yang mengarah ke cararahasia.com (yang jumlahnya pasti cuma secuil).




Related
Tulisan "related" digunakan untuk mencari situs-situs yang menurut Google terkait dengan URL yang Anda masukkan. Misalnya Anda mengetikkan related:facebook.com, maka Google akan menampilkan semua situs dan halaman yang menurutnya memiliki kesamaan dengan Facebook.


  
Tanda Bintang (*)
Tanda bintang (*) digunakan untuk memerintahkan Google mengisi kata kunci yang kosong. Ini biasanya dikombinasikan dengan operator tanda petik dua (“”) untuk menemukan kata-kata yang Anda lupa dalam serangkaian kata tertentu. Misalnya Anda mengetikkan “Lebih besar * daripada tiang”, berarti Anda memerintahkan Google untuk menampilkan semua hasil pencarian yang mengandung variasi kalimat tersebut dan mengisi kata kosong di tengahnya. Bingung? Sama, saya juga bingung. Praktekkan saja langsung biar mengerti.

 
 
OR
Operator OR digunakan untuk mencari dua kata kunci yang hampir sama secara bersamaan. Contohnya, Anda mengetikkan Liga Premier 2013 OR 2014. Dengan ini, Anda memerintahkan Google untuk menampilkan semua halaman situs yang membahas tentang Liga Premier tahun 2013 dan/atau 2014.


  
Dua Titik (..)
Tanda dua titik ini biasanya digunakan untuk mencari hasil di dalam sebuah range alias jarak. Jarak yang dimaksud biasa harga, tanggal atau ukuran. Misalnya, Anda mengetikkan Perang Trojan 1st April 2014..4th April 2014. Ini berarti Anda memerintahkan Google untuk menampilkan semua halaman situs yang membahas tentang perang trojan yang diposting antara 1 April sampai 4 April saja.



 
Info

Tulisan "info" digunakan untuk mengetahui secara lengkap informasi mengenai sebuah URL. Informasi ini mencakup jumlah link yang mengarah ke URL tersebut, versi cached halaman URL tersebut, dan halaman-halaman situs lain yang dianggap menyerupai URL tersebut. Contoh penggunaannya adalah info:twitter.com.

 
 
Cache
Tulisan "cache" digunakan untuk melihat isi sebuah URL yang telah disimpan sebelumnya dalam database Google. Ini baik digunakan jika URL yang akan Anda akses sudah tidak lagi tersedia. Contohnya penggunaannya adalah cache:segiempat.com/profil/olga-syahputra. Maka Google akan menampilkan isi URL tersebut yang telah tersimpan dalam database Google sebelumnya, jika memang tersedia.




Sumber : kaskus / seigadslamina

0 Response to "Beberapa Trik Rahasia Menggunakan Mesin Pencari Google"