HotCopas.net

8 Alasan Kamu Harus Berhenti Dari Kerja Lembur

Intro

 
Pengusaha sangat identik dengan pekerja keras. Kadang bakal melakukan pekerjaan yang sampai over time atau lembur. Apalagi buat pengusaha yang baru saja memulai bisnis. Pasti bakal abis-abisan lembur biar bisnisnya segera mapan. Itu hal yang lumrah. Tapi jangan sampai hal ini dilakukan terus menerus.



Kamu mungkin berpikir bakal mendapatkan lebih banyak dengan bekerja lebih lama, namun pada kenyataannya hal ini bisa membuatmu kurang produktif, baik dalam jangka pendek dan panjang.



Sangat tidak disarankan untuk kamu terlalu banyak lembur kerja. Kenapa?



1. Lembur Bukannya Menambah Produktifitas, Tapi Malah Menurunkan Produktifitas.


Jam kerja yang terlalu panjang akan menjadi masalah. Jika kamu secara terus menerus bekerja, selama berjam-jam, fisik kamu pasti akan drop. Selama kamu dalam kondisi drop ini, produktivitasmu pasti akan menurun. Setelah itu kamu harus menghabiskan lebih banyak waktu dan tenaga untuk mengejar ketinggalan.

Jam kerja seharusnya diatur dengan seimbang, atara waktunya kerja dan istirahat. Jangan sampai kamu mengalami kelelahan berlebihan.



2. Jam Kerja Yang Berlebihan Akan Meningkatan Kelelahan.


Saat kamu bekerja di waktu normal saja pasti sudah merasa kelelahan, apalagi kalo ditambah lembur, pasti kamu akan mengalami kelelahan yang lebih dahsyat.

Gejala kelelahan dari jam kerja yang terlalu panjang ini antara lain kantuk, kelelahan, konsentrasi yang buruk, mudah marah dan peningkatan kerentanan terhadap penyakit.

Tentu jika sudah seperti itu akan sangat mengganggu produktivitas pekerjaan. Kalo sudah muncul gejala-gejala seperti itu, dan memaksakan tetap lembur bisa-bisa kamu akan semakin lelah, jatuh sakit, dan pekerjaanmu bakal bisa terbengkalai.



3. Lemburan Akan Mengurangi Fokusmu.


Saat kelelahan sudah mencapai titik tertingginya, seseorang tidak akan bisa fokus dalam segala hal. Hal ini sangat berbahaya buat keselamatanmu. Apalagi jika kamu adalah seorang pengendara kendaraan bermotor. Saat kamu sudah lelah, pulang kerja, kamu pasti tidak akan fokus berkendara, saat itulah keselamatanmu terancam. Resiko kecelakaan dijalan akan semakin tinggi.



4. Terlalu Banyak Bekerja Akan Membuat Kehidupan Sosial Terabaikan.

Pengusaha tetaplah manusia, dia harus hidup dalam lingkungan sosialnya. Jika terlalu banyak bekerja, otomatis akan semakin sedikit waktu untuk bergaul bersama orang-orang terdekat. Kehidupan sosial mu sudah dijamin tidak sehat.

Lembur yang berlebihan juga akan mengurangi kualitas hidupmu. Kamu tidak akan merasa nyaman dengan hidupmu karena terlalu sibuk memikirkan pekerjaan. Kualitas kebersamaan dengan keluargamu juga akan berkurang. Ingat kamu memiliki tanggung jawab diluar tanggung jawab memenuhi kebutuhan finansial, keluargamu juga butuh waktu bersama denganmu. Berhenti bekerja berjam-jam, kamu berhak mendapatkan kehidupan di luar pekerjaan.



5. Semakin Banyak Jam Lembur, Semakin Stres Hidup.


Kemungkinannya ketika kamu terlalu banyak bekerja hingga lembur berlebihan, kamu tidak hanya mengorbankan keluarga dan teman-teman dekat, tetapi juga pola makan, olahraga dan bahkan kewarasanmu.

Semakin kamu mencoba untuk membuktikan bahwa kamu adalah pengusaha yang produktif dan akan segera menjadi orang sukses, semakin kamu dilupakan oleh anak-anak, pasangan dan keluarga. Saat itulah beban pikiranmu akan semakin bertambah, siap-siap saja stress akan melanda.



6. Terlalu Kelelahan Di Bekerja Bisa Meningkatkan Resiko Kerusakan Organ-Organ Tubuh.

Resiko kesehatan tentu saja akan meningkat sejalan dengan jam kerja yang berlebihan. Organ-organ penting dalam tubuh bisa terpengaruh dengan itensitas pekerjaan yang terus menerus tanpa henti ini.

Beberapa organ yang bisa diserang adalah otot, jantung dan otak. Untuk otot kamu akan beresiko mengalami gangguan muskuloskeletal (MSDS) yang merusak otot tubuh, sendi, ligamen, tendon dan saraf.

Resiko serangan jantung juga akan meningkat. Menurut laporan oleh The University College London. Risiko penyakit jantung bisa meningkat tajam sebesar 67% untuk orang-orang yang bekerja berjam-jam dibandingkan dengan orang yang bekerja dengan standar 7-8 jam sehari. Meskipun sejumlah faktor yang mendasari seperti tekanan darah tinggi dapat membuat perbedaan, tapi tetap saja jam kerja yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan jantungmu.

Kerusakan otak juga mengancamu jika terlalu banyak lembur dan menghabiskan waktu untuk bekerja. Kelelahan berlebihan bisa mengganggu fungsi otakmu. Bisanya kamu akan lebih susah mengingat sesuatu, atau memberikan jeda untuk berpikir.

Maka dari itu hindari jam kerja yang berlebihan. Berikan waktu untuk tubuhmu bisa pulih.



7. Hati-Hati, Terlau Banyak Lembur Meningkatkan Bahaya Ergonomis.


Ergonomi bisa dibilang sebagai cabang ilmu khusus mempelajari keterbatasan dan kemampuan manusia dalam berinteraksi dengan teknologi dan produk-produk buatan manusia itu sendiri.

Bahaya ergonomi muncul tergantung di mana kamu bekerja.

Jam kerja yang berlebihan akan semakin mengekspos bahaya ergonomis serius seperti bahan kimia, radiasi, getaran, kebisingan, dan suhu ekstrim.

Jadi semakin lama kamu ditempat kerja, semakin banyak kamu bertemu bahaya ergonomi ini. Bahaya ergonomi ini memiliki implikasi kesehatan yang serius, makanya sangat disarankan untuk kamu bisa mengurangi jam kerja atau tidak terlalu banyak lembur.



8. Terlalu Banyak Lembur Semakin Beresiko Obesitas. Bukan Hanya Resiko Kesehatan, Risiko Penurunan Kualitas Penampilan Juga Terjadi.


Pola makan yang tidak sehat akan menimbulkan penggemukan. Bayangkan seorang yang terlalu gila kerja, dan selalu lembur. Bukan hanya pola makan yang tidak sehat, makanan yang dia makan juga kebanyakan adalah makanan yang tidak sehat. Akan lebih banyak memakan junk food.

Hati-hati obesitas mengancammu. Saat udah obesitas, tubuhmu akan semakin mudah beresiko terserang penyakit. Selain itu penampilanmu juga akan semakin tidak nyaman dipandang.


Intinya jam kerja yang berlebihan sangat tidak baik untuk kita. Hindari menggunakan waktu secara berlebihan untuk bekerja. Pengelolaan waktu sangatlah penting dalam pekerjaan. Jadikan hidupmu lebih maksimal dengan menggunakan jam kerja normal untuk mengerjakan pekerjaanmu.



Selamat bekerja!


Sumber : kaskus / terkecubung

0 Response to "8 Alasan Kamu Harus Berhenti Dari Kerja Lembur"