HotCopas.net

6 Keuntungan Indonesia Sebagai Negara Tropis

Negara kita merupakan salah satu negara yang dilintasi garis khatulistiwa.
Sebagai negara yang dilintasi garis khatulistiwa, secara otomatis akan membuat negara kita memiliki iklim tropis.
Namun sudah tahukah kalian apa saja keuntungan berada di iklim tropis?

Langsung saja



Hutan hujan tropis adalah hutan dengan pohon-pohon yang tinggi, iklim yang hangat, dan curah hujan yang tinggi. Di beberapa hutan hujan, curah hujannya lebih besar dari 1 inci per hari! Hutan hujan dapat ditemukan di Afrika, Asia, Australia, serta Amerika Tengah dan Selatan. Hutan hujan terbesar di dunia adalah hutan hujan Amazon.

Seperti yang kita ketahui bahwa negeri ini memiliki hutan hujan yang luas. Indonesia menempati urutan ke 9 dalam urutan negara yang memiliki hutan terluas di dunia.


Wikipidia



Data diatas merupkan peringkat untuk luas hutan secara umum tanpa membedakan jenis hutan.

Namun khusus untuk hutan hujan tropis, indonesia memiliki luas hutan hujan tropis no 3 di dunia. Berikut tulisan yang saya kutip dari WWFindonesia.

“Dengan luas hutan sekitar 109 juta hektar (2003), Indonesia adalah pemilik hutan hujan tropis terluas ke-3 di dunia, setelah Brasil dan Kongo.”



Biodiversitas Tinggi


Keanekaragaman hayati (biodiversitas) adalah keanekaragaman organisme yang menunjukkan keseluruhan variasi gen, jenis, dan ekosistem pada suatu daerah. Keanekaragaman hayati melingkupi berbagai perbedaan atau variasi bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat-sifat yang terlihat pada berbagai tingkatan, baik tingkatan gen, tingkatan spesies, maupun tingkatan ekosistem. Gampangnya, keanekaragaman hayati adalah semua jenis perbedaan antar mahkluk hidup.

Seperti disebutkan di poin 1, indonesia memiliki hutan hujan tropis terluas ke 3 di dunia. Hutan hujan tropis merupakan penyumbang biodiversitas tertinggi dibandingkan dengan jenis hutan yang lain. Hal ini membuat indonesia memiliki biodiversitas yang tinggi pula.
Meski hanya memiliki luas daratan sekitar 1,3% dari total jumlah daratan di dunia
Indonesia memiliki sekitar 12 persen (515 jenis, 39 persen endemis) dari total jumlah jenis Mammalia di dunia (peringkat kedua di dunia)

Sekitar 7,3 persen (511 jenis, 150 jenis endemis) dari total jumlah reptil di dunia (peringkat ke empat dunia) 


menduduki peringkat kelima dengan 17 persen (1.531 jenis, 397 endemis) dari total jumlah jenis burung di dunia.


memiliki 270 jenis amfibi (peringkat ke enam dunia), dengan 100 diantaranya bersifat endemis.


Merupakan Negara peringkat ke empat dalam hal keragaman jenis primata. (ada 35 jenis), kurang lebih 6 diantaranya adalah endemis.


Peringkat ke tiga dalam hal keanekaragaman jenis ikan air tawar (1400 jenis) setelah Brazil dan Kolombia.


Selain memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, Indonesia juga dikenal sebagai Negara dengan keanekaragaman tumbuhan tertinggi nomor 5 di dunia. 


peringkat pertama keanekaragaman jenis palem (477 jenis, 255 jenis diantaranya adalah endemis)


memiliki lebih dari setengah total jenis pohon penghasil kayu (dipterocarpaceae) yaitu sekitar 350 jenis dan 155 jenis diantaranya merupakan endemis Kalimantan




Memiliki 2 Musim


Seperti yang kita ketahui, di indonesia hanya terdapat dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Hal ini berdampak pada kehidupan sehari-hari. Sektor pertanian akan lebih produktif dengan adanya 2 musim ini, tidak terbayangkan seandainya indonesia memiliki empat musim, mungkin petani harus berhenti bertani saat musim dingin (Salju) datang.



Amplitudo Tahunan Kecil


Apa itu amplitudo? Amplitudo adalah perbedaan suhu dari waktu ke waktu.Di kwatulistiwa amplitudo tahunan kecil yaitu antara 1 – 5°C. Jadi kita tidak mengalami perubahan suhu yang besar dari waktu ke waktu. Sehingga tidak perlu penyesuaian yang begitu besar. Berbeda dengan negara dengan 4 musim, saat musim dingin, mereka harus menyesuaikan dengan pakaian tebal , dan saat musim panas mereka harus menyesuaiakan dengan pakaian tipis. 

 Musim Dingin

Musim Panas

 Aman Dari Badai:


berita tentang badai tornado, badai katrina, badai haiyan dan badai besar lainnya. Indonesia beruntung berada di iklim tropis, karena badai tropis tidak akan sebesar badai-badai yang ada di lintang sedang. Badai besar seperti tornado, catrina, dan lain lain akan terjadi diatas lintang 11 derajad. 


Dan letak indonesia berada 6o LU (Lintang Utara) - 11o LS (Lintang Selatan) dan antara 95o BT (Bujur Timur) - 141o BT (Bujur Timur). 


Seperti peta diatas, indonesia hanya memiliki sedikit wilayah yang masuk kedalam 11 derajad lintang.



Tanah Subur:


Yap, tidak dapat dipungkiri bahwa tanah indonesia merupakan tanah yang subur. hal ini dipengaruhi oleh curah hujan, suhu harian yang tinggi. Dengan demikian maka pembeltukan tanah dapat berlangsung dengan baik, ditambah lagi dengan banyaknya vegetasi yang membantu dalam menyuburkan tanah melalui daun-daunnya. Tanaman yang ada di indonesia akan lebih cepat tumbuh besar dibandingkan dengan tanaman yang ada di iklim sedang.






Sumber : kaskus / tts123

0 Response to "6 Keuntungan Indonesia Sebagai Negara Tropis"