HotCopas.net

Tiket Kereta Api Tambahan Lebaran ke Sejumlah Daerah Ludes Terjual




















Penjualan tiket kereta api tambahan untuk mudik lebaran mulai dijual pada Minggu (16/4) pukul 00.01 WIB. Dalam hitungan jam, tiket kereta dari Jakarta ke sejumlah daerah laris manis.

PT KAI menambahkan perjalanan kereta api untuk keberangkatan 15 Juni hingga 16 Juli sebanyak 15 perjalanan dengan 17 ribu tiket dari Jakarta menuju sejumlah daerah di pulau Jawa.

kumparan pukul 07.00 WIB mencoba menelusuri penjualan tiket di laman resmi milik PT KAI, tiket.kereta-api.co.id. Dari hasil penelusuran, tiket dari Jakarta menuju beberapa daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur sudah ludes terjual.


















Untuk mudik keberangkatan, yang sebagian besar telah habis terjual adalah tiket kereta pada H-3, H-2 dan H-1 lebaran.
Pada penjualan tiket kereta tambahan ini PT KAI menyediakan sejumlah saluran alternatif. Saluran online eksternal yang tersedia seperti traveloka.Kemudian calon pemudik juga dapat membeli melalui mini market seperti Indomaret dan Alfamart.

Tiket Lebaran Ludes, PT KAI Bantah karena Ada "Permainan"




















JAKARTA, KOMPAS- PT Kereta Api Indonesia (KAI) membantah adanya "permainan" pembagian jatah tiket dengan agen penjualan lainnya.

Direktur Komersial dan IT PT KAI, Kuncoro Wibowo menjelaskan, kelangkaan tiket mudik ke berbagai pelosok Pulau Jawa murni disebabkan antrean pembelian secara online.

"Pihak agen nggak bisa mesen banyak, nggak mungkin mereka, kami semua sama perorangan, agen, juga sama dengan vending machine, loket kami," kata Kuncoro dalam konferensi pers di Stasiun Gambir, Sabtu (25/3/2017).

Kuncoro mengatakan, tiket tersebut memang bisa dibeli masyarakat melalui berbagai agen atau kanal seperti situs pembelian tiket, agen perjalanan, minimarket, maupun kanal lainnya.

Namun ketersediaan tiket di kanal-kanaltersebut tetap bermuara pada penjualan di server KAI. Masyarakat disarankan untuk membeli tiket dari 26 mitra kanal online yang ada.

"Kalau kemarin ada yang mengeluh server down, itu server dari channel-channel kami seperti mungkin Traveloka, tapi kalau dari server kami baik-baik saja, transaksi jalan terus," kata Kuncoro.

Saat ini, dari 695.420 tempat duduk yang dijual untuk perjalanan Lebaran 15-23 Juni 2017, baru terjual sekitar 228.000 tempat duduk.

Kuncoro menyarankan masyarakat dengan titik keberangkatan Jakarta untuk berangkat dari Bandung jika sudah kehabisan tiket.

Belum Dapat Tiket KA Tambahan Lebaran, Lakukan Hal Ini...

Penjualan tiket kereta api tambahan Lebaran yang dibuka Minggu 16 April 2017 mulai pukul 00.01 WIB laris dipesan para calon penumpang.  Hal ini terlihat dari data penjualan tiket KA tambahan di Daerah Operasional 2 Bandung.

Manajer Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Joni Martinus mengatakan, tiket tambahan yang dijual pada 16 April 2017 merupakan KA tambahan keberangkatan tanggal 15 Juni 2017 Sampai 6 Juli 2017.


Dari data Minggu (16/4/2017) siang, ketersedian tiket KA tambahan lebaran yang diminati msyarakat adalah untuk keberangkatan  H-1 , H-2 , H- 3, dan H-4 . "Kereta api favorit ini penjualannya rata-rata sudah di atas 90 persen," tutur Joni, Senin (17/4/2017).

Joni menjelaskan, pada H-1, sisa tempat duduk (TD) KA Lodaya kelas bisnis sebanyak 32, sisa eksekutif 44 TD. Pada H-2 KA Lodaya, sisa TD kelas bisnis 15 , kelas eksekutif 32. H-3 KA Lodaya sisa kelas bisnis 27 TD, sisa kelas eksekutif 26 TD. H-4 KA Lodaya sisa TD kelas bisnis 33, sisa kelas eksekutif 166.

Besarnya animo masyarakat untuk mudik juga terlihat dari data penjualan tiket mudik tambahan untuk kelas ekonomi.

Untuk KA Kutojaya Selatan tujuan Kiaracondong-Kutoarjo, ketersediaan tiket pada H-1 sisa TD 17, H-2 sisa TD 2, H-3 sisa TD 4, dan H-4 sisa TD 18. Sedangkan untuk KA tambahan Pasundan tercatat pada H-1 sisa 191, H-2 sisa 217, H-3 sisa 220, H-4 sisa 216.

"Sebagai informasi, kapasitas tempat duduk yang disediakan setiap keberangkatan KA Lodaya tambahan sebanyak 456 tempat duduk, KA Pasundan tambahan 636 tempat duduk, dan KA Kutojaya Selatan sebanyak 636 tempat duduk," bebernya.

Joni mengimbau, bagi masyarakat yang belum mendapatkan tiket mudik lebaran untuk rajin mengecek ketersediaan tiket di website resmi PT KAI, aplikasi KAI Access, Contanct Center 121, atau melalui 26 channel eksternal (B2B) yang telah bekerja sama dengan KAI.

Selain tu, menghadapi masa penjualan tiket Lebaran 2017 ini, PT KAI menegaskan bahwa server KAI, tidak pernah down, termasuk saat puncak penjualan tiket KA reguler pada 24 Maret 2017 lalu.

0 Response to "Tiket Kereta Api Tambahan Lebaran ke Sejumlah Daerah Ludes Terjual"