HotCopas.net

Bendungan Terbesar Di Dunia Berada di Cina ?

Suatu kebanggaan buat bangsa Cina, satu lagi mereka membangun sebuah bendungan terkuat didunia dimana menghasilkan energy setara dengan energy yang dihasilkan oleh 15 reaktor nuklir. Bendungan Three Gorges merupakan bendungan raksasa yang telah meluncurkan generator terakhirnya bertepatan dengan puncak banjir tahunan.

Ke 32 generator mulai beroperasi pekan ini, sehingga menghasilkan tenaga air terbesar di dunia, yang dibangun di Sungai Yangtze di Provinsi Hubei. Bendungan ini dirancang untuk mengurangi resiko banjir selama musim hujan, menyimpan dan mendistribusikan air selama periode kering. Serangkaian foto yang luar biasa menunjukkan kekuatan dari air banjir yang keluar dari tujuh pintu air setelah hujan deras di bagian hulu bendungan disebabkan puncak banjir tertinggi tahun ini.

Air dari Sungai Yangtze atas menyembur sampai 70.000 meter kubik per detik menjadi reservoir bendungan kemarin. Bendungan ini bekerja untuk mengurangi banjir dan mengurangi dampaknya terhadap jangkauan sungai bawah dengan menyimpan sedikitnya 26.000 meter kubik air banjir setiap detik. Air keluar dari bendungan saat ini mengukur 43.000 meter kubik per detik.

‘Operasi penuh dari generator membuat Bendungan Tiga Ngarai menghasilkan proyek listrik tenaga air terbesar di dunia dan basis terbesar dari energi bersih, “kata Zhang Cheng, general manager dari China Yangtze Power, operator dari generator. Bendungan, yang pertama mulai beroperasi pada tahun 2003 dengan biaya $ 22,5 miliar, memiliki kapasitas pembangkitan gabungan 22,5 juta kilowatt (22.500 megawatt), setara dengan lima belas reaktor nuklir.

Pembangunan bendungan, yang memaksa relokasi 1,4 juta orang, telah banyak dikritik oleh para ahli di seluruh dunia, dan penduduk sekitarnya. Beijing telah lama mengangkat bendungan sebagai simbol kecakapan teknik, sebuah solusi untuk banjir yang sering melanda sungai terpanjang China dan juga merupakan sumber listrik.

Tapi pada Mei tahun lalu Beijing mengakui bendungan telah menelurkan berbagai masalah. Proyek ini dimulai pada tahun 1993 meskipun peringatan berat reservoir berbahaya akan mengubah geologi sentral China, menumbangkan jutaan orang, racun pasokan air dengan menjebak polusi dan mengganggu aliran sungai Yangtze. Bendungan telah menciptakan reservoir peregangan hingga 600 kilometer (370 mil) melalui daerah Tiga Ngarai indah, yang dipetak-petak oleh faultlines geologi.

gambarnya gan.. amazing bgt nih negara bisa bikin konstruksi kaya gini..





Source : ooppaamm

0 Response to "Bendungan Terbesar Di Dunia Berada di Cina ?"