HotCopas.net

Fakta Unik Dan Menarik Tentang Peru

Mendengar kata Peru mungkin belum banyak orang Indonesia yang pernah mengunjungi Negara ini, begitupun juga dengan orang Peru yang ketika saya datang kesini mereka masih belum banyak tahu Indonesia itu seperti apa dan banyak yang menganggap kita adalah orang China. Wajar saja karena untuk bisa menuju Peru saya harus menempuh 36 jam penerbangan melintasi dunia dan hampir 2 hari saya akhirnya sampai di Negara Peru yang sangat indah ini.

Apa saja fakta unik dan menarik tentang Peru ini:

1. Menurut sejarah nama Peru berasal dari orang Spanyol yang salah menyebutkan sebuah kata Quechua yaitu "Pelu", yang berarti Sungai.

2. Kentang, siapa yang tidak tahu sayuran yang satu ini? Dan mungkin sekarang semua orang belum mengetahui bahwa orang Spanyol lah yang pertama kali membawa kentang dari Peru ke Eropa pada awal tahun 1562. Sekarang ini kentang adalah salah satu bahan makanan yang paling banyak dikonsumsi nomor 4 sedunia dan Peru sendiri merupakan negara yang memiliki lebih dari 3000 jenis kentang tumbuh ditanahnya.


3. Peru menduduki posisi ke-6 sebagai salah satu produsen emas terbesar di dunia. Menurut pengamatan dari Thomson Reuters, pada tahun 2010 peru sanggup memproduksi 162ton emas yang bernilai lebih dari 6,3 Miliar dollar. Sehingga bagi Peru, emas merupakan salah satu hal yang sangat berpengaruh bagi kemajuan negaranya, bahkan 4% pendapatan pemerintah Peru sendiri didapatkan dari produksi emas ini.

4. Dan selain kentang Peru juga merupakan salah satu negara yang memiliki lebih dari 50 jenis jagung yang tumbuh dengan berbagai macam warna, mulai dari warna umum jagung yang berwarna kuning, ungu, putih bahkan ada salah satu jenis jagung yang tumbuh di Peru yang memiliki warna hitam pekat. Pada zaman dahulu, orang Peru kuno tidak banyak menggunakan jagung sebagai bahan makanan namun juga sebagai alat tukar pengganti uang.


Video Enjoy The Lima, Peru. (Aerial View) Video by Barry Kusuma


5. Marmut digunakan sebagai bahan makanan untuk di makan sehari-hari. Hal ini merupakan kebiasaan turun temurun yang sudah dilakukan orang Peru semenjak masa Suku Inca, pada zaman tersebut para penduduk Peru menggunakan kulit Marmot yang dikeringkan sebagai persembahan utama untuk membuat sup atau tumisan. Dan para suku Inca juga akan mengorbankan 1000 ekor Marmot dan juga 100 ekor Llama pada para Dewa untuk melindungi mereka dari kekeringan dan juga banjir.

6. Negara Peru juga terkenal dengan spesies bunga Anggreknya yang beragam. Hampir 3.500 jenis Anggrek dapat ditemukan di Peru, namun dari semua spesies Anggrek tersebut lebih dari 50% spesies Anggrek belum dapat terdefinisi apa jenis dan spesiesnya.


7. Minuman nasional negara Peru adalah Pisco Sour, minuman ini merupakan sejenis Koktail yang terbuat dari Pisco (Anggur), Brandy, Lemon, Putih Telur, Gula, Es, dan tak lupa dilengkapi oleh Angostura Bitter. Untuk satu botol Pisco Sour, para produsen minuman ini menggunakan 13 pounds atau lebih buah Anggur segar. Dalam bahasa Quechua sendiri kata "Pisco" itu berarti Burung.

8. Peru juga mendapatkan urutan ke-8 sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia, dan Peru juga menduduki posisi ke-5 sebagai produsen biji kopi Arabica yang merupakan salah satu jenis biji kopi yang paling terkenal di seluruh dunia.

9. Dan Peru juga merupakan negara yang memiliki bukit pasir terbesar di dunia. Nama bukit tersebut adalah Cerro Blanco, bukit ini terletak di Gurun Sechura dekat dengan Nazca Lines. Bukit ini jika di ukur dari dasar hingga puncak memiliki ketinggian yang mencapai 1.176m.


(Aerial Video) Mountain landscape Vicunas National Reserve in Peru. Video by Barry Kusuma

10. Beberapa pantai di Peru juga dinobatkan sebagai pantai terbaik untuk surfing, pantai Chicama dan pantai PacasMeio merupakan 2 pantai yang memiliki ombak terpanjang yang dapat dinaiki, ombak terpanjang yang pernah ada di pantai ini tercatat memiliki panjang sampai 2,2km.

11. Dan rekor ngarai terdalam didunia pun di pegang oleh Peru. Cotahuasi Canyon atau Ngarau Cotahuasi merupakan ngarai terdalam di dunia, kedalaman ngarai ini diketahui mencapai 3.354m yang berati ngarai ini 2 kali lipat lebih dalam dari Grand Canyon ngarai yang paling terkenal di dunia yang hanya memiliki kedalaman 1.800m.




12. Peru memiliki Universitas yang dinobatkan sebagai salah satu Universitas tertua di dunia. The National University Of San Marcos didirikan pada tanggal 12 Mei tahun 1551.

13. Peru menduduki urutan kedua setelah China, sebagai negara penangkap ikan terhebat di dunia.

14. yang satu ini mungkin terdengar aneh bagi sebagaian orang. Seluruh penjara di Peru melarang semua tahanannya untuk memakan saus pedas ataupun bumbu-bumbu yang berbau pedas, karena semua bahan pedas tersebut dipercaya dapat menaikan nafsu sehingga dapat menyebabkan hal yang tidak diinginkan terjadi di penjara.

15. Peru memiliki Hewan Nasional yang mencermikan negara Peru, hewan tersebut adalah Vicuña hewan ini merupakan hewan sejenis Alpaca atau Llama. Hewan ini kecil dan mempunyai bulu indah yang dapat diubah menjadi benang wol halus. Benang wol yang dihasilkan dari hewan ini juga memiliki 22 warna natural yang cantik untuk dijadikan berbagai macam pakaian.

16. Peru merupakan negara besar yang memiliki lebih dari 1.800 spesies burung. Dan lebih dari 50% populasi burung dari Amerika akan terbang bermigrasi menuju Peru setiap tahunnya.

17. Peru terletak di bagian tropis dari Andes, dan hal ini menyebabkan Peru sebagai rumah dari 6 dari semua kehidupan tumbuhan yang ada di dunia. Ini artinya ada 84 lokasi dari total 114 lokasi kehidupan yang layak untuk manusia, hewan, dan tumbuhan untuk tinggal. Padahal faktanya luas dari Peru sendiri tidak lebih dari 1% luas dunia ini.



18. Bahasa utama yang digunakan di Peru adalah bahasa Spanyol, Quechua, dan juga Aymara. Namun masih ada sebagaian orang Peru yang berbahasa Asháninka, dan juga bahasa yang berasal dari Amazon karena sebagaian kecil dari penduduk Peru berasal dari Amazon.

19. Peru juga memegang rekor untuk negara dengan jumlah burung terbanyak yang terlihat di satu tempat di dunia. Total burung yang terlihat pada satu tempat tersebut berjumlah 650 ekor, dan kejadian bersejarah ini telah direkam oleh Reserva Nacional de Tambopata dan juga Parque Nacional del Manú.

20. Penduduk Peru modern zaman sekarang masih menggunakan beberapa metode peninggalan suku Inca, dan salah satunya adalah metode membuat Chuño, yang dimana proses pembuatannya menggunakan salju, ketang diletakan dengan sengaja ditengah salju semalaman, dan keesokkan harinya kentang diambil dan dibiarkan mencair, dan bagian kecil yang tersisa dari kentang itulah yang di sebut Chuño.

21. Dan salah satu kota kuno suku Inca, Machu Picchu merupakan salah satu tempat wisata terfavorit di seluruh dunia. Setiap tahunna Machu Picchu mendapatkan sekitar 1,5 juta dollar dari kunjungan turis. Machu Picchu ditemukan pada tahun 1911 oleh seorang profesor sekaligus petualang Hiram Bingham.


22. El Niño adalah badai yang terletak di perairan hangat khatulistiwa. Nama El Niño sendiri diambil dari nama El Niño Jesus atau Bayi Yesus karena badai ini selalu datang setiap tahun pada saat natal di sepanjang pantai Ekuador dan Peru. Pada tahun 1983 badai El Niño terburuk sepanjang masa terjadi, pada saat itu El Niño menyebabkan hujan terus menerus tanpa henti mulai dari tanggal 4 januari sampai dengan pertengahan Juli 1983.

23. Tradisi orang Peru untuk berselancar telah ditemukan sejak 2000 tahun yang lalu. Para arkeolog telah menemukan bukti yang terpampang sepanjang pantai Peru, bahwa orang Peru memang sudah mengetahui tehnik berselancar sejak dulu.

24. Suku Inca adalah satu-satunya suku yang sangat mementingkan dan memperhatikan segala hal yang berbau Astronomi. Mereka merupakan satu-satunya suku yang dapat menjelaskan konstelasi bintang, kegelapan, dan juga cahaya.

25. Pada masa kejayaannya kerajaan Inca jauh lebih luas dibandingkan kerajaan Roma.

26. Asal muasal nama "Andes" sendiri sebenarnya masih belum jelas dari mana. Beberapa ahli sejarah meyakini bahwa Andes berasal dari bahasa Quenchua "Anti" yang berarti Timur.


27. Sampai sekarang ini para Quenchua masih mempraktekan pernikahan tradisional mereka di Peru. Pernikahan ini adalah pernikahan yang dimana seorang pria dan wanita bebas memilih pasangannya dan mereka juga dapat mengakhiri hubungan mereka kapan saja. Bahkan sang wanita dapat menikah lagi kapanpun waktu yang mereka inginkan, dan anak hasil dari pernikahan sebelumnya tidak akan di ambil oleh salah satu dari pasangan tersebut namun akan menjadi anggota dari komunitas Quenchua.

28. Poncho merupakan sejenis baju tradisional yang selalu digunakan oleh bangsa Peru. Biasanya baju ini dibuat selama 500 sampai dengan 600 jam atau hampir 6 bulan lamanya. Pada umumnya anak Peru yang baru menginjak dewasa akan diberikan Poncho ini sebagai tanda kedewasaan, dan diharapkan Poncho tersebut akan bertahan sampai dengan akhir hayat mereka.

29. Burung Condor atau Vulthur Gryphus merupakan burung terbesar di dunia. Burung ini memiliki tinggi mencapai 1.2 m dengan lebar sayap yang mencapai 3 m, berat burung ini bisa mencapai 12kg. Burung ini dapat terbang melayang berjam-jam tanpa mengepakan sayapnya sama sekali, bagi suku Inca burung ini merupakan burung suci yang sangat dihormati.

30. Orang Peru kuno biasanya akan mengubur beberapa jenis makanan bersama dengan Meiat seseorang. Hal ini dilakukan karena mereka percaya bahwa makanan tersebut akan membantu para orang yang meninggal untuk bertahan ketika mereka akan menyebrang ke kehidupan selanjutnya. Bahkan para Aymara masih menyisipkan tumbuhan Coca di dalam kentang lalu menguburkannya sebagai persembahan untuk Ibu Bumi.

31. Orang-orang yang kita sebut sebagai Suku Inca sebenarnya adalah bangsa Quenchua, yang juga merupakan nama dari bahasa yang digunakan oleh suku Inca. Dalam bahasa Quenchua "Inca" sendiri berarti tuan dan juga sebuah kata yang diartikan pemimpin.



Video American Road Peru. by Barry Kusuma


Source : bheka

0 Response to "Fakta Unik Dan Menarik Tentang Peru"