HotCopas.net

Ketika Anda Dimanfaatkan Di Tempat Kerja...


Anda sedang dibebani load kerja yang tinggi, serta dilimpahi tugas-tugas di luar deskripsi pekerjaan yang ada dalam kesepakatan kerja? Mulanya Anda pikir hal tersebut itu adalah wujud rasa percaya perusahaan terhadap kemampuan Anda, namun karena terjadi terus-menerus, Anda lantas merasa bahwa tenaga Anda sedang dimanfaatkan.

Ada beberapa alasan yang bisa membuat Anda merasa demikian. Tanggung jawab yang diberikan kepada Anda terus bertambah, tapi kompensasi yang Anda terima tidak berubah dan tak sebanding dengan usaha yang Anda kerahkan. Perlu Anda ketahui, kondisi tersebut bukanlah situasi yang langka, melainkan dialami pula oleh banyak karyawan lain.

Anda penasaran apa sebenarnya yang membuat Anda sering dimanfaatkan di tempat kerja? Simak ulasannya berikut ini:

1. Tidak punya pendirian


Anda jarang mengeluarkan pendapat saat rapat divisi. Setiap ditanya oleh karyawan lain pun Anda cenderung hanya menjadi si “pengikut”. Belum lagi Anda selalu tampak kesulitan dalam membuat keputusan. Ciri-ciri karyawan seperti ini biasanya rentan disepelekan di lingkungan kerja. Melihat Anda yang tidak punya pendirian, orang lain pun tidak segan untuk memanfaatkan tenaga Anda.


2. Sulit berkata tidak


Kebiasaan mengiyakan permintaan atasan, senior, bahkan rekan selevel membuat Anda terjebak dalam situasi yang tak menyenangkan. Ketika senior memberi pekerjaan tambahan sementaran deadline pekerjaan utama sudah di depan mata, hati Anda mungkin sebenarnya keberatan. Namun, kekhawatiran akan muncul tanggapan negatif dari sekeliling membuat Anda sulit untuk menolaknya. Ketidakmampuan menghadapi peer pressure seperti inilah yang mengakibatkan Anda dimanfaatkan di tempat kerja.


3. Kurang percaya diri


Pekerjaan Anda bertambah, tapi gaji tak seberapa? Hal ini biasanya dikarenakan Anda tak menyadari kemampuan yang dimiliki. Lantaran kurang percaya diri bahwa Anda sebenarnya pantas menerima yang lebih baik, Anda pun rela dihargai seadanya untuk tanggung jawab atau risiko kerja yang berat. Kalau saja Anda cukup pede, mestinya tak sulit untuk memperjuangkan apa yang menjadi hak Anda.

Perusahaan yang melihat karyawan sebagai aset yang berharga pasti akan bersikap adil. Anda tak akan merasa dimanfaatkan, karena setiap kontribusi Anda selalu dihargai dengan sepantasnya. Akan tetapi, untuk menemukan perusahaan yang demikian Anda harus cermat. Pasalnya, tidak sedikit yang memiliki budaya kerja seperti yang berikut ini:
“Tidak adanya lembur maupun uang lembur, mengerahkan pegawai junior untuk segala hal sehingga pegawai junior terkadang merasa dimanfaatkan” – Mantan Karyawan Engineering Perusahaan Telekomunikasi di Jawa Barat


Source : vrohorv

0 Response to "Ketika Anda Dimanfaatkan Di Tempat Kerja..."