HotCopas.net

Salahkah Jadi Orang Pendiam?


Bagi sebagian orang ada yang menjunjung tinggi ungkapan Diam itu emas mereka yang menjunjung tinggi ungkapan ini biasanya mereka yang pendiam (ya ealahhh) tapi jangan sampai Diem diem ehh keluar Emas a.k.a Ceripit -Ngakak
Di Dunia Ini banyak banget tipe orang ada yg Cerewet , manis , asem , Asin , Rame Rasanya!! #omg korban iklan-Ngakak

kali ini Ts mau Membahas tentang Sifat dan sikap Ts sendiri yaitu DIAM.. Orang pendiam mempunyai banyak perbedaan dari kebanyakan orang terutama dalam hal kepribadiannya. Hal yang paling menonjol adalah mereka lebih suka menyendiri dan tidak suka dengan keramaian. Pada umumnya mereka mempunyai emosi yang agak labil. Itu sebabnya kenapa saat marah terkadang mereka lebih menyeramkan (pernah liat orang pendiam marah gan ?) dari pada yang lain walaupun sangat jarang ditemukan. Biasanya orang yang pendiam cenderung agak lama dalam hal mengambil keputusan untuk menentukan tindakan meskipun tidak menutup kemungkinan juga mereka lebih menonjol dalam suatu hal. Terkadang kita lihat ada teman kita yang harus berdiam terlebih dahulu sebelum berbicara atau bertindak istilah kerennya Lola gan (Loading Lama)

Kenapa orang pendiam lebih suka menyendiri daripada bergaul dengan orang-orang? Ada beberapa alasan yang menyebabkannya. Pertama, terkadang mereka lebih nyaman ketika menyendiri karena biasanya orang pendiam tidak suka dengan keributan atau kebisingan. Tapi jangan salah gan, sekalipun menyukai kesendirian, mereka akan merasa Di Asingkan ketika sendiri dalam sebuah kelompok (jadi perhatiin juga teman agan yg pendiam ).

Yang kedua, pemikiran atau prinsip dapat melakukan suatu hal dengan kemampuan sendiri dan merasa tidak butuh orang lain akan mendorong seseorang untuk menyendiri. Percaya pada diri sendiri memang diperlukan, tapi ternyata tidak bagus juga jika terlalu berlebihan. Kemudian, seseorang tidak terlau aktif karena berusaha menutupi kekurangnya, baik itu karena tidak pandai berbicara atau sulit bergaul dengan orang lain.

Akan tetapi terkadang ketika orang berdiam diri mungkin saja ia lebih memilih menjaga lisannya ketimbang mengucapkan hal yang tidak perlu. Meskipun hal-hal diatas terkesan sebagai kekurangan akan tetapi orang pendiam bukan berarti tidak mempunyai kelebihan.

Jika kita mau melihat lebih jauh, terdapat banyak kelebihan yang dimiliki orang-orang yang cenderung berdiam. Karena penggunaan otaknya lebih dipakai untuk merenung dan berpikir, biasanya mereka akan lebih bisa mengontrol kemampuannya dalam memilah mana yang benar dan mana yang salah.(ya mungkin gak semua orang pendiam begitu) Selain itu, kemampuan berimajinasi akan menjadikan seorang pendiam berjiwa seni tinggi karena biasanya mereka menuangkan pendapat/idenya melalui karya yang dihasilkannya, baik itu berupa lukisan , Tulisan, karya ilmiah atau yang lainnya. Orang pendiam biasanya lebih unggul dalam hal eksak yang membutuhkan pemikiran ketimbang berhubungan langsung dengan praktek dalam hal sosialisasi.

Meskipun seseorang yang pendiam lebih suka menyendiri, tapi tahukah Agan yang sebenarnya mereka butuhkan? Agan mungkin pernah melihat teman agan yang duduk sendirian jauh dari yang lain. Ia terlihat sangat tenang dan nampak menikmati kesendiriannya sehingga aganpun menjadi enggan untuk mendekatinya. Akan tetapi, pemikiran ini sepertinya harus agak di rubah.  Pada kenyataannya orang tersebut akan lebih senang jika agan hampiri dan temani. Apakah agan tahu kenapa? Mereka akan merasa diakui karena yang benar-benar mereka butuhkan adalah ….. “Teman”.(iya gan ! kami butuh Teman!!)

Howard Gardner, pada tahun 1983, mengusulkan The theory of multiple intelligences (teori kecerdasan ganda) pada diri masing-masing individu. Setiap manusia pasti memiliki kecerdasan di bidangnya masing-masing entah orang tersebut mengetahui atau tidaknya apa kecerdasan tersebut yang ada pada dirinya. Sudah banyak cara untuk mengetahui kecerdasan ganda pada seseorang, mulai dari beberapa pertanyaan, hingga melalui sidik jari.

Ada 8 kecerdasan pada diri manusia, diantaranya :

1. Kecerdasan spasial (Spatial), yaitu kemampuan visual, karir yang cocok misalnya arsitek, artist, designer, dll.

2. Kecerdasan linguistik, yaitu kemampuan dalam memainkan kata-kata/bahasa, seperti membaca, menulis, atau menghafal kata.

3. Kecerdasan logika-matematik, yaitu kemampuan dalam memainkan logika, menghitung, memainkan rumus, dll.

4. Kecerdasan jasmani-kinestetik, adalah kemampuan yang mengutamakan fisik seseorang seperti kekuatan, reflek, atau kelentukan tubuh.

5. Kecerdasan musikal, yaitu kemampuan bermain musik atau memainkan ritmik.

6. Kecerdasan interpersonal, yaitu kemampuan dalam bekerja sama, kooperatif dalam suatu tim. Seorang pendiam seharusnya tidak memiliki kemampuan ini karena kemampuan ini biasanya dimiliki oleh orang yang bersuara lantang.

7. Kecerdasan intrapersonal, orang yang memiliki kemampuan ini cenderung akan dengan mudah mengetahui kekuatan dan kelemahan dirinya sendiri.

8. Kecerdasan naturalistik, adalah kemampuan dimana orang dapat berinteraksi dengan alam seperti petani, tukang kebun, dll.

Jika kita lihat kecerdasan-kecerdasan di atas, kecerdasan linguistik dan interpersonal memungkinkan tidak adanya kecerdasan tersebut dari diri seorang pendiam. Untuk memainkan bahasa, sangat sulit oleh seorang pendiam dalam memainkan bahasa karena dia harus biasa berbicara. Dan untuk interpersonal mungkin sudah jelas karena seorang guru harus lantang berbicara di depan muridnya agar KBM bisa lebih efektif.

Kecerdasan intrapersonal mungkin adalah kecerdasan yang cocok untuk seorang pendiam karena mungkin dia hanya akan memikirkan dirinya sendiri, dan kurang percaya diri jika ingin melakukan sesuatu.

Seseorang bisa menjadi pendiam bisa juga tidak, tergantung dimanakah dia bersosialisasi. Seseorang menjadi pendiam bisa jadi karena pergaulannya yang kurang cocok dengan bakat, minat, atau kemampuannya. Misal, ada suatu komunitas, di dalam komunitas itu ada si A, si B, dan si C. Si A adalah pencinta game dan jarang mendengarkan musik, si B adalah pencinta musik dan bukan pencinta game, sedangkan si C adalah pecinta game sekaligus musik. Jika dalam komunitas itu sedang membahas tentang game, si B tidak akan banyak bicara. Begitu pula jika sedang membahas musik, si A juga tidak akan banyak bicara. Jadi, si C termasuk orang yang lebih banyak bicara daripada si A dan si B. (kurang lebih gitu gan)

kebiasaan apa aja sih yang di lakukan orang Pendiam ?
Menjadi seorang pendiam pun tidak selamanya buruk. Biasanya seorang pendiam tidak terlibat dalam suatu permasalahan seperti perkelahian, penganiayaan, atau hal yang lain yang merugikan orang lain. Seorang pendiam biasanya tidak berani melakukan tindakan-tindakan tersebut (kecuali jika dia adalah psikopat atau “diam-diam menghanyutkan” a.k.a pembunuh berdarah dingin).

Namun, sifat pendiam dari diri seseorang bisa dirubah karena itu bukanlah suatu kelainan, mungkin banyak caranya supaya tidak pendiam tapi mungkin ini salah satunya :

1. Mengubah penampilan. Orang yang pendiam biasanya terlihat “culun”. Cobalah ubah penampilan seperti orang lain yang tidak pendiam misal bajunya dikeluarkan, sekali-kali saja baju dikeluarkan agar terlihat tidak “culun” (kecuali guru-guru di sekolah tersebut banyak yang “killer”).

2. Cari pergaulan yang cocok dengan kelas, bakat, minat, atau kemampuan agan. Jika sudah mencari dan tidak ada yang cocok maka cobalah untuk menyamakan minat agan dengan orang-orang di sekitar agan(kalau mereka adalah orang yang tidak baik, tidak perlu berbicara dengan mereka).

3. Belajarlah bercanda dengan orang lain. Bergaullah dengan orang-orang yang sering melawak, banyak bicara, agar kebiasaan mereka bisa menular pada diri agan .

oiya gan TS juga seorang pendiam Ts Suka Berbicara Dengan Diri Sendiri
Ts merasa memiliki dua roh dalam satu raga,tapi inget gan ini bukan sakit jiwa maksudnya , begini, otak TS bertanya pada hati. jadi pendiam kalo Menurut TS adalah seorang pemikir dan selalu berfikir dan seorang penyendiri. Otak orang pendiam seperti server yang mengolah data tanpa henti. TS juga gak bakal bisa bicara sebanyak tulisan yang TS tulis -Ngakak

Mengakhiri Trit Sederhana Yang Mudah mudahan bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya, ts mengutip Perkataan Pakde jackie chan

" 'diam' dan 'tidak melakukan apa-apa' adalah dua hal yang sangat berbeda. Jadi tolong jangan selalu menganggap kalau orang diam berarti tidak melakukan apa-apa. "


Source : imnewbies

0 Response to "Salahkah Jadi Orang Pendiam?"