HotCopas.net

TarKam ( Antar Kampung ), Bukan Sepak Bola Biasa

Sepak Bola Merupakan salah satu cabang olah raga paling populer di dunia, hampir semua lapisan masyarakat dimanapun mereka berada menyukai olah raga yang satu ini. Karena banyak yang menyukai dan memainkannya maka banyak pertandingan dan kompetisi yang dilaksanakan, baik yang bersifat profesional dan berskala nasional atau pun yang amatiran. Untuk yang amatiran ini banyak tingkatannya pula, salah satunya adalah pertandingan sepak bola antar kampung atau yang biasa kita sebut tarkam. Ada banyak cerita seru di dalamnya, kebetulan sekali ane pernah merasakan sendiri meski cuma sebatas bermain satu dua kali. Dalam thread sederhana kali ini ane me ngangkat tema tarkam karena “unik” dan menarik untuk dibahas.

Untuk Membuat Semua Orang Suka Terhadap Sebuah Karya Itu tidak akan Pernah Bisa
Selalu Saja Ada yang Suka dan Tidak Suka
Ane Mohon Maaf Jika Ada yang Tidak Berkenan


Serba Serbi Sepak Bola Antar Kampung

Hadiah Tidak Seberapa... Yang Penting Gengsi
Bisa dikatakan dalam setiap kompetisi sepak bola antar kampung itu hadiahnya tidak seberapa besar, kecuali jika ada donatur tetap yang membantu atau ada sponsor yang tertarik dengan event tersebut, tapi tetap saja hitungannya kecil untuk ukuran hadiah, Namun itu bukan menjadi persoalan, yang penting adalah gengsi karena membawa nama kampung sehingga harus dibela mati-matian di lapangan.


Antar Kampung tapi Pemainnya Banyak dari Luar Kampung
Karena gengsi yang besar maka segala cara dilakukan untuk dapat memenangkan kompetisi, salah satunya adalah dengan membayar pemain bagus dari luar kampung, tidak ada kontrak disini seperti pemain profesional, yang ada adalah hasil pembicaraan saja yang sudah disepakati. Pemain yang jago biasanya menjadi rebutan, bahkan tidak jarang pemain dari luar daerah pun diambil, ane jadi ingat ketika beberapa tahun kemarin saat kompetisi profesional di negara ini macet, banyak pemain yang levelnya nasional harus masuk kampung untuk ikut kompetisi.


Keras Menjurus Kasar
Dalam Pertandingan sepak bola antar kampung perangkat pertandingan seperti wasit dan asistennya biasanya dari pssi setempat, namun seperti para pemain yang levelnya masih amatiran maka wasitnya juga begitu, sehingga terkadang aturan dalam sepak bola yang baik sering tidak jalan dan yang membahayakan justru dibiarkan, salah satunya adalah permainan keras menjurus kasar dan brutal bahkan semau-maunya. Adu kaki adalah hal yang biasa, jangan heran jika setelah pertandingan selesai banyak pemain yang cidera.


Karena Gengsi, Segala Cara pun dilakukan
Di atas tadi ane sudah menuliskan bahwa gengsi adalah nomor satu sahingga segala cara pun dilakukan supaya bisa mencapai tujuan yakni kemenangan. Percaya atau tidak percaya sepak bola antar kampung itu banyak “magic”nya, atau bahasa kasarnya banyak yang menggunakan dukun. Tidak hanya saat pertandingan berlangsung saja mereka berperan, sebelum pertandingan juga mereka banyak ritual dan terkadang para pemain pun akan mendapat “ritual” khusus. Aneh ya, ini pertandingan sepak bola apa adu kesaktian.


Jangan Heran Ketika Melihat Banyak “Keanehan” Saat Pertandingan
Ini masih ada hubungannya dengan point empat diatas, karena sudah ada unsur tidak terlihat yang ikut berperan di dalamnya jadi jangan heran jika saat sebuah pertandingan sedang berlangsung akan ada banyak “keanehan” yang terjadi, mulai dari pemain bahkan sampai penonton pun akan aneh.. boleh percaya boleh tidak tapi memang seperti itu lah yang sering terjadi, dan ini tidak hanya di negara kita saja, di luar negeri pun masih banyak yang seperti ini.


Ada Yang Punya Cerita Lain ?

Source : colot_nay

0 Response to "TarKam ( Antar Kampung ), Bukan Sepak Bola Biasa"