HotCopas.net

Tips-Tips Menikmati Liburan Semasa Musim Hujan

Diperkirakan puncak La Nina terjadi sejak Juni hingga September, hal ini membuat seolah Indonesia tidak mengalami musim kemarau di tahun ini. Hal ini bisa terjadi karena peningkatan suhu muka laut di perairan Indonesia yang membuat intensnya penguapan dan pembentukan awan sehingga hujan menjadi sering muncul. Bahkan cuaca ekstrem terjadi di beberapa wilayah Indonesia yang menyebabkan banjir hingga longsor. Secara singkat kurang lebih begitulah penjelasannya.

Nah, kebayang dong jika intensitas hujan meningkat bahkan diwaktu-waktu yang kita pikir sudah masuk musim kemarau akan menyebabkan beberapa rencana kita mungkin terganggu, termasuk rencana liburan. Ya, bagi kamu yang sudah berencana liburan di dalam negeri dalam beberapa bulan ini, maka bersiaplah dengan kemungkinan hujan yang terjadi.

Terus kalau hujan beneran pas lagi liburan gimana dong? Kesel sih memang, tapi toh liburan kan tujuannya buat bikin otak seger, kalau jadi kesel dan bete tentu tujuan itu gak bakal tercapai. Satu-satunya cara jika memang terjebak dalam cuaca hujan pas lagi liburan ialah dengan menikmatinya saja. Terdengar klise memang, tapi apa salahnya berpikir sederhana seperti anak-anak yang justru menyukai bermain hujan.

Nah, kali ini kita bahas tips-tips yang bisa kamu pakai sebagai rujukan ketika terpaksa menjalani liburan dengan kondisi alam yang lagi mencurahkan karuniaNya melalui hujan.


1. Sudah Terjebak di Lokasi Ketika Hujan Turun Ke Bumi? Bikin Aja Sensasi dengan Berfoto di Tengah Hujan



Gak semua orang memang mau melakukan hal konyol ini. Sekalinya kamu mau, tapi mungkin kamu gak bawa baju ganti. Ada aja memang alasan dan kendalanya. Tapi toh dimana ada niat, disitu pasti ada jalan. Kalau kamu mau, lakukan saja hal konyol ini, karena gak cuma terlihat konyol, tapi justru kamu bakal mendapat sesuatu yang belum tentu orang lain dapatkan. Ya, berfoto di tengah hujan dengan latar objek wisata yang sedang kamu kunjungi tersebut.

Di saat yang lain menepi dan berteduh, kamu justru mendapat keuntungan ekstra dimana area gerak kamu menjadi lebih luas dan fotomu tak akan dicemari dengan keramaian orang. Bonusnya lagi, hujan akan jadi penambah kesan dramatis yang membuat foto kamu pasti disukai oleh banyak orang. Bahkan bisa jadi kamu akan menarik orang lain untuk melakukan hal serupa.

Ini satu contohnya, dimana hujan justru memberikan sensasi lain dari sebuah foto. Tempat yang mungkin biasa dijadikan spot berfoto oleh kebanyakan orang, justru bisa kamu buat menjadi berbeda dengan kreativitas bersama bantuan hujan.

Sensasi Lain dari foto saat hujan


2. Putar Haluan Juga Tak Masalah, Bukan? Kunjungi Tempat-tempat yang Justru Lebih Mempesona Kala Hujan Tiba

Karena semua yang kita rencanakan tak harus selalu sesuai, maka nikmati saja. Bagi kamu yang terbiasa Traveling, pasti sangat mengerti hal tersebut. Jika memang tempat yang kamu tuju ternyata tidak mungkin dikunjungi saat hujan, misalkan snorkeling di kepulauan atau mendaki di bukit batu, maka jangan juga memaksakan diri. Jangan sampai keselematan dan kesehatan dikorbankan untuk memenuhi hasrat.

Putar saja haluan menuju tempat-tempat lain yang justru bisa mengeluarkan pesona lainnya ketika hujan. Persawahan, perkebunan, hutan pinus, atau pemandian air panas adalah beberapa contohnya. Jika memang memungkinkan dan tersedia, alihkan saja tujuan kalian kesana. Panorama tempat-tempat tersebut saat hujan atau setelahnya justru seringkali diburu oleh fotografer dan kamu jangan sampai melewatkan pula.

Meski badai, tapi persawahan saat hujan ibarat memberi ketenangan


3. Hujan? Nikmati Saja Bersama Secangkir Kopi Hangat

Seringkali ketika liburan, kita terlalu fokus untuk menyambangi sebanyaknya tempat wisata hingga lupa untuk memanjakan diri dan menikmati setiap detiknya. Ketika hujan yang tidak kamu harapkan ternyata datang lebih cepat, jangan buru-buru mengeluh. Mungkin itu salah satu cara terbaik agar kamu bisa sedikit rehat dari keasyikan berselfie ria.

Biasanya, di tempat wisata ada saja warung bukan? Jika biasanya kamu mengabaikannya, namun ketika hujan bisa menjadi kesempatan untuk kamu mampir dan memesan secangkir kopi. Kehangatan kopi ketika dinginnya hujan akan menjadi terapi tersendiri bagi badan untuk relax. Dengan begitu juga kamu bisa memanfaatkan untuk bersosialisasi dengan wisatawan lain atau si penjaga warung. Akhirnya, kamu tidak hanya bisa istirahat, tetapi juga mendapat pengetahuan baru dari mereka.

Kopi dan Hujan adalah pasangan serasi


4. Wista Kuliner, Obat Pengobat Bete

Kata orang, makanan enak mampu mengobati mood jelek. Katanya juga, tak lengkap ke satu tempat tanpa mencoba makanan khas nya. Nah, kedua hal itu bisa kamu lakukan ketika hujan tiba. Dibanding mengeluh, lebih baik makan bukan?

Ya, mencari santapan bisa kamu lakukan ketika terjebak dalam hujan. Kembali putar haluan dan cari tahu tempat-tempat makan yang asyik atau yang khas daerah setempat. Berlama-lama di tempat makan pun tak jadi masalah sembari menunggu hujan reda, setidaknya kamu bisa menyegarkan pikiran dengan relaks di tempat makan.

Menikmati kudapan ketika hujan tengah asyiknya turun juga akan terasa lebih nikmat. Apalagi, hujan biasanya punya keajaiban karena dia bisa masuk ke memori paling permukaan sehingga bisa dengan mudah diingat kembali di kemudian hari. Karenanya, dengan berwisata kuliner saat hujan bisa membuatmu jauh lebih mudah mengingatnya di hari-hari kemudian.

Berwisata kuliner bisa jadi pilihan saat hujan


5. Masih Hujan? Wisata Indoor aja

Gak ada alasan untung mengeluh saat hujan. Kalau kamu terhalang mengunjungi tempat wisata alam atau yang outdoor, maka kamu bisa memilih alternatif lain dengan mengunjungi tempat wisata yang indoor, seperti museum, indoor theme park, dan sebagainya. Atau jangan-jangan kamu gak punya minat berlibur di museum? Ah, cobalah melunak sedikit. Museum juga punya sisi-sisi menyenangkan yang mungkin sebelumnya belum kamu ketahui sehingga kamu malas ke sana. Apalagi sekarang sudah banyak museum-museum sejarah yang dikemas lebih menarik dan instagenic.

Museum juga menyenangkan


 Itulah 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan mood baik alias membuat nikmat liburan yang sebelumnya terganggu karena hujan. Tapi jangan lupa juga kalau kamu harus ‘sedia payung sebelum hujan’ sebelum hujan benar-benar datang.

Berikut kita bahas juga 5 hal yang harus dipersiapkan dalam liburan saat cuaca sering hujan dadakan.

1. Update Terus Prakiraan Cuaca

Di era digital seperti saat ini tentu bukan hal sulit untuk selalu update prakiraan cuaca di suatu tempat melalui telepon pintar. Dengan memantau kondisi cuacanya, kamu bisa memperkirkirakan pula kemungkinan-kemungkinan yang bisa menjadi pilihan serta perlengkapan yang harus dibawa.

Update prakiraan cuaca via smartphone


2. Sedia Payung Sebelum Hujan

Kali ini bukan istilah tetapi bermakna sebenarnya. Karena musim hujan, sudah tentu kamu harus membawa peralatan yang akan membantu menghindari diri dari guyuran hujan, baik itu payung ataupun jas hujan. Meskipun memang akan menambah beban bawaan, tetapi akan lebih baik dibanding kesulitan mencari perlengkapan tersebut ketika sudah berada di lokasi tujuan.

Perlengkapan Hujan


3. Jaga Stamina Tubuh

Seperti yang sudah dibahas di awal artikel, masih dalam beberapa bulan kedepan sebagian wilayah Indonesia akan mengalami cuaca yang cukup ekstrem. Kondisi yang tidak menentu dengan fluktuasi suhu alam yang tinggi pasti akan berpengaruh terhadap kondisi tubuh. Apalagi ketika tengah liburan, aktivitas tubuh akan juga meningkat terlebih lagi jika berlibur di luar ruangan. Karenanya penting untuk terus menjaga stamina dengan beragam cara seperti perbanyak minum air putih, mengkonsumsi vitamin C, hingga jika perlu membawa juga obat-obatan yang biasa dikonsumsi untuk menjaga dan mengobati kesehatan tubuh.



Source :  komunitasjalan2

0 Response to "Tips-Tips Menikmati Liburan Semasa Musim Hujan"