HotCopas.net

4 Kesalahan Terbesar, Masih Awal Bulan Tapi Gaji Tinggal Remah-remah

Padahal masih awal bulan, tapi uang gaji kita hanya tinggal sisa-sisa. Nggak jarang kita berusaha mencari-cari alasan penyebab uang kita sangat cepat habis, padahal tanggal gajian masih lama. Sebenarnya apa sih kesalahan yang kita lakukan?



Tanpa kamu sadari, kesalahan itu berasal dari gaya hidup serta buruknya kemampuan manajemen uang yang kita lakukan sendiri. Berikut ini empat hal kesalahan manajemen keuangan yang tanpa kita sadari terus menerus kita lakukan.

1. Menggunakan kartu kredit dan tidak langsung membayarnya


Kebanyakan dari kita rasanya gampang banget menggesek kartu kredit untuk beli kopi, beli tiket konser, atau hal-hal lain yang sebenarnya nggak begitu penting. Tapi kamu nggak langsung bayar kartu kredit dan malah menunda pembayarannya.
Sistem 'punya dulu, bayar kemudian' memang sangat menggoda, namun ternyata bisa membuatmu terjebak dalam masalah keuangan yang serius. Bunga kartu kredit yang akan terus membesar bisa mendorongmu masuk ke dalam lubang hutang yang akan membuatmu sulit bernapas.
Jika kamu memang harus menggunakan kartu kreditmu, sebisa mungkin langsung melunasinya setelah kamu menggunakannya agar bunga turunannya tidak terus membesar. Pergunakan kartu kredit secara bijak untuk membeli barang yang memang kamu butuhkan, kalau hanya untuk sekedar ngopi saja demi mendapatkan gelas upsize, sebaiknya jangan.


2. Tidak memisahkan rekening tabungan


Setiap bulan setelah gajian, pasti kita kepikiran untuk memisahkan uang yang akan ditabung. Tapi di akhir bulan, kita baru sadar kalau uang yang kita tabung juga terpakai. Pasti banyak dari kamu yang mengalaminya, kan? Ini dikarenakan kamu nggak memisahkan uang tabungan dengan uang yang kamu pakai sehari-hari.
Setelah gajian, usahakan agar kamu langsung menyetorkan uang tabunganmu ke rekening lain supaya nggak kamu pakai. Dengan begitu, uang tabunganmu bisa terkumpul. Bahkan kalau perlu, ikut program tabungan berencana agar uang di rekening itu tidak bisa kamu ambil. Kalau kamu nggak punya rekening lain, kamu bisa menyimpannya di dalam celengan tradisional.


3. Tidak merasa membutuhkan investasi


Jujur saja, pasti banyak dari kamu yang belum terlalu peduli dengan investasi, kan? Mungkin banyak dari kita kaum muda yang masih mikir 'Buat apa sih investasi? Kita kan masih muda!'. Pemikiran semacam ini justru salah banget! Sejak masih muda, harusnya kita sudah mulai berpikir akan kemana uang kita diinvestasikan.
Nggak perlu deh mengecek harga indeks saham kalau kamu merasa terlalu ribet. Kamu bisa mulai berinvestasi dari yang paling gampang, mulai dari membeli emas. Setiap tahun harga emas selalu naik, jadi cocok banget nih buat dijadikan investasi. Selain emas, cara investasi gampang lain adalah melalui dollar. Sama seperti emas, harga dollar juga cenderung mengalami peningkatan. Jika suatu saat kamu punya kebutuhan, kamu pun bisa menjual harga emas dan dollar dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan kamu beli.


4. Suka makan di luar


Menghabiskan waktu di luar sambil kongkow bareng teman selama berjam-jam mungkin jadi kegiatan favoritmu, tapi kegiatan inilah yang sebenarnya menguras kantongmu. Kalau hanya sebulan sekali mungkin nggak akan begitu mempengaruhi, tapi kalau sampai tiap minggu, bahkan dalam satu minggu bisa beberapa kali, siap-siap selalu bangkrut di pertengahan bulan, ya!

Coba kamu hitung, sekali kongkow kamu harus membayar Rp 50 ribu buat makan. Habis makan, kamu mampir ke tempat ngopi yang harga per gelasnya mencapai Rp 50 ribu. Satu kali kongkow bisa Rp 100 ribu, gimana kalau dalam sebulan bisa lebih dari lima kali, mungkin kamu mesti puasa di minggu-minggu terakhir sebelum gajian.

Daripada menghabiskan banyak uang buat makan dan kongkow di luar, lebih baik janjian dengan temanmu untuk memasak di rumah. Selain lebih santai, memasak di rumah juga tidak membutuhkan biaya besar karena biaya belanja bisa dibagi-bagi. Waktu yang dihabiskan juga bisa lebih lama.


Source : yulifsar

0 Response to "4 Kesalahan Terbesar, Masih Awal Bulan Tapi Gaji Tinggal Remah-remah"