HotCopas.net

Penggemar Sambal Sejati? Udah Pernah Cobain Sambal-Sambal Khas Nusantara Ini Belom?

Hallo Agan-Agan ganteng dan Sista-Sista kece setelah beberapa hari ane nggak buat thread, kali ini ane balik lagi bikin thread yang diharapkan bermanfaat buat gansis semua.. Langsung ane mulai thread ane, cekidot!!

Pelengkap makanan ini menjadi favorit sebagian besar orang Indonesia, di dominasi dengan rasa pedas dan warna merah. Kira-kira udah bisa nebak belum yang dimaksud? Yup! Sambal, sepertinya bagi orang Indonesia kurang afdol makan tanpa rasa pedas dari sambal. Akan tetapi gansis tau nggak jenis-jenis sambal yang ada di Indonesia? Sambal terasi, sambal tomat, sambal kecap, sambal cabe hijau, sambal mangga, sambal kacang, kira-kira ada sambal apa lagi? Yuk kenali sambal yang ada di Indonesia.

1. Sambal Bawang


Jika Agan dan Sista merupakan pecinta pedas tingkat dewa, sambal ini menjadi salah satu pilihan yang tepat. Perpaduan cabai, bawang merah dan bawang putih menambah cita rasa sambal bawang ini. Bawang putih menambah pedasnya jenis sambal ini, begitupun bawang merah yang membuat sedap dan menambah cita rasa makanan.


2. Sambal Bajak


Buat gansis yang suka rasa pedas manis, sambal bajak inilah jawabannya. Sambal khas Jawa Tengah selain disantap bersama nasi, juga biasanya disantap bersama gorengan. Sambal Bajak juga mempunyai cita rasa yang lebih kaya karena bahan utamanya tidak hanya cabai, tetapi juga bawang merah, terasi, gula jawa, air asam jawa dan tomat.


3. Sambal Dabu-Dabu


E do do e ngana pe sanang sambal? Agan dan Sista tau dari daerah manakah bahasa tersebut? Manado.. Begitupun Sambal Dabu-Dabu ini yang juga berasal dari kota tersebut. Keunikan sambal ini adalah tidak perlu di ulek, cukup di iris-iris saja bahan Sambal Dabu-Dabu, terlebih lagi perasan jeruk nipis akan membuat rasa sambal ini semakin segar. Biasanya Sambal Dabu-Dabu ini adalah pelengkap dari ikan bakar rica-rica.


4. Sambal Roa


Sambal Dabu-Dabu tak hanya satu-satunya sambal khas Manado lho, karena ada Sambal Roa yang menjadi oleh-oleh khas kota Tinutuan ini. Perpaduan suwiran daging ikan roa panggang yang dihaluskan, dicampur dengan bumbu khas dan bumbu pelengkap lainnya membuat cita rasa sambal ini benar-benar khas banget. Salah satu makanan yang sering disandingkan dengan sambal Roa ini adalah pisang goreng lho! Sambal ini pun sudah terkenal menjadi oleh-oleh khas Manado gansis.


5. Sambal Matah


Gansis jika Manado punya Sambal Dabu-Dabu, Bali punya Sambal Matah. Cara penyajiannya pun hampir sama tidak perlu diulek apalagi ditumis, hanya saja pada sambal Matah ditambahkan serai yang menjadikan khas aroma sambal ini. Sambal Matah mempunyai arti sambal mentah dan terbuat dari bahan-bahan yang segar. Terlihat seperti salad berbahan dasar cabai ya.


6. Sambal Bongkot


Masih berasal dari Bali ,sambal kali ini terbuat dari Bongkot yaitu nama lain dari bunga kecombrang yang menjadi bahan utama sambal ini. Bongkot yang diiris tipis-tipis, dicampur dengan cabai rawit dan bawang. Rasanya? Cobain sendiri aja, dijamin nagih.


7. Sambal Tempoyak


Merasa asing mendengar Tempoyak? Tempoyak adalah daging buah durian yang di fermentasi. Cara membuat tempoyak adalah siapkan durian yang matang kemudian kamu taruh di toples, jangan lupa untuk menambahkan garam yah, lalu tutup rapat selama satu minggu. Setelah itu gansis tinggal menambahkan bahan-bahan membuat sambal pada umumnya dan tumis deh. Rasa yang dihasilkan Sambal Tempoyak ini sudah pasti pedas, bercampur asam dan manis yang dihasilkan oleh tempoyak.


8. Sambal Belut


Kalo makan sambal ini sepertinya tidak perlu lauk lagi ya, langkah pertama adalah Agan dan Sista harus membersihkan belut dan isi perutnya, kemudian goreng belut tersebut hingga kering dan campur dengan sambal buatan yang sesuai selera gansis deh! Terlihat seperti ayam penyet ya, tetapi sudah pasti daging belut memberikan sensasi yang berbeda dong.


9. Sambal Petai


Gansis, adalagi nih sambal 2 in 1 yang bisa dicoba, apalagi kalau gansis penggemar petai. Cukup dengan mengulek semua bahan untuk membuat sambal, kemudian tumis bahan-bahan tersebut dan masukkan petai. Duh aromanya pasti mak nyus!


Demikian sambal-sambal khas Nusantara dengan cita rasa yang berbeda. Kalau Agan dan Sista sudah mencoba sambal kekinian seperti sambal setan, sego sambal, sambal teroris, hingga sambal ngondek, jangan lupa cobain sambal khas Indonesia diatas ya, mana favoritmu?


Source : skicloud

0 Response to "Penggemar Sambal Sejati? Udah Pernah Cobain Sambal-Sambal Khas Nusantara Ini Belom?"