HotCopas.net

Hati-Hati Terhadap Tanaman Yang Dapat Meracuni Anjing dan Kucing


Meskipun anjing dan kucing lebih menyukai daging, kedua hewan ini pada dasarnya kadang masih menggigit dan menelan tanaman. Namun, karena beberapa tanaman beracun, pemilik kucing dan anjing harus lebih waspada.

Pemilik kucing harus menjauhi bunga lili terutama true lilies, termasuk varietas tiger, Asiatic, Easter dan Japanese. Beberapa kelopak dan daun dari bunga ini dapat menyebabkan gagal ginjal pada kucing. Begitu juga dengan daylilies. Bunga lili juga dapat menyebabkan beberapa gejala gangguan pencernaan pada anjing.

Tumbuhan lainnya dapat merusak organ kedua hewan ini. Tumbuhan jarak mengandung risin yang dapat menyebabkan gagal ginjal pada kucing dan anjing. Bahkan, jika hewan tersebut memakan sekitar satu ons, bisa dijamin hewan tersebut akan mati.

Tanaman lain dapat merusak hati. Satu biji pohon sagu mengandung cukup racun cycasin yang mampu merusak hati bahkan menyebabkan kematian. Crocus mengandung colchicine yang merusak hati dan ginjal juga kegagalan sistem pernafasan pada kuncing dan anjing.

Tumbuhan lain dapat menimbulkan kerusakan yang sangat parah pada jantung. Azalea atau saliyah mengandung grayanotoxin yang dapat membuat hewan koma dan kolaps di bagian kardiovaskular. Semak orleander dapat memperlambat denyut jantung dan berpotensi berakibat fatal.

Untuk data yang lebih lengkap mengenai tumbuhan apa saja yang dapat meracuni hewan, Anda bisa langsung mengunjungi situs APSCA.

Dalam semua kasus keracunan, pengobatan dengan mengidentifikasi racun memiliki peran penting. Maka dari itu, bawalah contoh tanaman atau muntahan saat membawa hewan ke dokter hewan. (LiveScience)

0 Response to "Hati-Hati Terhadap Tanaman Yang Dapat Meracuni Anjing dan Kucing"