HotCopas.net

4 Cara Ampuh Membuat Orang Menuruti Permintaanmu


Sebagai makhluk sosial, kita selalu membutuhkan bantuan orang lain. Sungguh sangat menyenangkan bila ada banyak orang yang bisa diminta bantuan ketika tengah dilanda kesusahan. Namun pada kenyataannya meminta seseorang melakukan sesuatu untuk diri kita bukanlah hal yang mudah.

Kesulitan ini bukan berarti orang tersebut tak punya rasa empati. Ada kalanya seseorang memiliki prioritas yang lebih penting di hidupnya. Termasuk diri kita yang kerap berpikir dua kali untuk memenuhi permintaan orang lain.

Eits, tapi tunggu dulu. Ada beberapa kiat yang bisa dilakukan agar orang lain bersedia menuruti permintaan kita. Penasaran? Simak empat cara berikut.

1. Pilih kata-kata yang bersifat menggiring.

Meminta sesuatu hendaknya disampaikan dengan cara memberi pilihan, bukan memerintah. Akan tetapi, pilihan tersebut haruslah dicondongkan pada hal yang kita inginkan. Hal ini seperti teknik memaksa secara tidak langsung.

Kamu juga bisa menggunakan kata-kata yang bersifat menggiring. Daripada berkata "Apa kamu mau mengerjakan tugas ini?", lebih baik berkata "Kamu pasti bisa mengerjakan tugas ini, kan?" atau "Melakukan ini tentu merupakan hal yang mudah bagimu, bukan?". Kata-kata semacam itu dinilai mampu menggiring alam bawah sadar seseorang. Sehingga ia akan tergerak mengikuti permintaan kamu.

2. Perlakukan dengan baik.

Tak ada orang yang tak akan luluh hatinya bila diperlakukan secara terus-menerus dengan baik. Ya, bersikaplah baik pada setiap orang. Bukan hanya sekali, tetapi berkali-kali. Jangan sungkan menunjukkan pada orang lain bahwa kamu rela berkorban untuknya.

Kelak ketika kamu meminta orang tersebut melakukan sesuatu untukmu, niscaya ia akan sulit menolak. Setiap kali ingin berkata tidak, segala kebaikanmu akan terbayang dalam pikirannya.

3. Jadilah seorang teladan.

Inilah mengapa seorang public figure banyak dicintai dan memiliki banyak pengikut. Mereka selalu menjaga tingkah laku dan perkataan di mana pun berada. Anggaplah dirimu seperti mereka. Anggaplah setiap tempat memiliki kamera pengintai kecuali di rumah sendiri.

Dengan demikian kalian akan selalu berhati-hati dan berusaha menjadi teladan yang baik. Nah, orang lain tentu akan merasa segan untuk menolak permintaan darimu. Mereka akan merasa malu bila tak bisa mengerjakan suatu hal untuk orang yang sehari-hari mampu bertindak sebagairole model.

4. Jangan pernah memaksa.

Pada hakikatnya, tak ada manusia yang senang dipaksa. Di era globalisasi ini, segala hal sudah berlangsung dua arah. Daripada menyebutnya sebagai perintah, lebih baik membuat kesepakatan. Ingatlah bahwa semakin dipaksa, seseorang cenderung untuk membenci dan menolak.

Selalu berikan secercah kemungkinan bagi orang lain untuk menolak dan kelak kamu justru akan menemukan kesepakatan bersama orang tersebut.

Wah, ternyata tak begitu susah, bukan? Mulai sekarang mari perbaiki sikap sebelum meminta orang lain menuruti permintaanmu.

0 Response to "4 Cara Ampuh Membuat Orang Menuruti Permintaanmu"