HotCopas.net

7 Fakta Mencengangkan Masjid Al-Aqsa


Masjid Al-Aqsa, yang artinya “masjid terjauh”, merupakan kompleks di Kota Tua Yerusalem, Masjid Al-Aqsa secara luas dianggap sebagai tempat suci ketiga oleh umat Islam.
1. Tempat pembantaian

Siapa sangka bahwa Masjidil Aqsa rupanya pernah menjadi tempat pembantaian puluhan ribu muslim. Ini terjadi pada saat Tentara Salib pertama kali menguasai Yerusalem. Mereka menemukan banyak penduduk muslim berada di masjid tersebut hingga eksekusi terjadi.

Penduduk muslim yang selamat dari pembantaian disalibkan pada sebuah salib besar yang ditempatkan di dekat pusat masjid. Salib ini kemudian dirusak oleh Salahuddin Al Ayubi saat menakhlukkan Yerusalem. Pondasi salib itu masih terlihat hingga kini.

2. Makam para nabi

Banyak nabi dan sahabat Nabi Muhammad, seperti Salman Farsi, yang dimakamkan di sini. Nabi Sulaiman menjadi salah satu yang diyakini meninggal di sekitar Masjidil Aqsa. Makamnya diduga kuat berada di sini pula.

3. Jadi tempat pijakan Nabi Muhammad

Umat muslim meyakini, Nabi Muhammad singgah di Masjid Al-Aqsa dalam perjalanan Isra Mikraj menuju langit. Tempat pijakan tersebut berbentuk batu yang kini terdapat di Dome of The Rock.

4. Pernah hancur akibat gempa bumi

Masjid Al-Aqsa pernah hancur seluruhnya akibat gempa bumi pada tahun 746 kemudian dibangun kembali khalifah Abbasiyah Al-Mansur pada tahun 754 dan dikembangkan lagi oleh penggantinya Al-Mahdi pada tahun 780.

5. Jadi tempat pembuangan sampah

Wilayah masjid Al-Aqsa pernah difungsikan sebagai tempat pembuangan sampah. Itu terjadi saat bangsa Romawi merebut wilayah Yerusalem dan mengusir seluruh orang Yahudi.

6. Pernah dibakar

Pada 21 Agustus 1969, Masjidil Aqsa pernah dibakar yang menyebabkan mimbar kuno peninggalan Shalahudin Alayyubi musnah. Palestina dan Israel pernah saling tuding. Namun, belakangan baru diketahui bahwa pembakarnya adalah turis Australia, Denis Michael Rohan.

7. Terdapat banyak masjid

Masjid Al-Aqsa ternyata bukanlah satu-satunya masjid di kompleks tersebut. Selain masjid Al- Aqsa, ada pula Masjid Qibla, Masjid Al Sakra alias Dome of the Rock, Masjid Buraq, Masjid Marwani dan masjid-masjid lainnya.

0 Response to "7 Fakta Mencengangkan Masjid Al-Aqsa"