HotCopas.net

Gobekli Tepe, Kuil Peradaban Prasejarah di Turki Yang Berliput Misteri


Gobekli Tepe adalah situs arkeologi yang ditemukan di wilayah pegunungan Semenanjung Anatolia, Turki. Sejak penemuannya hingga sekarang, situs ini masih diliputi misteri.

Struktur megalitikum ini diperkirakan lebih tua daripada struktur batu pertama yang dibangun di area Stonehenge, Situs Warisan Dunia yang ada di Inggris. Dan seperti kebanyakan situs prasejarah, kurangnya bukti tertulis membuat riwayat peninggalan penting ini sulit ditelusuri.

Menurut situs Smithsonian, berdasarkan piktogram-piktogram hewan di batu-batu Gobekli Tepe, para ahli berpendapat kalau tempat ini dulunya adalah semacam altar pemujaan untuk arwah orang-orang yang sudah meninggal. Jika teori tersebut benar maka Gobekli Tepe adalah tempat pemujaan tertua di dunia.

Namun, yang menjadikan tempat ini misterius adalah fakta bahwa struktur megalitikum baru muncul pada masa ketika manusia prasejarah sudah meninggalkan pola hidup nomaden.

Sementara sejumlah bukti mengindikasikan kalau bangunan ini dibangun oleh manusia prasejarah yang masih menganut pola hidup berburu dan berpindah-pindah. Keanehan ini memicu kemunculan teori tentang alien kuno yang membangun Gobekli Tepe.

Selain itu, tiga buah lingkaran batu yang menjadi bagian Gobekli Tepe sengaja dibuat terkubur dalam tanah. Tak diketahui apa tujuannya. Yang pasti masih banyak areal sekitar Gobekli Tepe yang masih menunggu untuk digali dan ditemukan.

0 Response to "Gobekli Tepe, Kuil Peradaban Prasejarah di Turki Yang Berliput Misteri"