HotCopas.net

Liga Arab Memperingatkan Trump Mengenai Konsekuensi Pengakuan Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel


Ketua Liga Arab Ahmed Aboul Gheit mengingatkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bahwa jika dirinya mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, maka hal tersebut merupakan tindakan tak terhormat. Menurut mereka, aksi Trump tersebut nantinya hanya akan meningkatkan fanatisme dan kekerasan serta berpotensi merusak proses perdamaian Israel-Palestina. "Sangat disayangkan beberapa orang bersikeras melakukan langkah ini tanpa memperhatikan bahaya yang ditimbulkannya terhadap stabilitas Timur Tengah dan seluruh dunia," ujar Ahmed, seperti dilansir laman Times of Israel, Senin 4 Desember 2017.

Dia menambahkan bahwa tidak ada yang akan membenarkan keputusan Trump tersebut. "Tindakan ini hanya akan menimbulkan ketidakstabilan dan hanya akan mengobarkan fanatisme dan malah menimbulkan kekerasan," imbuhnya.

Ia menambahkan Liga Arab mengikuti perkembangan isu ini. Mereka berkoordinasi mengenai bagaimana posisi Liga Arab nantinya jika Trump mengambil langkah tersebut.

Minggu kemarin, Menteri Luar Negeri Palestina Riad al-Maliki menyerukan agar Liga Arab dan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) membahas situasi di Yerusalem.

Permintaan itu disampaikan lewat pembicaraan telepon diplomat utama Palestina dengan Aboul Gheit dan Sekretaris Jenderal OKI Yousef al-Othaimeen.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan langkah itu akan membahayakan masa depan proses politik di kawasan.
Sejak kampanye pemilihan presiden 2016, Trump berjanji memindahkan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem. Langkah itu dianggap sebagai pengakuan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Trump berencana mengumumkan pengakuan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel paling cepat Selasa besok. Namun kabar itu dibantah Penasihat Senior Jared Kushner, yang juga menantu Trump.
Dalam seminar tahunan soal kebijakan AS di Timur Tengah yang digelar lembaga kajian Brookings Institution akhir pekan kemarin, Kushner menyatakan Trump belum memutuskan hal tersebut.

0 Response to "Liga Arab Memperingatkan Trump Mengenai Konsekuensi Pengakuan Yerusalem Sebagai Ibu Kota Israel"