HotCopas.net

Mengenal Zoroastrianisme, Agama Monoteisme Tertua Dari Persia


Tak sedikit yang mengira agama monoteisme, atau juga disebut agama samawi (menganut kepercayaan berdasarkan kumpulan wahyu), di dunia hanya berjumlah tiga, yaitu Yahudi, Nasrani & Islam.
.
Namun siapa sangka, ternyata ada agama monoteisme lain, yg bahkan berumur lebih tua dari ketiga agama tersebut, bernama Zoroastrianisme.

Meski usia pasti Zoroastrianisme belum jelas, peneliti memperkirakan keyakinan ini sudah ada sejak 1300-1500 sebelum Masehi, melihat bukti arkeologi & perbandingan linguistik kitab Hindu, Weda.

Salah satu kekaisaran Persia (sekarang Iran) yg paling berpengaruh dalam penyebaran Zoroastrianisme adalah kekaisaran Sasania.
.
Di puncak kekuasaan, wilayah beberapa negara moderen seperti Iran, Irak, Afghanistan, Suriah, Yordania, & Israel berada di bawah kekaisaran ini. Tak terkecuali Azerbaijan.

Zoroastrianisme di Azerbaijan mengadopsi kepercayaan lokal. Salah satunya adalah kepercayaan orang Albania Kaukasus yg biasa mengubur orang mati beserta perhiasan dan peralatan makannya.
.
Padahal, Zoroastrianisme menganggap mayat adalah sesuatu yg menjijikkan sehingga mereka tidak menguburnya.

Pada masa peperangan antara kekaisaran Sasania & Romawi Timur, keberadaan Zoroastrianisme meluas.
.
Namun sejak abad pertengahan, Zoroastrianisme tak lagi dapat beradaptasi ke perkembangan tradisi dan politik yg ada sehingga populasinya pun menurun.

Pada 1998, UNESCO telah mengakui Ateshgah sebagai bukti peradaban Zoroastrianisme di Azerbaijan.
.
Di tengah kompleks kuil yang berbentuk pentagon atau segi lima ini terdapat sebuah altar dengan api yang membara. Api menjadi elemen penting bagi umat Zoroastrianisme. Tak heran, banyak yg menyebut mereka sebagai pemuja api.
.
Tapi anggapan tersebut keliru, karena fakta menunjukkan ajaran monoteisme ini meyakini elemen alam seperti air, tanah & yg lainnya adalah suci, & elemen api dianggap sebagai perwakilan dari sifat Ahura Mazda (Tuhan) yg mencerahkan dan bijaksana.

Saat ini diketahui penganut Zoroastrianisme di dunia berjumlah sekitar 2,6 juta orang. Mereka meyakini ketuhanan yg satu, Ahura Mazda. Selain itu, mereka juga percaya akan konsep surga, neraka & sang juru selamat seperti agama samawi.

0 Response to "Mengenal Zoroastrianisme, Agama Monoteisme Tertua Dari Persia"