HotCopas.net

Misteri Pendaratan Di Bulan Apakah Benar-Benar Terjadi?


Pada 20 Juli 1969, Neil Armstrong bersama Edwin Aldrin terbang ke Bulan dalam program Apollo 11. Itu kisah yang sangat fantastis, khususnya karena terjadi pada puluhan tahun lalu. Orang sedunia mempercayai kenyataan itu. Namun, di tahun-tahun belakangan, sebagian orang mulai meragukan kenyataan tersebut. Benarkah Neil Armstrong benar-benar menginjakkan kaki ke Bulan? Atau jangan-jangan kisah pendaratan di Bulan itu hanya sebuah kebohongan yang direncanakan?

Fox Television, misalnya, pada 15 Februari 2001 menyiarkan program “Conspiracy Theory: Did We Land on the Moon?” Program itu menyatakan bahwa pendaratan di Bulan cuma hoax atau kebohongan, dan mereka menyatakan kisah pendaratan itu direkam di studio oleh NASA.

Pernyataan itu diikuti dengan beberapa hal yang dianggap bukti meragukan. Misalnya soal foto astronot yang seharusnya dilatari bintang atau benda lain, namun tidak terjadi. Kemudian soal bendera Amerika Serikat yang ditancapkan di Bulan. Bendera itu tampak berkibar, padahal di Bulan tidak ada angin.

Menjawab program yang mempertanyakan pendaratan di Bulan tersebut, Badan Penerbangan dan Antariksa NASA mengeluarkan pernyataan resmi di situs webnya, dan menyatakan bahwa pendaratan di Bulan memang benar terjadi. NASA juga menjelaskan hal-hal yang dipertanyakan dalam program Fox Television.

hotcopasMengenai foto astronot yang tidak dilatari bintang, NASA menerangkan bahwa hal seperti itu juga bisa terjadi pada foto yang dibuat di Bumi. Kamera sulit mengabadikan spacesuit yang terang dan bintang yang relatif redup sekaligus dalam satu frame/foto. Kemudian, mengenai bendera yang berkibar, NASA menjelaskan bahwa kibaran bendera tidak harus disebabkan angin. Ketika menancapkan bendera di tanah Bulan, astronot memutar tiangnya. Hal itu juga mengakibatkan bendera berkibar.

Selain itu, menurut NASA, para astronot yang mendarat di Bulan juga membawa bukti berupa batuan Bulan yang dapat dibuktikan memiliki karakteristik berbeda dengan batuan Bumi. Salah satu batuan Bulan yang dinamai Big Mulley, misalnya, memiliki kawah-kawah kecil bekas tumbukan meteoroid. Ada pula bukti kimia pada batuan yang menunjukkan reaksi zat pada batuan, saat terpapar sinar kosmik. Hal itu tidak terjadi di Bumi yang memiliki atmosfer. Di samping itu, NASA juga memaparkan beberapa bukti lainnya.

Jadi, apakah kisah pendaratan di Bulan benar-benar terjadi, ataukah hanya rekayasa? Berdasarkan bukti-bukti yang dipaparkan NASA, pendaratan di Bulan itu memang benar terjadi. Namun, soal percaya atau tidak tetap terserah kita.

0 Response to "Misteri Pendaratan Di Bulan Apakah Benar-Benar Terjadi?"