HotCopas.net

Sabung Ayam ( Tajen ) , Kebudayaan dan Ritual Untuk Upacara Tabuh Rah di Bali


Ritual Tajen/Sabung Ayam Untuk Upacara Tabuh Rah Di Bali. Sudah sejak lama tradisi tajen atau sabung ayam sudah tumbuh dan berkembang di Bali, awalnya berkembang dari rangkaian upacara dewa yadnya yang dinamakan upacara Tabuh Rah, yang mana tabuh rah ini mempersyaratkan adanya darah yang menetes sebagai simbol / syarat menyucikan umat manusia dari ketamakan atau keserakahan terhadap nilai-nilai materialistis dan duniawi.

Tabuh rah juga bermakna sebagai upacara ritual buta yadnya yang mana darah yang menetes ke bumi disimbolkan sebagai permohonan umat manusia kepada Sang Hyang Widhi Wasa agar terhindar dari marabahaya, kemudian terjadi pergeseran makna ritual dan tabuh atau tajen ini kemudian mengarah kepada judi.

Memang acara Tajen atau sabung ayam di Bali cukup dikenal dan digemari dikalangan masyarakat Bali, terutama oleh kaum prianya, walaupun jelas-jelas judi itu melanggar hukum, namun dibeberapa tempat sabung ayam ini masih berlangsung walaupun sembunyi-sembunyi untuk menghindariaparat.dan juga dapat dilakukan jika ada upacara adat.

0 Response to "Sabung Ayam ( Tajen ) , Kebudayaan dan Ritual Untuk Upacara Tabuh Rah di Bali"