HotCopas.net

Sejarah Dimulainya Manusia Minum Kopi


Pada saat ini, kopi telah menjadi minuman terkenal yang dikonsumsi banyak orang di dunia. Bubuk kopi yang halus diseduh air panas, dan menghasilkan minuman yang memberikan cita rasa nikmat. Namun, sebelum abad ke-14, kopi dinikmati tanpa diseduh.

Tanaman kopi pertama diperkirakan tumbuh di suatu daerah bernama Kaffa, sebuah provinsi di Ethiopia. Nama provinsi itu pula yang mungkin dipakai untuk memberi nama kopi. Suku Afrika Timur telah menggunakan buah yang berasal dari pohon kopi selama berabad-abad, tapi bukan sebagai minuman. Mereka memanggang buah kopi di atas panci terbuka, atau memasaknya dengan lemak hewan, dan memakannya.

Sampai kemudian, pada abad ke-14, para pedagang Arab datang ke Kaffa, dan mulai mengenal biji kopi. Mereka kemudian menanam kopi di Yaman. Di situlah orang lalu mulai menyeduh kopi sebagai minuman. Sekitar pertengahan abad ke-15, penggunaan kopi sebagai minuman menyebar ke Makkah, dan dari sana terus menyebar ke Baghdad, Kairo, Damaskus, hingga ke tempat-tempat lain.

Di Kairo, sejak tahun 1511, telah ada kedai kopi. Sementara Eropa Barat baru mengenal kopi pada sekitar tahun 1615.

0 Response to "Sejarah Dimulainya Manusia Minum Kopi"