HotCopas.net

Sejarah Treadmill, Alat Olahraga Yang Dulunya Buat Menyiksa Para Tahanan


Siapa yang tidak mengenal alat fitness yang satu ini? Kita bisa lari tanpa harus keluar rumah dan menjaga kesehatan hanya dengan berlari di atas treadmill. Kenyataanya, sejarah justru menyatakan treadmill dulunya digunakan untuk menyiksa para tahanan. Apakah benar begitu?

Melansir Business Insider UK, Rabu (25/10/2017), mesin ini pada awalnya dibuat oleh Sir William Cubitt pada tahun 1818 di Inggris. Mesin yang ia ciptakan sebenarnya disebut dengan treadwheel. Tujuan dibuatnya alat ini ialah untuk menghukum para tahanan sekaligus memperkerjakan mereka.

Bentuk treadwheel pada awal pembuatannya jelas berbeda dari treadmill. Jika, padatreadmill dibuat sengaja dengan alas datar, penemuan William justru menggunakan roda khusus sebagai alat berjalannya. Roda-roda tersebut nantinya digunakan untuk memompa air atau menghancurkan biji-bijian.

Jika digambarkan, roda pada treadwheel mirip seperti tangga. Karena itulah para tahanan menyebut alat tersebut sebagai tangga tanpa batas. Melihat fungsi pada mesin tersebut, tentunya banyak penjara tertarik untuk menggunakannya.

Di Inggris sendiri terdapat 44 mesin yang ditempatkan pada penjara. Amerika juga sempat melirik mesin ini dan membelinya untuk memperkerjakan tahanan mereka secara paksa.

Para tahanan bisa menghabiskan waktu untuk bekerja selama delapan jam lebih dalam sehari. Pemandangan para tahanan yang sedang bekerja di treadwheel bisa dilihat secara umum. Orang-orang bisa mencemooh sekaligus menyaksikan secara langsung saat para tahanan bekerja.

Tidak sedikit juga yang menganggap bahwa mesin treadwheel merupakan hukuman yang kejam. Mereka diibaratkan seperti berjalan sepanjang 7,2 kilometer setiap harinya. Ditambah lagi para tahanan juga tidak mendapat makanan yang cukup, sehingga tidak memungkinkan untuk menghindari kecelakaan saat bekerja.

Sampai akhirnya treadwheel kemudian dihentikan pada abad ke-19. Namun, mesin treadwheel kemudian diubah dan dipatenkan pada tahun 1913 menjadi treadmill. Kemudan nama treadmill menjadi terkenal karena anjuran Dr. Kenneth Cooper di tahun 1960.

0 Response to "Sejarah Treadmill, Alat Olahraga Yang Dulunya Buat Menyiksa Para Tahanan"