HotCopas.net

4 Organisasi Penting Di Palestina Yang Wajib Anda Tahu


1. Fatah
Dibentuk pada akhir 1950-an oleh diaspora Palestina di Kuwait, Fatah adalah kependekan dari Harakat al-Tahrir al-Filistiniya atau Gerakan Nasional Pembebasan Palestina. Fatah sendiri dalam Bahasa Arab berarti menaklukkan. Awalnya, Fatah berambisi untuk mendirikan negara Palestina menggunakan senjata melawan Israel. Salah satu tokoh populer Fatah adalah Yasser Arafat. Arafat mengakui Israel sebagai negara. Meski begitu, ia juga masih memperjuangkan agar Palestina mendapat status yang sama dan kedua negara bisa hidup berdampingan seperti yang tercantum dalam two-state solution yang didukung oleh PBB.

2. Hamas 
Hamas sendiri adalah kependekkan dari Harakat al-Muqawamah al-Islammiya atau Gerakan Perlawanan Islam. Hamas sendiri berarti semangat untuk mencapai sebuah tujuan.
Didirikan setelah Intifada pertama di Gaza pada 1987, Hamas juga bercita-cita untuk mendirikan negara Palestina.
Hamas adalah pihak yang pada praktiknya menguasai Jalur Gaza. Mereka pun menempuh jalur militer untuk melawan Israel. Perbedaan mendasar Hamas dan Fatah adalah bahwa Hamas benar-benar menganggap keberadaan Israel itu ilegal.

3. Palestinian Liberation Organization (PLO) 
PLO atau Organisasi Pembebasan Palestina adalah sebuah badan perwakilan warga Palestina yang menjalankan pemerintahan yang disebut Palestinian National Authority atau Otoritas Palestina (PA). PLO dibentuk oleh Liga Arab pada 1964 untuk merespons tren radikalisme militan melawan Israel.

4. Palestinian National Authority (PA) 
PA merupakan pemerintahan semi-otonom yang mengurusi Palestina, meski pada praktiknya hanya terjadi di Tepi Barat. Mahmoud Abbas saat ini adalah presiden PA dan menjadi pemimpin delegasi Palestina di berbagai forum internasional. Dengan kata lain, Abbas bernegosiasi dengan negara lain atas nama warga Palestina.

0 Response to "4 Organisasi Penting Di Palestina Yang Wajib Anda Tahu"