HotCopas.net

5 Penyebab Kentut Berbau Busuk Yang Membuat Anda Terkejut


Jangankan kentut yang berbau busuk, mendengar orang kentut saja orang bisa kaget. Hahaha... Kentut berbau busuk bisa menjadi sangat memalukan bagi Anda, karena membuat orang lain tidak nyaman. Namun, dalam hal ini, ada yang perlu Anda ketahui mengenai penyebab kentut berbau busuk dari sekedar rasa malu, salah satunya perlu diwaspadai!

Flatus atau kentut sebenarnya sesuatu hal yang wajar, bahkan semua orang . Bahkan di Negara Barat mempunyai budaya bahwa kentut lebih sopan daripada kita bersendawa. Kentut dianggap hal yang sehat untuk manusia. Namun, jika kentut sudah berbau busuk, maka ada yang salah dengan kesehatan pencernaan Anda.

Berikut penyebab kentut berbau busuk yang perlu Anda ketahui seperti yang dilansir Boldsky :

1. Intoleransi laktosa atau alergi susu

Kondisi ini bisa mengganggu proses pencernaan normal pada orang yang terkena. Jadi, ketika mereka mengonsumsi produk susu, seperti keju dan susu, maka kentut menjadi berbau busuk.

2. Kelebihan protein

Bila Anda mengonsumsi makanan kaya protein berlebihan, maka tidak semuanya dapat dicerna dalam usus. Hal ini akan meninggalkan residu yang juga menghasilkan kentut berbau busuk.

3. Sayuran tertentu

Tubuh manusia tidak memiliki enzim yang diperlukan untuk memecah raffinose, zat yang hadir dalam sayuran seperti brokoli. Jadi, ketika Anda mengonsumsi brokoli secara berlebihan, maka dapat menyebabkan masalah pencernaan dan kentut berbau busuk.

4. Intoleransi gluten

Jika Anda alergi terhadap gluten, di mana makanan berupa produk gandum tertentu, maka proses pencernaan akan melambat. Hal ini akan menyebabkan perut kembung dan bau kentut busuk.

5. Sindrom iritasi usus besar

Kentut yang berbau busuk tidak bisa dianggap sepele, bukan sekedar menimbulkan rasa malu. Tapi, kentut yang berbau busuk bisa menjadi pertanda penyakit pencernaan, di mana disebabkan oleh peradangan pada usus. Kentut berbau busuk juga menjadi salah satu gejala dari sindrom iritasi usus besar.

0 Response to "5 Penyebab Kentut Berbau Busuk Yang Membuat Anda Terkejut"