HotCopas.net

7 Hal Yang Bisa Jadi Penyebab Sakit di Puting Payudara


Puting susu atau dalam dunia medis disebut papilla tempat air susu dikeluarkan, terletak di ujung tengah payudara dikelilingi oleh daerah sensitif atau pigmentasi kulit yang disebut areola.

1. Menstruasi
Mungkin gak semua perempuan ngalamin ini ya. Biasanya pas pra-mens ini puting mengeras dan lebih sensitif jadi kalo kegesek meskipun gesekan ringan, nyerinya luar biasa.

2. Kehamilan
Pada saat hamil, puting payudara juga jadi sensitif sama seperti pra-mens. Dikutip dari alodokter, hal ini terjadi karena pas hamil tubuh melepas hormon estrogen, progesteron sama prolaktin yang menandakan tubuh ibu hamil nyiapin diri buat proses menyusui.

3. Benjolan di Payudara
Mungkin poin ini yang bikin para wanita was-was. Tapi benjolan di payudara gak selalu kanker. Benjolan ini ada yang sakit, ada juga yang nggak.
Beberapa benjolan itu bisa terjadi karena:
a. Kista; b. Perubahan fibrokistik;
c. Fibroadenoma; d. Infeksi bakteri;
e. Kanker.

4. Cedera
Cedera di bagian sekitar payudara, kayak bagian otot, tulang atau sendi ternyata bisa bikin puting terasa sakit gan. Hati hati ya!

5. Menyusui
Teknik yang salah sama waktu pas menyusui terlalu lama juga bikin puting payudara sakit. Bahkan katanya bisa bikin rusak, ane gak tau dah nih soal kebenaran yang sampe rusak itu.
Biasanya teknik yang salah misal puting ibu terlalu jauh dari mulut bayi, jadi si bayi narik puting ibu terus dijepit dengan langit mulut si bayi atau pas bayi udah mulai tumbuh gigi.

6. Obat-obatan
Konsumsi obat obatan ternyata juga bisa bikin puting sakit gan/sis. Misalnya konsumsi pil kontrasepsi. Ane gak tau sih kek macam mana sakitnya, soalnya ane belom pernah konsumsi.

7. Kanker
Ini nih yang paling ngeri dari semuanya. Tapi buat lebih pasti diperiksakan ya gan/sis, dengan permulaan SADARI.
Gejala di puting biasanya puting susu tertarik ke dalam, beberapa kasus puting mengeluarkan cairan mengandung darah, di jenis kanker yang jarang ada bintik-bintik merah kayak eksim di sekitar puting. Hati hati ya gan/sis.

0 Response to "7 Hal Yang Bisa Jadi Penyebab Sakit di Puting Payudara"