HotCopas.net

Inilah Fakta Unik dan Misteri Tentang "Pohon Berdarah"


Apakah Anda tahu di dunia ini ada pohon berdarah?
Ternyata di dunia ini ada pohon berdarah. Pasti Anda bingung dan merasa aneh jika mendengar pohon ini mengeluarkan cairan seperti darah. Saya akan menjelaskan tentang pohon berdarah ini.

Nama pohon ini dalam bahasa latinnya adalah Pterocarpus angolensis. Pohon ini adalah pohon jati asli dari benua Afrika yaitu negara Angola, Mozambik, Afrika Selatan, Tanzania, Zaire, Zimbabwe, Namibia, Swaziland, dan Zambia

Pohon ini dikenal dengan berbagai nama yaitu mukwa, kiaat, dan muninga. Karena memgeluarkan getah berwarna merah gelap seperti darah maka disebut blood wood.

Blood wood ini diambil dari bahasa inggris, blood artinya darah dan wood artinya kayu yang berarti kayu darah.

Jika batang yang dipotong atau cabang yang rusak dari pohon akan meneteskan cairan berwarna merah tua dan lengket yang banyak seperti darah mengalir.

Getah sepertu darah ini ternyata dimanfaatkan penduduk sebagai pewarna. Selain itu getah ini bisa dijadikan kosmetik untuk wajab dan tubuh.

Getah ini dipercaya memiliki nilai magis untuk menyembuhkan penyakit tentang darah karena bentuknya seperti darah.

Pohon ini juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit kurap, masalah mata, malaria, demam, masalah perut dan menambahkan ASI.

Pohon ini dapat dibuat untuk peralatan rumah seperti meja dan kursi dengan kualitas yang bagus. Karena pohon ini dapat dengan mudah untuk diukir dapat dilem dengan cukup baik dan dapat dipernish dengan cukup baik.

Saat dikeringkan pohon ini menyusutnya sangat sedikit dan memiliki daya tahn yang tinggi sehingga pohon ini sangat cocok untuk pembuatan kano, kapal dan lantai kamar mandi.

Karena mempunyai manfaat yang cukup besar maka masyarakat daerah Afrika Tengah dan Afrika Selatan sering menembang pohon ini.

Pohon blood wood memiliki tinggi antara 12 m sampai 18 m. Pohon ini memiliki kulit yang kasar dengan warna cokelat gelap. Bunga pohon ini berwarna kuning dan memiliki mahkota seperti payung.

0 Response to "Inilah Fakta Unik dan Misteri Tentang "Pohon Berdarah""