HotCopas.net

Inilah Prasasti Erotis Tertua Di Dunia


Peneliti Universitas Ioannina, Yunani, menemukan prasasti erotis yang disebut prasasti seksual tertua di dunia. Prasasti kuno itu menggambarkan kehidupan yang sangat privasi pada Yunani kuno.

Berdasarkan uji penanggalan, prasasti yang terukir pada semenanjung berbatu Astypalaia di kota Vathy, bagian utara pulau kuno Aegean, dibuat pada abad kelima dan keenam sebelum Masehi.
Meski hanya ukuran dalam batuan, prasasti erotis itu dipandang peneliti cukup mengagumkan, memuat nilai seni yang tinggi. Peneliti menyebutkan prasasti itu sebagai "prasasti kemenangan". Disebutkan, prasasti itu terukir dua alat kelamin pria di bawah nama Dion. Ukuran itu ditemukan pada ketinggian yang lebih rendah dari tanjung batu kapur.

Mengingat lokasi pada ketinggian tanjung, peneliti meyakini kemungkinan wilayah itu telah ditinggali para tentara di masa lalu.

Prasasti yang dipahat dalam singkapan batu kapur itu dipandang telah memberikan wawasan berharga untuk mengungkapkan kehidupan pribadi Yunani kuno dan klasik. "Kita tahu di Yunani kuno hasrat seksual antara laki-laki itu bukan hal yang tabu," katanya. Namun, ia mencatat ukiran kuno itu menunjukkan kedua orang tengah bercinta selama jangka waktu yang panjang. "Itu menekankan tindakan seksual dengan cara yang sangat tak biasa dalam hal karya seni erotis," imbuh Vlachopoulos.

Meski sudah terpapar oleh erosi dalam waktu yang lama, selain ukiran erotis, pada kawasan itu ditemukan juga ukiran bertema kapal dayung, belati, dan spiral.
Ukiran yang paling dikenal dalam kawasan itu yaitu motif seni Cycladic awal, yang mewakili gelombang laut, spiral melambangkan gerak terus menerus sebagai kekuatan pendorong kehidupan dan pemikiran masyarakat kepulauan.
Sepanjang ini, kawasan Astypalaia dikenal sebagai pemakaman kuburan massal kuno yang berisi bayi baru lahir.

0 Response to "Inilah Prasasti Erotis Tertua Di Dunia"