HotCopas.net

Mengenal Caracal, Pasukan Wanita Israel Yang Punya Paras Bidadari Namun Mematikan


Helm baja corak hijau itu tak mampu menutup rambut pirang sepunggung milik Letnan Amit Danon. Dia berseragam hijau gelap, menenteng M-16 dengan maagasin penuh peluru.
Letnan Danon memimpin 30 orang dalam satu peleton. Bagian dari Batalyon Caracal, satuan tempur Israel yang anggotanya nyaris semua wanita. Sejak tahun 2006 lalu, komposisi wanita lebih dari 70 persen.

Sebelumnya, Amit Danon adalah juara gymnastic di Israel. Dia terpanggil untuk mendaftar masuk Israel Defense Forces (IDF). Maka dia menyimpan pakaian senamnya dan mengikuti pelatihan tempur infanteri untuk bergabung dengan Batalyon Caracal. "Di Batalyon ini kita mendapatkan kesempatan untuk membuktikan diri bahwa wanita bisa mengisi semua peran yang dulu orang tak percaya kita bisa melakukannya," kata Letnan Danon kepada IDF.

Di unit IDF lain, wanita tak ditugaskan dalam misi tempur atau di garis depan. Mereka lebih banyak menjadi staf pendukung. Namun di Batalyon Caracal, para wanita mendapat penugasan tempur dan patroli yang sama dengan rekan pria mereka.

Batalyon ini bertugas menjaga perbatasan Israel dengan Mesir. Salah satu wilayah paling panas di teritori Yahudi ini.

Ada tiga Batalyon yang bertugas di perbatasan. Caracal, yang berarti kucing liar adalah salah satunya. Sisanya Batalyon Singa Yordan dan Batalyon Cheetah.

Walau wanita, jangan remehkan mereka. Tahun 2012 misalnya, ada serangan dari militan di perbatasan. Dalam baku tembak, seorang personel wanita Caracal berhasil menewaskan seorang militan yang mengenakan sabuk bom bunuh diri.

Tahun 2014, jip batalyon yang sedang berpatroli ditembak dengan senapan mesin dan rudal antitank. Dua prajurit terluka. Namun Kapten Or Ben-Yehuda merayap keluar dari jip yang nyaris terbakar. Walau terluka cukup parah, dia balas menembak dan menewaskan penyerangnya. Sang kapten wanita ini juga mengontak markasnya untuk meminta bantuan yang datang tak lama kemudian. Dia mendapat penghargaan atas aksinya ini.

Di Batalyon ini pula seorang wanita pertama kali memimpin unit sniper tempur. Lalu ada Letnan Gal Brownstein yang menyelesaikan kursus komandan kompi dan menjadi wanita pertama yang memimpin kompi tempur di IDF.

Bagaimana cara para wanita ini bergabung dengan Caracal?
Setiap pria atau wanita di Israel yang telah berusia 18 tahun ke atas dan sehat, wajib mengikuti wajib militer. Lama dinas untuk wanita adalah dua tahun, sementara pria tiga tahun. Jika negara membutuhkan, mereka bisa dipanggil sewaktu-waktu untuk berdinas kembali.

Mereka boleh mendaftar secara sukarela, atau ditempatkan di Batalyon Caracal. Setiap pendaftar kemudian diseleksi dan wajib mengikuti pendidikan dasar militer selama empat bulan di Givate Brigade. Pelatihan yang diberikan terutama soal teknik patroli, bela diri, dan menembak.

Namanya wanita muda, para personel wanita IDF ini pun gemar foto selfie dan berjemur di sela-sela tugas. Jika sudah begini, tak ada yang menyangka para wanita cantik ini adalah anggota batalyon tempur.

0 Response to "Mengenal Caracal, Pasukan Wanita Israel Yang Punya Paras Bidadari Namun Mematikan"